Main Article Content

Nurrahmawati Nurrahmawati
Mahsun Mahsun
Johan Mahyudi

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan mengonversi teks hikayat menjadi cerita pendek pada siswa kelas X SMAN 4 Kota Bima. Berkaitan dengan rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan mengonversi teks hikayat menjadi cerita pendek pada siswa kelas X SMAN 4 Kota Bima subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 4 Kota Bima .Objek penelitian dalam penelitian ini adalah cerita pendek yang ditulis oleh siswa dari hasil konversi teks hikayat yang diberikan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekni tes berupa kemampuan siswa dalam mengonversi teks hikayat menjadi cerita pendek. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan dalam mengonversi siswa paling tinggi terlihat pada aspek penggunaan bahasa dengan perolehan nilai rata-rata 77,8. Sedangkan kemampuan mengonversi siswa paling rendah terlihat pada aspek makna dengan perolehan nilai rata-rata 59. Pada aspek makna tersebut siswa masih kurang mampu untuk mempertahankan makna yang terkandung dalam hikayat. Siswa masih belum bisa menentukan makna-makna hikayat untuk dikembangkan dalam cerita pendek yang mereka tulis. Berdasarkan hasil tersebut, tingkat ketuntasan belajar siswa dalam mengonversi tergolong rendah jika dilihat dari persentase ketuntasan klasikal sebesar 50%.

Article Details

References
Alwasilah, A. Chaedar dan Senny Suzanna Alwasilah. 2013. Pokoknya Menulis (Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi). Bandung: Kiblat Buku Utama.
Aprianti, Munika. 2018. “Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Teknik Meneruskan Tulisan pada Siswa kelas IX SMP Islam Al-Hidayah Beber Kecamatan Jonggat Lombok Tengah”. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mataram: Mataram.
Aminuddin. 2002. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.
Emzir dan Saifur Rohman. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fitriani, Farida. “Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Model Pembelajaran Advance Organizer pada Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Mataram Tahun Pelajaran 2009/2010”. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram: Mataram.
Gorys, Keraf. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Herdiyanti, Rafika. 2014. “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X.2 SMA Negeri 1 Pengasih Dengan Strategi Story Writing Map”.
Laksmi, Paramita. 2007. “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Berdasarkan Cerita Rakyat pada Siswa Kelas X-8 SMA Islam Sultan Agung I Semarang.
Mahsun, 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offoset.
Naningsih, 2019. Kemampuan Memproduksi Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII B SMPN 14 Mataram. Mataram: Skripsi diterbitkan.
Nuraumi, Sri. 2011.”Peningkatan Kemampuan Menulis Dongeng dengan Metode Latihan Terbimbing pada Siswa Kelas VII-C MTs Darul Qurun Bengkel Tahun Pengajaran 2011”. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mataram: Mataram.
Nurfatun, Lita.2020. “Kemampuan Memproduksi Teks Cerpen Siswa Kelas IX A SMPN Bolo Melalui Metode Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Tahun Pembelajaran 2019/2020”. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mataram: Mataram.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFF
Nurlelawati, 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Kembali Dongeng Dengan Memanfaatkan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VII SMPN 19 Bandar lampung Tahun Pelajaran 2015/2016”.
Soetarno. 2008. Peristiwa Sastra Melayu Lama. Surakarta: PT Widya Duta Grafika.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.
Suherli, dkk. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Warsanto, Sahid Ichsanu. 2004. Kaji Latih Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: bumi aksara.
Widyaninggar, Arum. 2011. “Peningkatan Kemampuan Menulis Kembali Dongeng dengan teknik tongkat (Potong-Rekat) Siswa Kelas VII Boga 1 SMP Negeri 5 Mataram Tahun Pelajaran 2010-2011”. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mataram: Mataram
Rahmawati, Yeni. 2021. “Kemampuan Memproduksi Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Bima”. Skripsi. Mataram: FKIP Universitas Mataram.