Nilai-Nilai Pendidikan Cerita Rakyat Lelampak Lendong Kao dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMA
DOI:
10.29303/kopula.v2i2.2658Published:
2020-10-22Issue:
Vol. 2 No. 2 (2020): OktoberKeywords:
nilai pendidikan, cerita rakyat, pembelajaran sastraArticles
Downloads
How to Cite
fitri, fitri, Mahyudi, J., & Murahim. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Cerita Rakyat Lelampak Lendong Kao dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMA. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.29303/kopula.v2i2.2658
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam cerita rakyat Lelampak Lendong Kao dan relevansinya dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif. Objek yang akan diteliti yaitu buku cerita rakyat Lelampak Lendong Kao. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan studi kepustakaan dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari lima tahap yang meliputi: pengumpulan data, penyajian data, klasifikasi data, analisis data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan antara lain: nilai dari asas kodrat alam (bersyukur, dan berdoa kepada Tuhan), nilai dari asas kemerdekaan (menolak kekerasan), nilai dari asas kebudayaan (gemar bergotong royong dan ramah tamah), nilai dari asas kebangsaan (menjaga perdamaian dan menjalin persahabatan), nilai dari asas kemanusiaan (sabar, pantang menyerah, dan saling menyayangi) dan relevansi nilai-nilai pendidikan tersebut dengan pembelajaran sastra di SMA terdapat pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X semester I pada kompetensi dasar 3.7 mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat baik lisan maupun tulis, dan 4.7 menceritakan kembali isi cerita rakyat yang didengar maupun dibacaReferences
Aini, J., Burhanuddin, Saharudin. 2021. Konstruksi Perempuan Dalam Lagu-Lagu Berbahasa Sasak: Studi Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3).
Budianta, dkk. 2002. Membaca Sastra: Pengantar Memahami Sastra untuk Perguruan Tinggi. Depok: Indonesiatera.
Damayanti, S., Johan Mahyudi, dan Burhanuddin. 2022. Morfologi Cerita Wadu Ntanda Rahi Model Analisis Vladimir Propp. Jurnal Ilmiah Mandala Education 8 (2)
Dewantara. 2009. Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika.
Endaswara, Suwardi. 2013. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.
Ismawati, Esti. 2011. Metode Penelitian Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.
Kosasih, Engkos. 2017. Cerdas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/MA Kelas X kelompok Peminatan Bahasa dan Budaya. Jakarta: Erlangga.
Mahsun. 2019. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: Rajawali Pers.
Mestika, Zed. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Milawati, Burhanuddin, dan Mahmudi E. 2022. Pergeseran Makna Gramatikal pada Proses Morfologis dalam Esai Cinta yang Berakhir untuk KPK. Jurnal Bastrindo, 3 (2), 146-157.
Muchammad, Tauchid. 2011. Perjuangan dan Ajaran Hidup Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Persatuan Tamansiswa.
Nurgiantoro, Burhan. 2004. Teori Pengkajian Fiksi. Jogjakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurmalayani, A., Burhanuddin, dan Mahyudi, J. 2020. Burhanuddin, dan Mahyudi, J. 2020. Traces of History in Tere Liye’s Novels Towards the Development of Teaching Material for Historical Texts Teaching in High School. Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences.
Nurmalayani, A., Burhanuddin, dan Mahyudi, J. 2021. Fakta Kemanusiaan dalam Novel tentang Kamu Karya Tere Liye yang Mencerminkan Sejarah PKI: Kajian Strukturalisme Genetik Lucien Goldmann. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).
Rulam, Ahmadi. 2016. Pengantar Pendidikan Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rusdiana. 2014. Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.
Safitri, E. dkk. 2023. Kata-kata Bermakna Konotasi dalam Lirik Sakeco Sumbawa. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1).
Samho, Bartolomeus. 2013. Visi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, Tantangan dan Relevansi. Yogyakarta: Kanisius.
Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar teori sastra. Jakarta : PT Gramedia.
Sudjiman, Panuti. 2006. Kamus Istilah Sastra. Jakarta : Universitas Indonesia.
Suherli, dkk. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suprapto Rahardjo. 2004. Ki Hajar Dewantara Biografi Singkat 1889-1959. Yogyakarta: Garasi.
Wiratna Sujarweti. 2014. Metodologi Penelitian lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Budianta, dkk. 2002. Membaca Sastra: Pengantar Memahami Sastra untuk Perguruan Tinggi. Depok: Indonesiatera.
Damayanti, S., Johan Mahyudi, dan Burhanuddin. 2022. Morfologi Cerita Wadu Ntanda Rahi Model Analisis Vladimir Propp. Jurnal Ilmiah Mandala Education 8 (2)
Dewantara. 2009. Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika.
Endaswara, Suwardi. 2013. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.
Ismawati, Esti. 2011. Metode Penelitian Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.
Kosasih, Engkos. 2017. Cerdas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/MA Kelas X kelompok Peminatan Bahasa dan Budaya. Jakarta: Erlangga.
Mahsun. 2019. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: Rajawali Pers.
Mestika, Zed. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Milawati, Burhanuddin, dan Mahmudi E. 2022. Pergeseran Makna Gramatikal pada Proses Morfologis dalam Esai Cinta yang Berakhir untuk KPK. Jurnal Bastrindo, 3 (2), 146-157.
Muchammad, Tauchid. 2011. Perjuangan dan Ajaran Hidup Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Persatuan Tamansiswa.
Nurgiantoro, Burhan. 2004. Teori Pengkajian Fiksi. Jogjakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurmalayani, A., Burhanuddin, dan Mahyudi, J. 2020. Burhanuddin, dan Mahyudi, J. 2020. Traces of History in Tere Liye’s Novels Towards the Development of Teaching Material for Historical Texts Teaching in High School. Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences.
Nurmalayani, A., Burhanuddin, dan Mahyudi, J. 2021. Fakta Kemanusiaan dalam Novel tentang Kamu Karya Tere Liye yang Mencerminkan Sejarah PKI: Kajian Strukturalisme Genetik Lucien Goldmann. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).
Rulam, Ahmadi. 2016. Pengantar Pendidikan Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rusdiana. 2014. Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.
Safitri, E. dkk. 2023. Kata-kata Bermakna Konotasi dalam Lirik Sakeco Sumbawa. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1).
Samho, Bartolomeus. 2013. Visi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, Tantangan dan Relevansi. Yogyakarta: Kanisius.
Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar teori sastra. Jakarta : PT Gramedia.
Sudjiman, Panuti. 2006. Kamus Istilah Sastra. Jakarta : Universitas Indonesia.
Suherli, dkk. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suprapto Rahardjo. 2004. Ki Hajar Dewantara Biografi Singkat 1889-1959. Yogyakarta: Garasi.
Wiratna Sujarweti. 2014. Metodologi Penelitian lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
License
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).