PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.29303/kopula.v1i1.2567Kata Kunci:
peningkatan, kemampuan, peta konsep, menulis, laporan perjalanaAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis laporan
siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 12 Mataram karena guru tidak menemukan metode
yang sesuai untuk mengajar siswa dalam menulis laporan perjalanan, sedangkan
siswa tidak tertarik dengan dunia tulis menulis. Penelitian ini bermaksud menjelaskan
proses dan hasil peningkatan kemampuan menulis laporan perjalanan siswa kelas
VIII.A SMP Negeri 12 Mataram Tahun Pembelajaran 2016/2017. Pemecahan
masalah dilakukan dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode peta konsep telah berhasil
meningkatkan kemampuan menulis laporan perjalanan siswa kelas VIII.A. Pada
siklus I aktivitas pembelajaran guru mencapai 89% meningkat menjadi 100% pada
siklus II. Pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 59% dan perolehan hasil
belajar rata-rata siswa mencapai 71 dengan ketuntasan belajar 61%. Pada siklus II
aktifitas belajar mengalami peningkatan menjadi 92% dan perolehan hasil belajar
rata-rata siswa mencapai 85 dengan ketuntasan belajar 94%.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).