Main Article Content

Haliza Haliza
Johan Mahyudi
Mahmudi Efendi

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penggunaan Metafora yang terdapat dalam kumpulan puisi Setitis Air Mata, Seulas Senyum karya Kahlil Gibran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan metafora dalam kumpulan puisi Setitis Air Mata, Seulas Senyum karya Kahlil Gibran. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metafora dalam kumpulan puisi Setitis Air Mata, Seulas Senyum karya Kahlil Gibran. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif yaitu penelitian yang tidak melakukan atau mengadakan perhitungan dengan objek penelitian kumpulan puisi Setitis Air Mata, Seulas Senyum karya Kahlil Gibran. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode dokumentasi dan metode simak. Metode analisis data yang di gunakan adalah deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa Metafora yang telah di temukan pada kumpulan puisi Setitis Air Mata, Seulas Senyum berjumlah 82 data di antaranya yaitu metafora antropomorfis berjumlah 26 data, metafora hewan berjumlah 10 data, metafora dari abstrak ke konkret berjumlah 31 data, dan metafora sinestesia berjumlah 15 data

Article Details

References
Adampe, R.Y. 2015. “Tinjauan Sosiologis Terhadap Novel Detik Terakhir Karya Alberthiene Endah”. Jurnal PRAXIS:Volume 1 (hlm. 26-46)
Anggreni, S. 2013. “Analisis Deskriptif Tentang Struktur Fisik Puisi Karya Siswa di Kelas VB SD Negeri 2 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi. Bengkulu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Bengkulu.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Erlangga
Cahyaningsih. 2018. “Metafora dalam Puisi Karya Taufik Ikram Jamil”. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Carmitha. 2019. “Cerminan Masyarakat terhadap Kumpulan Puisi Setitis Air Mata, Seulas Senyum Karya Kahlil Gibran”. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra. Cet IV. Yogyakarta: Media Pressindo.
Fahlevi, I. 2018. “Analisis Struktur Fisik dan Struktur Batin Puisi Senja Di Pelabuhan Kecil Karya Chairil Anwar”. Skripsi. sumatera utara: Universitas muhammadiyah sumatera utara.
Giban, Kahlil. 2019. Setitis Air Mata Seulas Senyum. Yogyakarta: Checklist.
Kasiyun, Suharmono. 2015. “Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk MencerdaskanBangsa”.Jurnal Pena Indonesia. 1(1):79:95. https://journal.unesa.ac.id. Diakses 5 Desember 2022.
Keraf, Gorys. 2007. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.
Muhammad. 2011. Paradigma Kualitatif Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Liebe Book Press.
Natsir. 2018. “Tradisi Bermantra Pengobatan Masyarakat Melayu Langkat (Kajian Metafora)”. Skripsi. Medan: Universitas Negri Medan.
Nursabella, C. 2017. “Analisis Citraan Dalam Kumpulan Puisi Cinta Yang Datang Tak Harus Menghapus Jejak Yang Lalu Karya Kahlil Gibran”. Skripsi. Jambi: Universitas Batanghari.
Pradopo, R.D. 2014. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.
Putri, T,B., Y. Anggraeni & S. Sukawati. 2019. “Analisis Pengimaji pada Puisi Tugas Hati Karya Ustad Jefri Al-Buchori”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(2):285-231. https://dosen.ikipliwangi.ac.id. Diakses 25 November 2022.
Rondiyah, A.A., N.E. Wardani & K. Saddhono. 2017. “Pembelajaran Sastra Melalui Bahasa dan Budaya Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Kebangsaan di Era MEA”. Jurnal Pendidikan Bahasa. 1(1): 141-148. https://jurnal.unisla.ac.id. Diakses 24 November 2022.
Sari, Puspa. 2015. “Penggunaan Metafora dalam Puisi William Wordsworth”. Skripsi. Sulawesi: Universitas Lakidende Unaaha.
Subroto. 2007. Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Lenbaga Pengembangan Pendidikan UNS & UNS Press.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2021. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: CV Angkasa. Ulmann. 2014. Pengantar Semantik (Edisi Terjemahan Oleh Sumarsono). Pustaka Pelajar
Wahyuni, S & M. Harun. 2018. Analisis Struktur Fisik Dan Struktur Batin Puisi Anak Dalam Majalah Potret Anak Cerdas. Master Bahasa. 6 (2): 115-125.
Waluyo, H. J. 2010. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta : Erlangga.
Yuanda, R.S. 2013. “Analisis Puisi Deutschland Karya Bertolt Brecht Melalui Kajian Semiotika Riffaterre”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta