Main Article Content

fitri fitri
Johan Mahyudi
Murahim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam cerita rakyat Lelampak Lendong Kao dan relevansinya dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif. Objek yang akan diteliti yaitu buku cerita rakyat Lelampak Lendong Kao. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan studi kepustakaan dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari lima tahap yang meliputi: pengumpulan data, penyajian data, klasifikasi data, analisis data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan antara lain: nilai dari asas kodrat alam (bersyukur, dan berdoa kepada Tuhan), nilai dari asas kemerdekaan (menolak kekerasan), nilai dari asas kebudayaan (gemar bergotong royong dan ramah tamah), nilai dari asas kebangsaan (menjaga perdamaian dan menjalin persahabatan), nilai dari asas kemanusiaan (sabar, pantang menyerah, dan saling menyayangi) dan relevansi nilai-nilai pendidikan tersebut dengan pembelajaran sastra di SMA terdapat pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X semester I pada kompetensi dasar 3.7 mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat baik lisan maupun tulis, dan 4.7 menceritakan kembali isi cerita rakyat yang didengar maupun dibaca

Article Details

References
Aini, J., Burhanuddin, Saharudin. 2021. Konstruksi Perempuan Dalam Lagu-Lagu Berbahasa Sasak: Studi Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3).
Budianta, dkk. 2002. Membaca Sastra: Pengantar Memahami Sastra untuk Perguruan Tinggi. Depok: Indonesiatera.
Damayanti, S., Johan Mahyudi, dan Burhanuddin. 2022. Morfologi Cerita Wadu Ntanda Rahi Model Analisis Vladimir Propp. Jurnal Ilmiah Mandala Education 8 (2)
Dewantara. 2009. Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika.
Endaswara, Suwardi. 2013. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.
Ismawati, Esti. 2011. Metode Penelitian Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.
Kosasih, Engkos. 2017. Cerdas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/MA Kelas X kelompok Peminatan Bahasa dan Budaya. Jakarta: Erlangga.
Mahsun. 2019. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: Rajawali Pers.
Mestika, Zed. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Milawati, Burhanuddin, dan Mahmudi E. 2022. Pergeseran Makna Gramatikal pada Proses Morfologis dalam Esai Cinta yang Berakhir untuk KPK. Jurnal Bastrindo, 3 (2), 146-157.
Muchammad, Tauchid. 2011. Perjuangan dan Ajaran Hidup Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Persatuan Tamansiswa.
Nurgiantoro, Burhan. 2004. Teori Pengkajian Fiksi. Jogjakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurmalayani, A., Burhanuddin, dan Mahyudi, J. 2020. Burhanuddin, dan Mahyudi, J. 2020. Traces of History in Tere Liye’s Novels Towards the Development of Teaching Material for Historical Texts Teaching in High School. Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences.
Nurmalayani, A., Burhanuddin, dan Mahyudi, J. 2021. Fakta Kemanusiaan dalam Novel tentang Kamu Karya Tere Liye yang Mencerminkan Sejarah PKI: Kajian Strukturalisme Genetik Lucien Goldmann. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).
Rulam, Ahmadi. 2016. Pengantar Pendidikan Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rusdiana. 2014. Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.
Safitri, E. dkk. 2023. Kata-kata Bermakna Konotasi dalam Lirik Sakeco Sumbawa. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1).
Samho, Bartolomeus. 2013. Visi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, Tantangan dan Relevansi. Yogyakarta: Kanisius.
Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar teori sastra. Jakarta : PT Gramedia.
Sudjiman, Panuti. 2006. Kamus Istilah Sastra. Jakarta : Universitas Indonesia.
Suherli, dkk. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suprapto Rahardjo. 2004. Ki Hajar Dewantara Biografi Singkat 1889-1959. Yogyakarta: Garasi.
Wiratna Sujarweti. 2014. Metodologi Penelitian lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press