Kemampuan Menulis Teks Fabel Aspek Kaidah Kebahasaan dan Penggunaan Kalimat Langsung pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Masbagik
DOI:
10.29303/kopula.v3i1.2693Published:
2021-03-30Issue:
Vol. 3 No. 1 (2021): MaretKeywords:
kaidah kebahasaan, kalimat langsung, kemampuan, menulis, teks fabelArticles
Downloads
How to Cite
fitriah, fitriah, Paridi, K., & Hariana, S. . R. (2021). Kemampuan Menulis Teks Fabel Aspek Kaidah Kebahasaan dan Penggunaan Kalimat Langsung pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Masbagik. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 3(1), 41–51. https://doi.org/10.29303/kopula.v3i1.2693
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis siswa, khususnya dalam teks fabel yaitu (1) mendeskripsikan kemampuan menulis teks fabel dalam aspek kaidah kebahasaan serta (2) mendeskripsikan kemampuan menggunakan kalimat langsung dalam teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masbagik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu hasilnya berupa deskripsi kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masbagik tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masbagik memperoleh nilai rata-rata 63,72 dalam aspek kaidah kebahasaan. Pada aspek penggunaan kalimat langsung memperoleh nilai rata-rata 51. Kemudian hasil menulis teks fabel secara keseluruhan dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai sempurna atau kategori sangat mampu (A) adalah 5 siswa dengan 1 siswa memperoleh nilai 100 dan 4 siswa lainnya memperoleh nilai 87,5. Jumlah siswa yang memperoleh nilai kategori mampu (B) adalah 9 siswa dengan nilai 75. Jumlah siswa yang memperoleh nilai kategori cukup mampu (C) adalah 2 siswa dengan nilai 62,5. Kemudian jumlah siswa yang memperoleh nilai kategori kurang mampu (D) adalah sebanyak 9 siswa dengan 5 siswa mendapat nilai 50, 3 siswa mendapat nilai 37,5, dan 1 orang mendapat nilai 25. Adapun total nilai keseluruhan siswa 1637, perolehan nilai rata-rata kemampuan menulis teks fabel siswa dengan kaidah kebahasaan dan penggunaan kalimat langsung pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masbagik adalah 65,48.References
Arifin, E. Zaenal, S. Amran Tasai. 2009. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi (Edisi Revisi). Jakarta: Akademika Pressindo.
Arikunto, Suharsimi, Cepi Syafrudin A.J. 2009. Evaluasi Program Pendidikan (Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Burhanuddin dan Mohammad Arsyad Arrafii. 2022. Unfolding the typology and quality of the learner agency practices in the teachers’ implementation of the 2013 curriculum in Indonesia: the normalisation process theory Perspective. Asia-pacific Education Review.
Burhanuddin dkk. 2022. Typology of Teaching Materials with Kebhinekatunggalikaan Dimensions in Sumbawa. 3rd Annual Conference of Education and Social Sciences (Access 2021), 338-350.
Dalman. 2018. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.
Febriansyah, H., Burhanuddin, Johan Mahyudi. 2023. Kemampuan Memproduksi Teks Cerpen Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Wilayah Gugus 1 Kecamatan Brang Rea. Jurnal Ilmiah Mandala Education 9(1).
Haryanto. 2020. Evaluasi Pembelajaran (Konsep Dan Manajemen. Yogyakarta: UNY Press.
Intiana, Siti Rohana Hariana. 2018. “Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia.†Mataram: FKIP Universitas Mataram.
Kemendikbud. 2017. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII (Edisi Revisi). Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Mahsun. 2020. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode Dan Tekniknya (Edisi Ketiga). Depok: Rajawali Pers.
Mahsun. 2020. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks (Edisi Kedua). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nurfidah, Mahsun, dan Burhanuddin. 2020. Pemahaman Guru Bahasa Indonesia SMA, SMK Dan MA Di Kota Mataram Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3).
Rahmadi, Duwi. 2017. Pedoman Umum EBI (Ejaan Bahasa Indonesia). Solo: Genta Smart Publlisher.
Saragih, Amrin.2014. “Pembelajaran Bahasa Berbasis Teks Dalam Kurikulum 2013.†Jurnal pendidikan. Vol.9 No.1
Septianingsih, Yesi. 2020. “Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Fabel Kelas VII SMP Negeri Pembangunan Padang.†Jurnal Pendidikan Rokania. Vol V. No.2 hal 219.
Sudiasa, I Wyn. 2015. “Kemampuan Menulis Cerita Fabel dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMPN 6 Singaraja: Sebuah Kajian Struktur Gramatikal†dalam e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha (Volume 3 No. 1).
