Main Article Content

dewi yuliana
Johan Mahyudi
Syahrul Qodri

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana metafora eksplisit sufistik dan implisit sufistik dalam novel Jatiswara karya Lalu Agus Fathurrahman berdasarkan kajian stilistika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metafora eksplisit sufistik dan metafora implisit sufistik dalam novel Jatiswara karya Lalu Agus Fathurrahman berdasarkan kajian stilistika. Metode Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode simak dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana bentuk metafora seksplisit yang sufistik dan metafora implisit yang sufistik dalam novel Jatiswara, yaitu terdapat tiga kategori metafora ekplisit sufistik dan implisit sufistik diantaranya: kategori fisik, sifat, dan karakter.

Article Details

References
Arifin, Muh Zainul. 2019. “Nilai Moral Karya Sastra sebagai Alternatif Pendidikan Karakter (Novel Amuk Wisanggeni Karya Suwito Sarjono).” Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya
Budianingsih, Tri. 2016.“Pesan-Pesan Kemanusiaan Novel Jenghis Khan Karya John Man: Pendekatan Struktural Genetik.” Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora.
Choirul, Anam. Analisis Gaya Bahasa Metafora Dalam Novel Anak-Anak Pangaro Karya Nun Urnoto El-Banbary. Diss. Stkip Pgri Sumenep, 2019.
Dewi, R. A. (2015). Unsur-Unsur Sufisme dalm Novel Sanggarguri Karya Lalu Agus Fathurrahman dan Kaitannya dengan Materi Pembelajaran Sastra di SMA.
Fathurrahman, Lalu Agus. (2014). Sanggarguri. Sleman : Merdeka Media.
Fitriani. 2019. Analisis Semiotika Novel Sanggarguri “Kembang Gadung” Menggunakan Teori Semiotika Charles Pierce.
Hartini, A. 2016. Analisis Teks Pepaosan Jatiswara dalam Acara Nyunatan diDesa Parampuan Kecamatan Labuapi Lombok Barat: Kajian Hermeneutika Gadamerina (Doctoral dissertation, Universitas Mataram)
Ikhwan, Wahid Khoirul. “Nilai-Nilai Karakter Dalam Macapat Jatiswara Mencari Adik Sebagai Media Pengembangan Kearifan Lokal Anak Madura.”
Juidah, Imas. 2017 “Kajian Struktural Semiotik Dalam Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy.” Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia
Lakoff, George. (1992). “The Contemporary Theory of Metaphor” dalam Metaphor and Thought. Cambridge: Cambridge University Press.
Lakoff, George dan Mark Turner. 1989. More than Cool Reason: A Field Guide to Poetic Metaphor. Chicago: The University of Chicago Press.
Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Nurgiyantoro, Burhan. 2019. Stilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurmaya, Lilik. 2014. Analisis Sanggarguri pada Bagian II (Kembang Jempiring) dengan Menggunakan Teori Emile Durkheim. S. L.
Nugraheni, Sekar. 2007. “Metafora Sufistik Dalam Kacapiring Karya Danarto“: Tinjauan Semiotik. ”Skripsi Universitas Indonesia.
Oktavia, Wahyu. 2019. “Metaphor and interpretation of social criticism of community in Iwan Fals albums.” Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra.
Prayogi, I., & Oktafianti, I. N. (2020). Mengenal Metafora dan Metafora Konseptual. Sasindo, 8(1)
Putriani, E. 2019. Karya Seni pada Estetika Klasik. Jurnal Karya Seni,1.
Santosa, Puji. “Sastra Sufistik Sarana Ekspresi Asmaran Sufi Sastrawan.”Artikel https://www.Researchgate.Net/publication/327133703_sastra_sufisti k_sar ana_ekspresi_asmara_sufi_sastrawan diakses pada Selasa 27.
Yuslih, Muhammad, and Bahroni Zainuri Yulien. 2021. "Nilai-Nilai Sosial- Spiritual dalam Tradisi “Mamaq” Masyarakat Suku Sasak Pulau Lombok di NTB. Potret Pemikiran