Main Article Content

Bukran Habibullah
sukri Sukri
Mahmudi Effendi

Abstract

Buku ajar pelengkap mempunyai peran penting sebagai penunjang sumber materi. Oleh karena itu, setiap guru atau sekolah harus mampu menyeleksi buku ajar pelengkap yang sesuai dengan materi dan kurikulum yang berlaku, sehingga menunjang tercapainya standar kompetensi inti dan kompetensi dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan grafis buku ajar pelengkap terbitan swasta Pakar Raya dan Yrama Widya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian kelayakan isi buku siswa bahasa Indonesia kelas X SMA/MA terbitan swasta Pakar raya karya Meita Sandra Santhi, Uti Darmawati, dan Anton Suparyanta jumlah persentase adalah 91%, sedangkan terbitan swasta Yrama Widya karya Yadi Mulyadi jumlah persentase adalah 95%. Kelayakan pola penyajian terbitan swasta Pakar Raya jumlah skor 95%, sedangkan terbitan swasta Yrama Widya jumlah skor 95%. Kelayakan kebahasaan terbitan swasta Pakar Raya jumlah skor 93%, sedangkan terbitan swasta Yrama Widya jumlah skor 95%. Kelayakan grafis terbitan swasta Pakar Raya dan terbitan swasta Yrama Widya sangat baik. Buku terbitan swasta Yrama Widya karya Yadi Mulyadi ini memiliki hasil skor lebih layak dibandingkan terbitan swasta Pakar Rama karya Meita Sandra Santhi, Uti Darmawati, dan Anton Suparyanta

Article Details

References
Arijalurahman. 2015. “Analisis Buku Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas IX”. Skripsi. Universitas Negeri Mataram.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Standar Nasional Pendidikan dan Pusat Perbukuan. 2014. Instrumen Penilaian Tahap I dan Tahap II Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar Dan Menengah. Tersedia [Online] http://bsnp-indonesia.org/?p=1340 ¬¬(diunduh 16 Agustus 2021)
Burhan, Nurgiantoro. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Depdiknas. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Intiana, Siti Rohana Hariana. (2018). Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia. Mataram: FKIP Universitas Negeri Mataram.
Moleong, Lexy J. (2007). Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja
Pratiwi, Meilia. 2017. “Analisis Buku Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama (Smp) Kelas IX”. Skripsi. Universitas Negeri Medan.
Pusbuk. 2005. Pedoman Penilaian Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.
Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisa Bahasa. Yogyakarta: Duta wacana University Press.
Sugono, Dendy. (1989). Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Puspa Swara.
Sugiyono (2012) Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABET
Sumardi. 2000. Panduan Penelitian, Pemilihan, Penggunaan, dan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SD: sebagai Sarana Pengembangan Kepribadian, Penalaran, Kreativitas, dan Keterampilan Berkomunikasi Anak. Jakarta: Grasindo.
Supriadi, Dedi. 2001. Anatomi Buku Sekolah Di Indonesia Probematik Penilaian, Penyebaran dan Penggunaan Buku Pelajaran, Buku Bacaan, dan Buku Sumber. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Wagiran, W. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Budi Utama.
Yulianti, Uki Hares. 2011. “Analisis Perbandingan Kualitas Buku Teks BSE Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas VII Karya Ratna Susanti, Atikah Anindyarini-Sri Ningsih, dan Maryati-Sutopo: Kajian Isi, Penyajian, dan Bahasa”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Zuchdi, Darmiyati. 1993. Panduan Penelitian Analisis Konten. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.