Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Teks Persuasif Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

Rahmawati Rahmawati , Siti Rohana Hariana , Rahmat Hidayat

DOI:

10.29303/kopula.v2i2.2733

Published:

2020-10-22

Issue:

Vol. 2 No. 2 (2020): Oktober

Keywords:

kesalahan berbahasa, ejaan, teks persuasif

Articles

Downloads

How to Cite

Rahmawati, R., Hariana, S. . R., & Hidayat, R. (2020). Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Teks Persuasif Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 2(2), 18–28. https://doi.org/10.29303/kopula.v2i2.2733

Abstract

Abstrak Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk kesalahan penggunaan ejaan pada teks persuasif siswa kelas VIII F SMP Negeri 8 Mataram. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan ejaan pada teks persuasif siswa kelas VIII F SMP Negeri 8 Mataram. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, metode observasi, teknik catat, dan metode dokumentasi. Data yang terkumpulkan kemudian dianalisis menggunakan instrumen penelitian. Penyajian data menggunakan metode informal. Hasil penelitian ini menemukan 56 kasus kesalahan penulisan ejaan pada karangan teks persuasif siswa kelas VIII F SMP Negeri 8 Mataram yang meliputi: (1) kesalahan penggunaan huruf berjumlah 29 kesalahan berupa kesalahan penggunaan huruf kapital atau huruf besar, (2) kesalahan penulisan kata berjumlah 15 kasus kesalahan berupa 4 kasus kesalahan penulisan kata berimbuhan, 3 kasus kesalahan penulisan kata depan, 1 kasus kesalahan penulisan singkatan dan akronim, dan 3 kasus kesalahan penulisan bentuk ulang, dan (3) kesalahan pemakaian tanda baca berjumlah 11 kasus kesalahan berupa 9 kasus kesalahan pemakaian tanda titik (.), dan 1 kasus kesalahan pemakaian tanda koma (,).

References

Arikunto Suharsimi. (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsanti, Wulan. (2019).Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Karangan Teks Persuasi Siswa Kelas VIII A SMP IT Fathul Majid Kasiman Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal:IKIP PGRI Bojonegoro.
Burhanuddin. 2019. Pengembangan Bahasa Sumbawa Standard melalui Penawaran Konsep Tata Aksara Bahasa Sumbawa. Lingua, 15(1), 11-22.
Cristina, . 2021. “Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Dalam Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IV SDN 163 Pekanbaru”. Skripsi: Universitas Islam Riau.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Finoza dan Salliyanti, 2020. “Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca Berbasis PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan TahunPembelajaran 2019/2020”. Medan: Unimed.
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima).
Lathifa, Ratna Maeta. 2019. “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Karangan Persuasi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2018/2019”. Surakarta: FKIP UNS.
Lestari Desi. 2019. “Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Pada Wacana Deskripsi Siswa Kelas VII B SMP N 1 Bayat Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019”. Jurnal. FKIP. Universitas Widya Dharma Klaten 2019.
Mahsun 2017. Metode Penelitian Bahasa (Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya). Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Mardiyani. (2018). “Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Srijaya Negara Palembang”. Palembang: Universitas Negeri Palembang.
Nurhastuti, dkk. 2020. Penulisan Karya Ilmiah. Kencana. Jakarta 13220.
Paridi, K., Burhanuddin, dan R.Y. Ashriani. 2019. Pola Penyukukataan Dalam Bahasa Sumbawa. Arkhais: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 53-60.
Paridi, K., I.N. Sudika, dan Burhanuddin. 2018. Penyuluhan standardisasi sistem fonologi bahasa Sumbawa. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1(2).
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Depdiknas, 2011. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Surabaya: Victory Inti Cipta.
Qhadafi, Muammar Reza. 2018. “Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu”. Jurnal Bahasa dan sastra, Vol.3 No.4. hal 3.
Ramadhani, Suyanu, dan Burhanuddin. 2020. Kesalahan Fonologi Presenter pada Mobile Legends: Bang Bang Indonesia. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan, 1(1), 7-13.
Rosmiati.(2020). “Peningkatan Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Persuasi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Introduction Siswa Kelas VIII SMP Pesantren Guppi Samata”. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Setyawati, Nanik. 2013. Analisis Kesalahan Berbahasa: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sirulhaq, A., Sukri, S. Jafar, dan Burhanuddin. 2022. Potential Words in Indonesian Language:: A Study of Generative Morphology. Lingua Cultura, 16(2), 231-240.
Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabet. CV.
Sukandar,Muhammada Lalu (2016). “Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Karangan Siswa Kelas IX dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Menulis Di SMP Negeri 19 Mataram”. FKIP. Unram.
Tarigan, Henry Guntur dan Tarigan Djago. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa.
Yusri, R . Muntasiah. 2020. Analisis Kesalahan Berbahasa (Sebuah Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa). Yogyakarta : CV Budi Utama.

Author Biographies

Rahmawati Rahmawati, a:1:{s:5:"en_US";s:65:"3Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Mataram";}

Siti Rohana Hariana, Univerisitas Mataram

Rahmat Hidayat, Univerisitas Mataram

License

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.