Main Article Content

Yuni Fardiah
Sapiin Sapiin
Siti Rohana Hariana

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis laporansiswa kelas VIIIA di SMP Negeri 12 Mataram karena guru tidak menemukan metodeyang sesuai untuk mengajar siswa dalam menulis laporan perjalanan, sedangkansiswa tidak tertarik dengan dunia tulis menulis. Penelitian ini bermaksud menjelaskanproses dan hasil peningkatan kemampuan menulis laporan perjalanan siswa kelasVIII.A SMP Negeri 12 Mataram Tahun Pembelajaran 2016/2017. Pemecahanmasalah dilakukan dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode peta konsep telah berhasilmeningkatkan kemampuan menulis laporan perjalanan siswa kelas VIII.A. Padasiklus I aktivitas pembelajaran guru mencapai 89% meningkat menjadi 100% padasiklus II. Pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 59% dan perolehan hasilbelajar rata-rata siswa mencapai 71 dengan ketuntasan belajar 61%. Pada siklus IIaktifitas belajar mengalami peningkatan menjadi 92% dan perolehan hasil belajarrata-rata siswa mencapai 85 dengan ketuntasan belajar 94%.

Article Details

References
Slamet, St. Y. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta:
Universitas Sebelas Maret Press.
Subana, M dan Sunarti. 2009. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.
Bandung: CV Pustaka Setia.
Sujana, I Made. 2010. Workshop Penelitian Tindakan Kelas. Mataram : Arga Puji
Press.
Suparno, dan Mohammad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta :
Universitas Terbuka.
Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Suyadi. 2011. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : DIVA Press
Tarigan, H.G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa.
Yulianti, Ni Nengah. 2011. “Peningkatan Kemampuan Menulis Wacana Argumentasi
Dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 1 Batulayar
Tahun Ajaran 2010-2011”. Skripsi tidak diterbitkan. Mataram : FKIP Unram.