PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MODEL KOOPERATIF MEMBACA DAN MENULIS TERPADU (CIRC) PADA SISWA KELAS VIID SMPN 2 MATARAM 2008/2009

Authors

  • Sutarno Sutarno
  • Syamsinas Syamsinas
  • Siti Rohana Hariana

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v1i1.2564

Keywords:

menulis, karangan narasi, pendekatan kooperatif, teknik CIRC

Abstract

enelitian ini bertujuan menjelaskan aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan menuliskarangan narasi siswa Kelas VII D SMPN 2 Mataram melalui pendekatan kooperatif teknik CIRC,termasuk aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatifkarena dalam penelitian ini data hasil penelitian dideskripsikan berupa kata-kata. Penelitian inimenggunakan rancangan PTK, karena bertujuan memperbaiki dan meningkatkan layananpembelajaran siswa dengan mengikuti empat tahapan, yaitu perencanaan, implementasi dan observasi,refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengisian lembar observasi aktivitassiswa, aktivitas guru, tes hasil belajar siswa, sedangkan teknik analisis data yang digunakan untukmenghitung lembar observasi adalah rumus presentase jenis aktivitas guru dan aktivitas siswa. Teshasil belajar siswa diolah dengan menggunakan mean (nilai rata-rata) dan indeks keberhasilan siswa.Hasil pelaksanaan tindakan, dilakukan dalam dua siklus dengan hasil sebagai berikut. Aktivitas gurumengalami penigkatan mulai dari prapembelajaran, kegiatan inti pembelajaran strategi dan metodepembelajaran, pemenfaatan media pembelajaran, penilaian proses dan hasil belajar, penggunaanbahasa, penutup. Aktivitas siswa mengalami peningkatan mulai dari memperhatikan penjelasan dariguru, berdiskusi antara siswa mengenai tugas materi, menyajikan hasil diskusi, memberikankesempatan orang lain berbicara, mempraktikkan pendekatan kooperatif teknik CIRC, pendalamansiswa terhadap materi menulis karangan narasi, Tanya-jawab antara guru dengan siswa (aktivitas yangdiamati adalah aktivitas bertanya, berpendapat dan mengerjakan tugas), merefleksikan materipelajaran. Adapun hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatantersebut dapat dilihat dari skor siswa mulai dari siklus 1 sampai siklus 2. Adapun mean (nilai rata-rata) skor siklus I adalah 63,32, siklus II mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya menjadi76,53. Indeks keberhasilan siswa pada siklus 1: 26,32 % dan siklus 2 78,95%

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi VI. Jakarta:
Rineka Cipta
Aqib, Zaenal. 2003. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Wijaya
Debdiknas, 2006. Standar Kompentensi Lulusan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
SD,SMP/MTS, SMA/MA, SMK Jakarta: Depdiknas
Moleong, Lexy. J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nurudin. 2007. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press
Susilo. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas.Yogjakarta: Pustaka Book Publisher
Suparno, M. Yusuf. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.
Tarigan, Hendry Guntur. 1986. Menulis Sebagai suatu keterampilan berbahasa. Jakarta:
Balai Pustaka

Downloads

Published

2019-03-28

How to Cite

Sutarno, S., Syamsinas, S., & Hariana, S. . R. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MODEL KOOPERATIF MEMBACA DAN MENULIS TERPADU (CIRC) PADA SISWA KELAS VIID SMPN 2 MATARAM 2008/2009. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.29303/kopula.v1i1.2564

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.