Main Article Content

Siti Rafiah
Johan Mahyudi
Syahbuddin Syahbuddin

Abstract

Penelitian ini mengkaji nilai moral yang terkandung dalam lirik Lagu karya Ikhsan Ad Talu. Lagu sebagai salah satu jenis karya sastra yang dapat memberikan manfaat kepada pendengar. Dalam lirik lagu ini terkandung tentang kisah cinta, keluarga dan nilai moral dalam hidup bersosial. Dalam menganalisis nilai moral dalam Lagu maka digunakan perspektif Burhanuddin Salam sebagai acuan peneliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan sumber data yaitu lagu karya Ikhsan Ad Talu. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai moral yang terkandung dalam Lirik Lagu karya Ikhsan Ad Talu perspektif Burhanuddin Salam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Studi pustaka, Menyimak dan Mencatat. Analisis data dilakukan secara bertahap yaitu: Identifikasi, Deskripsi, Klasifikasi, dan Kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam Lagu Karya Ikhsan Ad Talu perspektif Burhanuddin Salam terdapat lima nilai moral Pertama bersifat sabar, Kedua bersifat kasih sayang, Ketiga bersifat berani, Keempat bersifat benar, dan Kelima bersifat amanah.

Article Details

References
Aini, J., Burhanuddin, Saharudin. 2021. Konstruksi Perempuan Dalam Lagu-Lagu Berbahasa Sasak: Studi Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3).
Anwar, Rosihon. 2010. Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.
Areasta, Freddy Widya. 2019. “Nilai dalam lirik Dolanan Cublak-Cublak Suweng”. Vol, 7, No, 2. Jurnal ilmu budaya. Universitas Bina Nusantara
Arikunto, Suharsimi. 2010. Proseder Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Damariswara, Rian. 2018. Konsep Dasar Kesusastraan: Bayuwangi. LPPM Institute Agama Islam Ibarahimi Genteng Bayuwangi.
Damayanti, S., Johan Mahyudi, dan Burhanuddin. 2022. Morfologi Cerita Wadu Ntanda Rahi Model Analisis Vladimir Propp. Jurnal Ilmiah Mandala Education 8 (2)
Intan, Nur. 2021. “Aspek Moral Dalam Lirik Lagu Daerah Manggarai Barat (Ende Ge, Tiba Mori dan Kole Beo) karya Rensi Ambang”. Skripsi Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Karim Abdul, Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidika “Semulia Akhlak Nabi” Vol. VIII,No1,Januari- Juni 2018.
Luxemburg, J.V.dkk.1989 Pengantar Ilmu Sastra (diterjemahkan oleh Dick Hartoko). Jakarta: PT Gramedia.
Marchita Y, 2013, Hubungan Minat pada Musik dengan Motivasi Belajar Mahasiswa, http:yulitamarchita.blogspot.co.id, diakses 1 Juni 2022.
Marsudi Fitro Wibowo. 2008. "Kasih Sayang dalam Islam". www.pikiranrakyat.com/Akses 20 Januari 2008.
Muhardi. 1986. "Homo Humanus". Padang: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS IKIP Padang.
Nurbaeiti Delvi, “Efektifitas konseling analisis transaksional untuk meningkatkan karakter keberanian Siswa SMP”, Universitas pendidikan Indonesia, 2014.
Nurmalayani, A., Burhanuddin, dan Mahyudi, J. 2020. Burhanuddin, dan Mahyudi, J. 2020. Traces of History in Tere Liye’s Novels Towards the Development of Teaching Material for Historical Texts Teaching in High School. Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences.
Nurmalayani, A., Burhanuddin, dan Mahyudi, J. 2021. Fakta Kemanusiaan dalam Novel tentang Kamu Karya Tere Liye yang Mencerminkan Sejarah PKI: Kajian Strukturalisme Genetik Lucien Goldmann. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).
Pratiwi, Rosita. 2016. “Nilai-nilai Moral Dalam Kumpulan Lagu Sholawat Jawa oleh Grup Sholawat Waliongo”. Skripsi Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Widya Dharma.
Pulungan, Rosmilan. 2018. “Analisis Lirik Lagu Daerah Mandailing “Marudan Marlasniari”. Jurnal hasil penelitian. Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah.
Riadi, Selamat. 2021.”Nilai Moral dalam Lirik Lagu Gugur Mayang (Analisis Semiotika Budaya)”. Vol. 1, No. 1. Jurnal ilmiah. Program studi pendidikan dan sastra Indonesia FKIP-UNIQHBA Bagu.
Safitri, E. dkk. 2023. Kata-kata Bermakna Konotasi dalam Lirik Sakeco Sumbawa. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1).
Salam, Burhanuddin. 2000. Etika Individual Pola Dasar Filsafat Moral. Jakarta PT. Renika Cipta
Setyawati, Elyana. 2013. Analisis Nilai Moral Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. Pendekatan Pragmatik. Skripsi Bahasa dan Sastra Indonesia, Yogyakarta.
Siswantoro, 2010. Metode Penelitian Sastra, Yogyakarta: Pustaka pelajar
Supriono, Arif. 2004. Seratus Cerita tentang Akhlak. Jakarta: Republika.
Syuaib, Ibrahim. 2003. Etika Jiwa. Bandung: Pustaka Setia.