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syambirawansah, D., Mahsun, dan Burhanuddin. 2022. Analisis Pemahaman Siswa terhadap Kepenulisan Teks Eksposisi di SMP Negeri 3 Poto Tano: Metode Campuran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yanti, Esti. 2020. “Analisis Hasil Menulis Cerita Fabel Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Pesantren Guppi Samata (Skripsi).†Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Yulianti, W, Mahsun, dan Burhanuddin.(2022). Kemampuan Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Ditinjau dari Aspek Struktur dan Kebahasaan Siswa Sekolah Menengah di Kecamatan Sekongkang. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Yulianti, W, Mahsun, dan Burhanuddin.(2022). Kemampuan Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Ditinjau dari Aspek Struktur dan Kebahasaan Siswa Sekolah Menengah di Kecamatan Sekongkang. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Yulianti, W., Mahsun, dan Burhanuddin. 2022. Kemampuan Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Ditinjau Dari Aspek Struktur dan Kebahasaan Siswa Sekolah Menengah Di Kecamatan Sekongkang. Jurnal Ilmiah Mandala Education 8(3).
Arikunto, Suharsimi, Cepi Syafrudin A.J. 2009. Evaluasi Program Pendidikan (Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Burhanuddin dan Mohammad Arsyad Arrafii. 2022. Unfolding the typology and quality of the learner agency practices in the teachers’ implementation of the 2013 curriculum in Indonesia: the normalisation process theory Perspective. Asia-pacific Education Review.
Burhanuddin dkk. 2022. Typology of Teaching Materials with Kebhinekatunggalikaan Dimensions in Sumbawa. 3rd Annual Conference of Education and Social Sciences (Access 2021), 338-350.
Dalman. 2018. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.
Febriansyah, H., Burhanuddin, Johan Mahyudi. 2023. Kemampuan Memproduksi Teks Cerpen Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Wilayah Gugus 1 Kecamatan Brang Rea. Jurnal Ilmiah Mandala Education 9(1).
Haryanto. 2020. Evaluasi Pembelajaran (Konsep Dan Manajemen. Yogyakarta: UNY Press.
Intiana, Siti Rohana Hariana. 2018. “Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia.†Mataram: FKIP Universitas Mataram.
Kemendikbud. 2017. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII (Edisi Revisi). Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Mahsun. 2020. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode Dan Tekniknya (Edisi Ketiga). Depok: Rajawali Pers.
Mahsun. 2020. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks (Edisi Kedua). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nurfidah, Mahsun, dan Burhanuddin. 2020. Pemahaman Guru Bahasa Indonesia SMA, SMK Dan MA Di Kota Mataram Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3).
Rahmadi, Duwi. 2017. Pedoman Umum EBI (Ejaan Bahasa Indonesia). Solo: Genta Smart Publlisher.
Saragih, Amrin.2014. “Pembelajaran Bahasa Berbasis Teks Dalam Kurikulum 2013.†Jurnal pendidikan. Vol.9 No.1
Septianingsih, Yesi. 2020. “Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Fabel Kelas VII SMP Negeri Pembangunan Padang.†Jurnal Pendidikan Rokania. Vol V. No.2 hal 219.
Sudiasa, I Wyn. 2015. “Kemampuan Menulis Cerita Fabel dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMPN 6 Singaraja: Sebuah Kajian Struktur Gramatikal†dalam e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha (Volume 3 No. 1).
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syambirawansah, D., Mahsun, dan Burhanuddin. 2022. Analisis Pemahaman Siswa terhadap Kepenulisan Teks Eksposisi di SMP Negeri 3 Poto Tano: Metode Campuran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yanti, Esti. 2020. “Analisis Hasil Menulis Cerita Fabel Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Pesantren Guppi Samata (Skripsi).†Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Yulianti, W, Mahsun, dan Burhanuddin.(2022). Kemampuan Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Ditinjau dari Aspek Struktur dan Kebahasaan Siswa Sekolah Menengah di Kecamatan Sekongkang. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Yulianti, W, Mahsun, dan Burhanuddin.(2022). Kemampuan Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Ditinjau dari Aspek Struktur dan Kebahasaan Siswa Sekolah Menengah di Kecamatan Sekongkang. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Yulianti, W., Mahsun, dan Burhanuddin. 2022. Kemampuan Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Ditinjau Dari Aspek Struktur dan Kebahasaan Siswa Sekolah Menengah Di Kecamatan Sekongkang. Jurnal Ilmiah Mandala Education 8(3).
Author Biographies
fitriah fitriah, Universitas Mataram
Khairul Paridi, Universitas Mataram
Siti Rohana Hariana, Universitas Mataram
License
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).