Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Kahoot Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X

Authors

Lian Yesika Hutasoit , Elza Leyli Lisnora Saragih , Renita Br Saragih

DOI:

10.29303/kopula.v6i2.5419

Published:

2024-10-26

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Oktober

Keywords:

Aplikasi Kahoot, Kemampuan Menulis, Teks Observasi

Articles

Downloads

How to Cite

Hutasoit, L. Y., Saragih, E. L. L., & Saragih, R. B. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Kahoot Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 6(2), 423–430. https://doi.org/10.29303/kopula.v6i2.5419

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi kahoot sebagai sarana penyampaian materi terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa. Dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis siswa yang rendah khususnya pada materi teks laporan hasil observasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen, menggunakan desain penelitian Two Group Posttest Only. Populasi dalam penelitian ini 224 orang dan sampel penelitian 64 orang. Dalam penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Setelah dilakukan analisis data penelitian pada kelas kontrol dan kelas eksperimen maka nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas kontrol tanpa penggunaan media aplikasi kahoot (53,59) dengan standar deviasi (9,940) dan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dengan penggunaan media aplikasi kahoot (86,40) dengan standar deviasi (8,423). Hasil uji data kelas kontrol dan eksperimen menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji “t” pada taraf signifikan a= 0,05 diperoleh Thitung > Ttabel (14,027>1,66980). Dengan demikian disimpulkan bahwa media aplikasi kahoot berpengaruh signifikan pada kemampuan menulis teks laporan hasil observasi.

References

Chotibuddin, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi (Kahoot) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Muhammadiyah 06 Banyutengah. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 112–138.

Dewi, I. G. A. A. O. (2021). Mendiskusikan hasil pengujian hipotesis penelitian dalam penyusunan disertasi: sebuah kajian teoritis. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 13(1), 31–39.

Dibia, I. K., Dewantara, I. P. M., & Widiana, I. W. (2017). Pemberdayaan teknik bercerita berbasis budaya bali dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan pribadi siswa kelas V SD Mutiara Singaraja. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 113–119.

Ekasari, D. (2020). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sindue melalui Metode Mind Mapping. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(3), 17–23.

Erviana, Y., Munifah, S., & Mustikasari, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Kata Dengan Ape Dadu Cerdas. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Jannah, K., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills Berbantuan Aplikasi" Kahoot!" Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Penanganan Surat Masuk Dan Surat Keluar Jurusan OTKP Di SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 108–121.

Mugianto, M., Ridhani, A., & Arifin, S. (2017). Pengembangan Perencanan Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Siswa Kelas X SMA. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(4), 353–366.

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 99–104.

Nurjanah, F., & Faznur, L. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Brainstroming dalam Meningktkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Bebantuan Media Quizizz. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(1), 45–51.

Perdana, I., Saragi, R. E. S., & Aribowo, E. K. (2020). Persepsi siswa terhadap pemanfaatan media kahoot dalam pembelajaran bahasa indonesia. Kwangsan, 8(2), 332460.

Putri, A. L., Yulistio, D., & Utomo, P. (2021). Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 3 Seluma. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 45–51.

Putri, V. F. H., Asbari, M., & Khanza, S. A. K. (2023). Revolusi Pendidikan: Kurikulum Merdeka Solusi Problematika Belajar? Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 8–12.

Rinawati, A. (2020). Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Sembiring, R. B., Siagian, B. A., & Sitorus, P. J. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ISPRING SUITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 36–44.

Siburian, R., Saragih, E. L. L., & Sitohang, T. (2022). Penggunaan Model Duti-Duta dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Teks Eksposisi pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Parbuluan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4692–4696.

Simaremare, J. A., Hutauruk, R. S., & Simanjuntak, H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Motion Graphic Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Kelas VII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan 2023/2024. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 4675–4684.

Sudrajat, R. T., & Firmansyah, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menggunakan Pendekatan Discovery di Kelas X SMA XIX Kartika 1 Bandung. Semantik, 9(2), 157–162.

Supriadi, S., Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. YUME: Journal of Management, 3(3), 84–94.

Tika, C. D. S. (2023). Analisis Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Media Pembelajaran Kahoot Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas 4 Di SD Negeri 1 Moyoketen Tulungagung. Jotika Journal in Education, 3(1), 1–15.

Utami, A. K. Z., & Hamdun, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X MAN 4 Kebumen. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5(1), 20–31.

Wardani, D. R. (2021). Penerapan Model Think Talk Write dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sanden. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 202–211.

Wardiah, D. (2017). Peran storytelling dalam meningkatkan kemampuan menulis, minat membaca dan kecerdasan emosional siswa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(2), 42–56.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224.

Yuliana, Y. (2020). Pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karangan narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(03), 288–297.

Author Biographies

Lian Yesika Hutasoit, Universitas HKBP Nommensen Medan

Elza Leyli Lisnora Saragih, Universitas HKBP Nommensen

Renita Br Saragih, Universitas HKBP Nommensen

License

Copyright (c) 2024 Lian Yesika Hutasoit, Elza Leyli Lisnora Saragih, Renita Br Saragih

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.