Kemampuan Siswa Kelas VII MTsN 2 Kota Bima dalam Memproduksi Teks Prosedur

Authors

Nur Hayatunnufus , Mahsun , Johan Mahyudi

DOI:

10.29303/kopula.v5i2.3397

Published:

2023-10-24

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Oktober

Keywords:

kemampuan, siswa, memproduksi teks prosedur.

Articles

Downloads

How to Cite

Hayatunnufus, N. ., Mahsun, & Mahyudi, J. (2023). Kemampuan Siswa Kelas VII MTsN 2 Kota Bima dalam Memproduksi Teks Prosedur. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 5(2), 1–18. https://doi.org/10.29303/kopula.v5i2.3397

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kemampuan siswa kelas VII MTsN 2 Kota Bima dalam memproduksi teks prosedur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 yang sudah terpilih dari 8 kelas yang ada di MTsN 2 Kota Bima. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui beberapa tahap yaitu dengan membuat daftar skor mentah, membuat distribusi frekuensi dari skor mentah, membuat nilai kemampuan siswa, membuat klasifikasi kemampuan siswa berdasarkan predikat, dan membuat klasifikasi kemampuan siswa dengan kategori mampu dan tidak mampu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keseluruhan sampel memperoleh kategori mampu dengan nilai di atas 70 sejumlah 84,84%. Hasil penilaian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori sangat mampu dengan rentang nilai 90-100 diperoleh 14 orang (42,42%) dengan predikat A, siswa dengan kategori mampu dengan rentang nilai 80-89 diperoleh 14 orang (42,42%) dengan predikat B, dan siswa dengan kategori kurang mampu dengan rentang nilai kurang dari 70 diperoleh 5 orang (15,15%) dengan predikat D. Kata kunci: kemampuan, siswa, memproduksi teks prosedur.

Author Biographies

Nur Hayatunnufus, Universitas Mataram

Mahsun, Univerisitas Mataram

Johan Mahyudi, Univerisitas Mataram

License

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)