Main Article Content

Angelie Ade Kantari
Mari'i Mari'i
johan Mahyudi

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah strata norma Geguritan Kidungan Baödayǎ karya Rangga Azhary? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan strata norma Geguritan Kidungan Baödayǎ karya Rangga Azhary. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan teknik membaca dan mencatat. Sumber data dalam penelitian ini adalah delapan geguritan diambil dalam antologi Geguritan Kidungan Baödayǎ karya Rangga Azhary. Geguritan-geguritan tersebut antara lain; (1) Ndéq Bangge; (2) Sekolah Care Laéq; (3) Makat akh, Makat; (4) Sakit Bayu; (5) Loéqan Mudarat; (6) Manok Maté Romboq Taroq; (7) Khayal; dan (8) Péte Sangu. Berdasarkan hasil analisis data strata norma Roman Ingarden dalam Geguritan Kidungan Baödayǎ karya Rangga Azhary dapat disimpulkan bahwa (1) lapis bunyi berupa asonansi dan aliterasi. Bunyi-bunyi tersebut memberikan penekanan bunyi khusus, mempermudah pembaca dalam memahami geguritan, serta menambah unsur keindahan atau estetika dalam geguritan; (2) lapis arti memberikan gambaran tentang kisah yang terjadi pada kehidupan sehari-hari manusia; (3) lapis objek berupa satuan arti yang menimbulkan lapis ketiga berupa objek-objek yang dikemukakan; (4) lapis dunia menyatakan beberapa hal yang dipandang dari sudut pandang tertentu; (5) lapis metafisis menyatakan tentang ketragisan dan kesedihan yang terjadi dalam geguritan. Kedelapan geguritan tersebut menyampaikan pesan-pesan yang berbeda-beda berdasarkan tema yang berada di dalamnya.

Article Details

References
Ahmad, I., (2022). “Nilai Religius dalam Antologi Geguritan Sesanti Tedhak Siti Karya Imam Budhi Santosa (Analisis Strata Norma Roman Ingarden)”. Skripsi: Universitas Sebelas Maret.
Anonim._______. Sastra Sasak. (diakses melalui https://id.wikipedia.org/wiki/Sastra Sasak – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.htm diakses pada 06 Februari 2023).
Anonim._______. Sastra. (diakses melalui https://id.wikipedia.org/Sastra – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.htm diakses pada 28 Mei 2023).
Arikunto, S., (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhary, R., (2010). Puisi-Puisi Tembang Sasak: Geguritan Kidungan Baödayǎ. Mataram: Caraka Darma Aksara.
Harun, Mohd. (2018). Pembelajaran Puisi Untuk Mahasiswa. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.