Campur Kode dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari

Authors

Nidya Maya Elsyanda , Syamsinas Syamsinas , Nyoman Sudika

DOI:

10.29303/kopula.v3i2.2706

Published:

2021-10-20

Issue:

Vol. 3 No. 2 (2021): Oktober

Keywords:

campur kode, karangan deskripsi, sosiolinguistik

Articles

Downloads

How to Cite

Maya Elsyanda, N., Syamsinas, S., & Sudika, N. (2021). Campur Kode dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 3(2), 48–57. https://doi.org/10.29303/kopula.v3i2.2706

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan bentuk campur kode dalam karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun Ajaran 2020/2021, (2) untuk mendeskripsikan jenis campur kode dalam karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun ajaran 2020/2021, dan (3) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya campur kode pemakaian bahasa Indonesia dalam karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, dan simak. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan intralingual dan metode padan ekstralingual. Hasil penelitian ini adalah (1) bentuk lingual campur kode yang digunakan oleh siswa kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari yaitu: campur kode kata, campur kode frasa, dan campur kode klausa, (2) jenis campur kode yang ditemukan yaitu: campur kode ke dalam dan campur kode ke luar, dan (3) faktor penyebab terjadinya campur kode yaitu karena latar belakang sosial, pengetahuan tentang kosa kata yang kurang, kurangnya penguasaan bahasa Indonesia, dan pembelajaran dan kegiatan siswa di sekolah dan di asrama.

References

Alwi, Hasan. 2014. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta Timur: PT Balai
Pustaka
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta:
PT Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: PT RINEKA Cipta.
Fitri, Rahma. 2025. Kitab Super Lengkap EYD & Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Serambi Semesta Distribusi.
Husna, Aufalina. 2016. Campur Kode dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VIII
MadrasahTsanawiyah (MTs) Manbaul Ulum Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Batu Ceper Tangerang. Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan
Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Musaddat, Syaiful. 2018. Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (BSI).
Gunung Sari Lombok Barat: Arga Puji.
Nurfatuhiyah. 2014. Campur Kode Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Karangan
Siswa Kelas X SMAN 2 Wawo Kabupaten Bima dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi. Universitas Mataram.
Nurhamizan. 2021. Campur Kode dalam Interaksi Masyarakat Kampung Taliwang Lombok. Skripsi. Universitas Mataram.
Pateda, Mansoer. 2015. Sosiolinguistik. Bandung: CV Angkasa.
Rahayu, Yusnia. 2018. Campur Kode dalam Naskah Drama Pepadu Toaq Karya Robby Mandalika Waluyan. Skripsi. Universitas Mataram.
Ramdhani. 2016. Campur Kode dalam Kumpulan Naskah Cerita Pendek Lomba
Cerpen Nasional “Cerita dari Kampung” dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Universitas Mataram
Rohmadi, Muhammad dan Edy Tri Sulistyo. 2014. Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Faedagogia. Vol.17 No.1.
Sekarsih, Baiq Nining. 2020. Campur Kode Dalam Novel Finding Srimulat Karya Hilman (Kajian Sosiolinguistik). Skripsi. Universitas Mataram.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Darma University Press.
Wijaya I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2013. Sosiolinguistik: Kajian Teori
dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Author Biographies

Nidya Maya Elsyanda, Universitas Mataram

Syamsinas Syamsinas, Universitas Mataram

Nyoman Sudika, Universitas Mataram

License

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.