Main Article Content

Mila Elfira
Syamsinas Syamsinas
Muhammad Asyhar

Abstract

Penelitian dengan judul Bahasa Slang dalam Status Facebook: Kajian Sosiolinguistik bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk lingual bahasa slang dalam status facebook: kajian sosiolinguistik(2)  makna bahasa slang dalam status facebook: kajian sosiolinguistik (3) fungsi bahasa slang dalam status facebook: kajian sosiolinguistik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini yaitu bahasa slang dalam status facebook. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode simak dengan tehknik catat. Metode dan tehknik analisis data yang digunakan adalah metode padan intralingual dan metode padan ekstralingual kemudian disimpulkan hasilnya. Adapun hasil penelitian ini adalah  (1) Bentuk lingual kata bahasa slang dalam status facebook adalah kata dasar dengan perubahan bunyi,pemendekan kata, kata serapan, bentuk singkatan , akronim dan frasa. (2) Jenis makna yang ditemukan dalam status facebook yaitu, makna denotatif dan makna kontekstual. (3) fungsi bahasa slang dalam status facebook yaitu, fungsi personal, fungsi regulator, fungsi intraksional, fungsi informatif, fungsi hereustik dan fungsi instrumental.

Article Details

References
Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Afriansyah, A.N., Mahsun, dan Burhanuddin. 2022. Ekspresi Makian Pada Akun Youtuber Gamers. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Agustina L. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Alwasilah, A. Chaedar. 1985. Beberapa Mazdhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung : Angkasa.
Amaru. 2020. Bentuk Variasi Bahasa Slang dalam Komunikasi Red Vel Vet dan Reveluv Indonesia Pada Status Facebook. Matarami:Universitas Mataram.
Anggraini, N.A., Mahyuni, dan Burhanuddin. 2022. Bentuk dan Penggunaan Bahasa Tabu Pada Anak Di Lingkungan Bertais Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education 8 (3).
Atmanegara, L.K., Sukri, dan Burhanuddin. 2022. Variasi Bahasa Whatsapp Mahasiswa Magister Bahasa Indonesia Universitas Mataram 2021. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8 (2).
Cahyani, B.D.I., S. Jafar, dan Burhanuddin. 2020. Bentuk dan Fungsi Bahasa Slang pada Keterangan Foto Akun Lambe Turah di Media Sosial Instagram. Jurnal Bastrindo, 1(2), 116-123.
Cahyani. 2020. Bentuk dan Fungsi Bahasa Slang Pada Keterangan Foto Akun Lambe Turah di Media Sosial Instagram.Mataram:Universitas Mataram.
Enterprise, Jubilee. 2010. Panduan Memilih Koneksi Internet untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Halas, LT., Burhanuddin, dan Saharudin. 2023. Kekerasan Verbal pada Nama Julukan Bahasa Sasak Masyarakat Bebuak, Kopang, Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Telaah, 8(1), 32-36.
Haryanti. 2015. Penggunaan Variasi Bahasa Alay dalam Novel Marmut Merah Jambu Karya Raditya Dika dan Hubungan dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP. Mataram:Universitas Mataram.
KBBI, 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Leoni Agustina. 1995. Sosiolinguistik : Suatu Pengantar. Jakarta : Rineka Cipta.
MCmenamin, G. R. (2002) Forensic Linguistics: Advences In Forensic Stylistics. Florida: CRC Press LLC.
Moelyono Pramono. 2013. Hukum PT Go Public dan Pasar Modal. Andi Publisher. Yogyakarta.
Moleong, Lexy J. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nababan, P.W.J. 1995. Sosioliguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka. Utama.
Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Nurhasanah, Nina. 2014. Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Bahasa Indonesia: Forum Ilmiah Vol 11 Nomer 1 Januari 2014, (Online).
Nuryani, Evi. 2014. Hubungan Intensitas Mengakses Facebook Dengan Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 2 Tenggarong Seberang: eJurnal Ilmu Komunikasi, (Online).
Pei, Mario A., and Frank Gaynor. 1954.A dictionary of linguistics. New York: Philosophical Library.
Safitri, E. dkk. 2023. Kata-kata Bermakna Konotasi dalam Lirik Sakeco Sumbawa. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1).
Schaefer, Richard T. 2012. Sosiologi. Jakarta. Salemba Humanika.
Soeparno. (2013). Media pembelajaran bahasa. Jakarta: PT. Intan Pariwara.
Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.
Ulber, Silalahi, 2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung : Refika Aditama.
Wati dan A.R Rizzky, 2009. 5 Jam Belajar Cepat Menggunakan Facebook. Bandung : Yrama Widya.