Main Article Content

Nidya Maya Elsyanda
Syamsinas Syamsinas
Nyoman Sudika

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan bentuk campur kode dalam karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun Ajaran 2020/2021, (2) untuk mendeskripsikan jenis campur kode dalam karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun ajaran 2020/2021, dan (3) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya campur kode pemakaian bahasa Indonesia dalam karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, dan simak. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan intralingual dan metode padan ekstralingual. Hasil penelitian ini adalah (1) bentuk lingual campur kode yang digunakan oleh siswa kelas VII MTs Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari yaitu: campur kode kata, campur kode frasa, dan campur kode klausa, (2) jenis campur kode yang ditemukan yaitu: campur kode ke dalam dan campur kode ke luar, dan (3) faktor penyebab terjadinya campur kode yaitu karena latar belakang sosial, pengetahuan tentang kosa kata yang kurang, kurangnya penguasaan bahasa Indonesia, dan pembelajaran dan kegiatan siswa di sekolah dan di asrama.

Article Details

References
Alwi, Hasan. 2014. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta Timur: PT Balai
Pustaka
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta:
PT Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: PT RINEKA Cipta.
Fitri, Rahma. 2025. Kitab Super Lengkap EYD & Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Serambi Semesta Distribusi.
Husna, Aufalina. 2016. Campur Kode dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VIII
MadrasahTsanawiyah (MTs) Manbaul Ulum Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Batu Ceper Tangerang. Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan
Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Musaddat, Syaiful. 2018. Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (BSI).
Gunung Sari Lombok Barat: Arga Puji.
Nurfatuhiyah. 2014. Campur Kode Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Karangan
Siswa Kelas X SMAN 2 Wawo Kabupaten Bima dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi. Universitas Mataram.
Nurhamizan. 2021. Campur Kode dalam Interaksi Masyarakat Kampung Taliwang Lombok. Skripsi. Universitas Mataram.
Pateda, Mansoer. 2015. Sosiolinguistik. Bandung: CV Angkasa.
Rahayu, Yusnia. 2018. Campur Kode dalam Naskah Drama Pepadu Toaq Karya Robby Mandalika Waluyan. Skripsi. Universitas Mataram.
Ramdhani. 2016. Campur Kode dalam Kumpulan Naskah Cerita Pendek Lomba
Cerpen Nasional “Cerita dari Kampung” dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Universitas Mataram
Rohmadi, Muhammad dan Edy Tri Sulistyo. 2014. Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Faedagogia. Vol.17 No.1.
Sekarsih, Baiq Nining. 2020. Campur Kode Dalam Novel Finding Srimulat Karya Hilman (Kajian Sosiolinguistik). Skripsi. Universitas Mataram.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Darma University Press.
Wijaya I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2013. Sosiolinguistik: Kajian Teori
dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.