Korelasi antara Self-Awareness dengan Prestasi Belajar Remaja Usia 14-15 Tahun

Authors

  • Fatmasari Fatmasari a:1:{s:5:"en_US";s:27:"Universitas Negeri Surabaya";}
  • Anas Ahmadi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v6i2.5257

Keywords:

self-awareness, prestasi belajar, remaja usia 14–15

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan antara self-awareness dengan prestasi belajar remaja usia 14–15 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan angket, observasi, dan tes tertulis. Angket digunakan untuk mengumpulkan data  kondisi self-awareness. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data aktivitas belajar. Sementara itu, tes tertulis digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar. Subjek dalam penelitian adalah 30 peserta didik kelas IX-D SMPN 12 Surabaya. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa self-awareness, dengan kelima aspeknya, berkorelasi secara signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik kelas IX-D SMP Negeri 12 Surabaya pada materi paragraf teks deskripsi secara holistik: (1) aspek menyadari emosi diri dan memahami kelebihan serta kekurangan diri berpengaruh terhadap prestasi belajar pada aspek kognitif; (2) aspek kemampuan reflektif dan pembentukan identitas diri yang terbuka berpengaruh terhadap prestasi belajar pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik; serta (3) aspek kepercayaan diri berpengaruh terhadap prestasi belajar pada aspek afektif dan psikomotorik. Kata kunci: self-awareness, prestasi belajar, remaja usia 14–15

References

Achdiyat, M., & Warhamni, S. (2018). Sikap Cara Belajar dan Prestasi Belajar. FAKTOR: Jurnali Ilmiah Kependidikan, 5(1), 49–58. https://core.ac.uk/download/pdf/236193871.pdf

Afiani, N. (2016). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(2), 1–13. https://core.ac.uk/download/pdf/236197698.pdf

Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra. Graniti.

Ahmadi, A. (2019). Reader’s Response and Learning Writing Psychological Perspective. Journal of Art & Humanities, 8(7), 11–15. http://dx.doi.org/10.18533/journal.v8i9.1710

Alfath, A.M. (2015). Pengaruh Motivasi, Lingkungan dan Disiplin terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 19 Banda Aceh. Jurnal Visipena, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.46244/visipena.v6i1.344

Alviansyah, S., dkk. (2022). Pengaruh Kesadaran Diri terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal PAI Raden Fatah, 4(3), 227–238. https://doi.org/10.19109/pairf.v4i3.7789

Amrozi, S.R. (2019). Pemikiran Daniel Goleman dalam Bingkai Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Al’Adalah, 22(2), 105–116. https://doi.org/10.35719/aladalah.v22i2.15

Andriani, A. (2014). Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) Dalam Peningkatan Prestasi Belajar. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 86–99. https://ejournal.staimta.ac.id/index.php/edukasi/article/view/58

Ariananda, E.S., dkk. (2014). Pengaruh Kedisiplinan Siswa di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233–238. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3805

Astuti, J.P., dkk. (2019). Hubungan Kesadaran Diri dengan Flow Akademik pada Siswa di Daerah Lahan Gambut. Jurnal Kognisia, 2(2), 68–74. https://doi.org/10.20527/jk.v2i2.1659

Batubara, J.R.L. (2010). Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Seri Pediatri, 12(1), 21–29. https://www.saripediatri.org/index.php/sari-pediatri/article/viewFile/540/476

Chairunnisa, C. (2022). Hubungan Kesadaran Diri dengan Kedisiplinan pada Remaja di Panti Asuhan Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/17362

Dewi, L.S., dkk. (2020). Korelasi ntara Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 429–435. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29965

Effendi, M.F., dkk. (2019). Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kesadaran Diri pada Siswa SMPN 8 Banjarmasin. Jurnal Kognisia, 2(1), 61–65. https://doi.org/10.20527/jk.v2i1.1609

Fatmawaty, R. (2017). Memahami Psikologi Remaja. REFORMA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 55–65. https://doi.org/10.30736/rfma.v6i2.33

Fauziah, F. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester Ii Bimbingan Konseling Uin Ar-Raniry. Jurnal Edukasi (Media Kajian Bimbingan Konseling), 1(1), 90–98. http://dx.doi.org/10.22373/je.v1i1.320

Goleman, D. (2001). Kecerdasan Emosional untuk Mencapai Puncak Prestasi. Terjemahan. Gramedia Pustaka Utama..

