Main Article Content

Imam Mauluddin
Syamsinas Syamsinas
Burhanuddin Burhanuddin

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan bentuk register pedagang Pasar Raya Amahami Kota Bima, (2) mendeskripsikan pemakaian register pada pedagang Pasar Raya Amahami Kota Bima. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah bentuk lingual yang mengandung register pedagang Pasar Raya Amahami Kota Bima yakni satuan bahasa berupa kata dan frasa. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini bersumber dari tuturan pedagang kepada pembeli saat berkomunikasi dalam transaksi jual beli di Pasar Raya Amahami Kota Bima. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode observasi/metode simak dan metode cakap. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode padan intralingual dan padan ekstralingual. Metode penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal dan formal. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua bentuk register pedagang Pasar Raya Amahami Kota Bima yakni bentuk generik dan bentuk spesifik berupa kata dan frasa. Pemakaian register tersebut digunakan oleh komunitas pedagang Pasar Raya Amahami Kota Bima.

Article Details

References
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 1995. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Halliday. 1992. Bahasa, Konteks dan Teks. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Junieles, Nafarin. 2020. Register Kesehatan Era Pandemi Covid-19 Dalam Komunikasi Di Berbagai Media Online. Tasaba: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya. IAIN Surakarta, 1(1), 81-95.
Kartini. 2017.“Register Institusi Polri di Wilayah Polsek Gunungsari”. Mataram. Skripsi. Mataram: Universitas Mataram.
Kartomihardjo, S. 1988. Bahasa Cermin Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Depdikbud. Kridalaksana. 1989. Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta : PT. Gramedia.
Lexy J. Moloeng. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mahsun. 2017. Metode penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.
Marlita.2018. “Register Pertanian dalam Bahasa Bima”. Skripsi. Mataram: Universitas Mataram.
Mustainullah, Riza Ardhian dan Hartati, Umi.2020. Register Pedagang di Pasar Klithikan Lestari Mulyo Kanggotan, Pleret. Jurnal FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Caraka, 6(2) 1-5.
Nababan, P.W.J. 1984.Sosiolinguistik; Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Gramedia Pateda. 1987. Sosiolinguistik. Bandung: Angkas.
Pudyastowo, P. A., Efendi, A., & Harsono, H. 2020.Register Bahasa Driver Ojek Online di Basecamp Kabupaten Karanganyar. Kawruh: journal of language education, literature, and local culture. 2(2), 1-5.
Rokhman, Fathur. 2013. Sosiolinguistik: Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Saputra, Lalu Wahyudi. 2017. “Register Perbengkelan dalam Interaksi Bengkel Yamaha Abian Tubuh”. Mataram.Skripsi: Universitas Mataram.
Setianingsih, E. 2013. “Register Nelayan di Pantai Depok Parangritis Kretek Bantul.Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sumarsono dan Paina Partana. 2002. Sosiolinguistik. Yogyakarta; Sabda.
Thufail. M. D. 2016. “Register Jual Beli Handphone di Media Sosial Facebook”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semara