Main Article Content

Rona Restu Victoria
Johan Mahyudi
Saharudin Saharudin

Abstract

Teks persuasif merupakan teks yang berupa karangan yang bertujuan untuk memengaruhi pembaca. Karangan ini membutuhkan data sebagai penunjang. Kemampuan memproduksi teks persuasif di kelas VIII MTs Nurul Yaqin Praya masih tergolong rendah disebabkan oleh pembelajaran bahasa Indonesia yang kurang diminati siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan memproduksi teks persuasif siswa kelas VIII MTs Nurul Yaqin Praya dari aspek struktur teks dan kaidah kebahasaan teks persuasif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil memproduksi teks persuasif siswa kelas VIII MTs Nurul Yaqin Praya sebanyak 30 siswa dari 63 siswa kelas VIII yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memproduksi teks persuasif siswa kelas VIII MTs Nurul Yaqin Praya pada aspek struktur teks dan kaidah kebahasaan berada pada kategori rendah. Hasil deskripsi data terkait kemampuan memproduksi teks persuasif siswa kelas VIII MTs Nurul Yaqin Praya tampak 28 siswa dari 30 siswa dalam sampel penelitian berada pada kategori kurang dalam memproduksi teks persuasif. Sementara siswa yang memenuhi kategori baik hanya 1 orang siswa dan berkategori cukup 1 orang siswa. Nilai tertinggi berada pada angka 84,5, nilai terendah berada pada angka 34,5, dan nilai rata-rata berada pada angka 51,5.

Article Details

References
Afifah, N. 2022. Pengaruh Media Iklan Advertorial terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasif oleh Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(1), 114-118.
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dewi, D. E., Sutrimah, S., & Noeruddin, A. 2022. Analisis Kesalahan Penulisan Struktur Teks Persuasif Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padangan. Senada PBSI, 1(1), 46-57.
Dewi, Y. I., & Hartono, H. 2019. Application of a Process Approach in the Ability to Write Persuasive Text: classroom action research. In International Conference on Interdisciplinary Language, Literature and Education (ICILLE 2018) (pp. 466-468). Atlantis Press.
E. Kosasih. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2017. Jakarta; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Fadilah, N. 2020. Kemampuan Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Sindue Dalam Menulis Teks Persuasi Melalui Model Discovery Learning. Skripsi. Universitas Tadulako.
Fahrezy, M. F., Budiyono, H., & Harahap, E. P. 2022. Penerapan Model Example-nonexample untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Menulis Teks Persuasif Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 5 Kota Jambi. Jurnal Lintang Aksara, 1(1), 44-53.
Firdaus, A. 2019. Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Sukabumi: Universitas Muhammadiyah.
Gista, A. P. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Persuasi dengan Metode Think Talk Write pada Siswa Kelas VIIIA MTs Negeri 3 Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi: Universitas Widya Dharma.
Hanum, S. 2021. Kemampuan Menulis Teks Persuasi oleh Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 45-59.
Hasan, A. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Bandung: Balai Pustaka.
Imron, R. 2009. Menulis Siapa Takut? Paduan Bagi Penulis Pemula.Yogyakarta: Kanisius (Anggota IKAPI).
Intiana, S. R. H. 2018. Telah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia. Mataram. FKIP. Universitas Mataram.
Kepdikbud. 2013. Teks Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lestari, D., Syambasril, S., & Syahrani, A. (2020). Kemampuan Menulis Teks Persuasif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sayan Kabupaten Melawi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(11). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v9i11.43422
Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Edisi Ketiga, Rajawali Pres. Depok.
Mahsun. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Edisi Kedua. Depok. Rajawali Pers.
Nyambe, S., & Usman, U. 2022. Kemampuan Menulis Teks Persuasif Berdasarkan Media Iklan Audiovisual pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Uluere Kabupaten Bantaeng. TITIK DUA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1). 60-74.
Pratiwi, I. J. 2020. Analisis Struktur Teks, Ciri Kebahasaan, dan Fakta pada Karangan Teks Persuasi Siswa Kelas VIII C MTs N 4 Blitar. UIN Tulungagung.
Saanu, M. 2021. Pengaruh Media Three Dimensional Ladder Snake Box Terhadap Hasil Belajar Teks Persuasi Peserta Didik Kelas VIII MTs N 1 Lombok Timur. Skripsi. Universitas Mataram.
Sipakkar, J. O. K. 2018. Kemampuan Menulis Teks Persuasif Melalui Penggunaan Model Montase pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pegagan Hilir Tahun Pembelajaran 2017/2018. Skripsi. UNIMED.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sujarweni, V. W. 2014. Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami.Yogyakarta, Pustaka Baru Press.
Sukmadinata, N. S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wisudariani, N. M. R., Seniwati, N. P., Maduriana, I. M., & Nayun, I. W. 2021. Evaluasi Pembelajaran Teks Persuasif dengan Memanfaatkan Aplikasi Google Classroom. Suluh Pendidikan, 19(2), 218-227.
Yandis, S. M., Pujilestari, C., & Wuryani, W. 2019. Analisis Penggunaan Kata Ajakan dalam Menulis Teks Persuasi pada Siswa Kelas SMP. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(3), 385-390.