Goleman, D. (2007). Kecerdasan Emosional: Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Terjemahan. Gramedia Pustaka Umum

Halawa, F.A., & Fensi, F. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar dan Dampaknya terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 4(2), 98–111. http://dx.doi.org/10.30813/jpk.v4i2.2327

Hamzah, S.W. (2012). Aspek Pengembangan Peserta Didik (Kognitif, Afektif, Psikomotorik). Jurnal Dinamika Ilmu, 12(1). https://doi.org/10.21093/di.v12i1.56

Handayani, D., & Septhiani, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Aspek Kesadaran Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1352–1358. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.585

Hartika, N., & Mariana, F. (2019). Pengaruh Keaktifan Belajar & Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. PROGRESS: Jurnal Pendidikan, Akuntansi, dan Keuangan, 2(1), 57–71. https://doi.org/10.47080/progress.v2i1.490

Hidayatullaily, S., dkk. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar terhadap Disposisi Matematis pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (Ji-MR), 4(1), 112–119. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2831

Husnaini, M., dkk. (2024). Pembelajaran Sosial Emosional: Tinjauan Filsafat Humanisme terhadap Kebahagiaan dalam Pembelajaran. Journal of Education Research, 5(2), 1026–1036. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.887

Isroani, F., dkk. (2023). Psikologi Perkembangan. Mitra Cendekia Media.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A.M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Maitrianti, C. (2021). Hubungan antara Kecerdasan Intrapersonal dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291–305. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.8709

Nasution, N., dkk. (2023). Pengembangan Karakter Komunikatif dan Disiplin melalui Metode Culturally Responsive Teaching dengan Pembelajaran Sosial Emosional pada Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X-2 SMAN 1 Kalitidu. Journal on Education, 6(1), 2408–2420. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3262

Nisa, A.R., dkk. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan pada Aspek Kesadaran Diri Anak. Jurnal AUDHI, 4(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.696

Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Putri, M.T., & Ferry, D. (2024). Analisis Hubungan antara Self-Awareness dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(1), 54–66. https://mail.online-journal.unja.ac.id/biodik/article/download/31937/17768

Pratiwi, I.T., & Meilani, R.I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173–181. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Ranti, M.G., dkk. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75–83. https://core.ac.uk/download/pdf/295416403.pdf

Riduwan, R., & Sunarto, S. (2011). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Alfabeta.

Rosita, O. (2018). Pengaruh Sikap Percaya Diri, Kecerdasan Emosional, dan Kedisiplinan

Belajar terhadap Prestasi Belajar IPA. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 41–46. https://core.ac.uk/download/pdf/230384378.pdf

Serpara, H., dkk. (2023). Pembelajaran Sosial Emosional SD Negeri 3 Seram Bagian Barat. German für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(2), 101–106. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.2.101-106

Setiawati, S., dkk. (2020). Hubungan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Kota Solok. PSYCHE 165 Journal, 13(1), 10–17. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i1.12

Sihotang, N., dkk. (2013). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Pencapaian Tugas Perkembangan Remaja Awal dalam Aspek Kemandirian Emosional (Studi Eksperimen di SMP Frater Padang). Jurnal Konselor, 2(4), 179–185. https://doi.org/10.24036/02013242898-0-00

Sulistyowati, D.W., dkk. (2021). Prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa dipengaruhi kecerdasan emosional dan motivasi belajar (Studi di SMP Negeri Jakarta Barat). Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 116–129. https://doi.org/10.30998/herodotus.v4i2.8893

Suryabrata, S. (2014). Psikologi Pendidikan. CV Rajawali Pres.

Suryana, E., dkk. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah dan Implikasinya terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 1917–1928. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3494

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. MNC Publishing.

Yuzarion, Y., dkk. (2024). The Contribution of Self-Regulated Learning, Self-Awareness, and Spiritual Intelligence to Academic Achievement. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 29(1), 91–106. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol29.iss1.art6

Downloads

Published

2024-10-06

How to Cite

Fatmasari, F., & Ahmadi, A. (2024). Korelasi antara Self-Awareness dengan Prestasi Belajar Remaja Usia 14-15 Tahun. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 6(2), 203–215. https://doi.org/10.29303/kopula.v6i2.5257

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.