Main Article Content

Septiyana Tri Ludyasari
Nyoman Sudika
Rahmat Hidayat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efektivitas pembelajaran daring dan pembelajaran luring pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Pujut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan kuantitaif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan 15 siswa. Metode pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan efektivitas pembelajaran daring dan Pembelajaran Luring pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 1 Pujut. Hal ini dibuktikan melalui hasil angket dan wawancara yang peneliti lakukan. Dari segi metode mengajar pembelajaran daring memperoleh skor 57,3% dan pembelajaran luring memperoleh skor 71,7%. Dalam penggunaan  media,  skor pembelajaran daring 60% dan pembelajaran luring 72,7%. Dalam segi materi/bahan ajar skor pembelajaran daring 57% dan pembelajaran secara luring memperoleh skor 66,3%. Untuk segi pemanfaatan waktu pembelajaran daring memperoleh skor 57,3% dan pembelajaran secara luring memperoleh skor 66,3%. Dalam segi perilaku siswa pembelajaran daring memperoleh skor 55% dan pembelajaran secara luring memperoleh skor 70%. Dalam segi evaluasi belajar pembelajaran daring memperoleh skor 62,7% dan pembelajaran secara luring memperoleh skor sebanyak 68,7%. Oleh karena itu, diantara pembelajaran daring dan pembelajaran luring diketahui bahwa pembelajaran luring lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran daring

Article Details

References
A Swan, Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. : Rineka Cipta.
Mulyono, dkk. 2020. Efektivitas Pembelajaran Virtual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Statistik Pendidikan di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(3).
Damayanti, Ni Putu Agustina. 2021. Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Google Classroom Terhadap Minat Baca Saat Pandemi Covid-19. Jurnal ilmu Pendidikan, 4(2)
Putri Alycia, Rantikan. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Kelas XII SMA RK Deli Murni Bandar Baru. Jurnal pendidikan Bahasa Indonesia, 1(2).
Sipayung, Regina, dkk. 2021. Persepsi Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal ilmiah Pendidikan, 4(2).
Suherman, H. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 2 Tasikmalaya”. Online Thesis, 15(1).
Yolandasari, M. B. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II A MI Unggulan Miftahul Huda Tumang Cepogo Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Yulianto, D. & Nugraheni, A. S. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33-42.
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Iskandar Wassid & Sunendar, Dadang. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Miles, M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &. D. Bandung:Alfabeta
Maulana, Abdillah. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Daring Siswa Kelas X IPA terhadap Hasil Belajar Biologi pada Konsep Biodiversitas”. Jurnal riset dan inovasi pembelajaran.
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauruan (Blaned Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Walsh, S. P., White, K. M., & Young, R. M. 2007. Young and Connected: Psychological influences of mobile phone use amongst Australian youth.
Sadikin, Ali. Dan Nasrul Hakim. 2019. Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol.5, No.2.
Garrison, D. R., & Cleveland-Innes, M. 2005. in Online Learning : Interaction Is Not Enough. American Journal of Distance Education, 19(3), 133–148.
Ngalim Purwanto. 2002. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Karya