Pengaruh Penggunaan Aplikasi Padlet Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa-siswi Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan

Authors

  • Tresia Purba Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Elza Leyli Lisnora Saragih Universitas HKBP Nommensen
  • Rolan Manurung Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v6i2.5424

Keywords:

Aplikasi Padlet, Teks Eksplanasi, Kemampuan Menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Aplikasi Padlet Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa - Siswi Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan TP 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian One grup pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 21 orang dan yang menjadi sampel  dalam penelitian ini adalah  kelas VIII sebanyak 21 siswa yang ditentukan dengan teknik total sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk pretest dan posttest penggunaan Aplikasi Padlet, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 41,3 dengan simpangan baku 11,92 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 81,14 dengan simpangan baku 14,34. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, diperoleh thitung > ttabel (9.5 > 2.021), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha  diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Aplikasi Padlet Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa - Siswi Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan TP 2024/2025.

References

Azis, A. (2017). Menulis (Bahan Acuan Untuk Kuliah Menulis III). Makassar: FBS UNM.

Azzahra, S. F., Dewi, M. C., & Lestari, S. (2022). Pengaruh Aplikasi Padlet untuk Keterampilan Menulis terhadap Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar , Volume 3, 59-67.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Deni, M. (2020). Menjadi Penulis mulai Dari Sekarang. Semarang: PT. Sindar Press.

Depdiknas. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka.

Elza L.L. Saragih, S.S.,M.H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair And Share Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Oleh Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Pagaran Tahun Pembelajaran 2017/2018. Repository.Uhn.Ac.Id, 1.

Effendi, O. U. (2018). Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Erizal, A. G. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 23–31.

Ghozali, I. (2014). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP

Juliandi, A. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Medan : UMSU Pers.

Kemendikbud. (2014). Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, S. (2017). Impelementing Padlet Application To Improve Writing Ability In English Writing Skill For Non English Department Students. LET: Linguistics, Literature and English Teaching Journal, , 7(1), 58-64.

Mahsun. (2016). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulim 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Napitupulu, S. (2018). Pemahaman Genre Dalam Keterampilan Menulis Mahasiswa Bahasa Inggris FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan. Artikel Journal VISI, 18 93) 314-328 ISSN 0853-0203.

Noviani, S. U. (2015). Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi Secara Tertulis Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 19 Tegal. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nurdiyanti, E. & Suryanto, E. . (2019). Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogia, 13(2), 115–128.

Nurjamal, Daeng, Sumirat, W., & Darwis, R. (2021). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Priyatni, E. T. (2016). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Poerwandari, E. K. (2018). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian. Jakarta : Lembaga Pengembangan dan Pengukuran Psikologi, Fak. Psikologi UI.

Rohman, A., Rasna, I. W., & Darmayanti., I. A. (2019). Penerapan Media Video Breaking News Di Televisi Guna Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Mutiara Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2), 2614–474.

Rohmatika, A. (2020). Studi Penggunaan Aplikasi Padlet Pada Kelas Menulis. Jurnal Komunikasi & Bahasa, Volume 1, No.2, Desember 2020,. 149-164.

Sabarti, A., Arsjad, M. g., & Ridwan, S. H. (2019). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Salfera, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan

Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas VII. Jurnal Educatio., 3 (2), 32 – 43..

Santoso, R. B. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran digital padlet sebagai solusi pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan , Vol 1, No 5 Mei 2022, 478-485.

Sanuhung, F., Salsabila, U. h., Wahab, J. A., & Amalia, M. (2022). Pengunaan Aplikasi Padlet Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Teknologi Pendidikan (Studi Kasus Universitas Ahmad Dahlan). Jurnal Pendidikan Glasser, Volume : 6, Nomor : 1, 20-28.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D . Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, A. (2020). Evaluasi Program Budaya Membaca di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan,, 4(1), 48–58.

Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Sudjana. 2016. Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Sudjana. 1992. Metode Statistika. Bandung:Tarsito

Tarigan, H. G. (2015). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Tunggal, A. W. (2015). Teori dan Praktek Auditing. Jakarta: Harvarindo.

Wahyuni, S. (2019). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Jurnal Universitas Islam Malang, 16(2). 1-15.

Yamin, H. M. & Anshari, B. I. . (2018). Teknik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yulianti. (2019). Efektifitas Strategi QuIp (Quensitions Into Paragraph) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Imogiri DIY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Zainurrahman. (2018). Menulis: dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta. acerid.com/pendidikan/cara-membuat-padlet-di-laptop-untuk-pembelajaran, diakses 30 November 2023.

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Purba, T., Lisnora Saragih, E. L., & Manurung, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Padlet Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa-siswi Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 6(2), 440–447. https://doi.org/10.29303/kopula.v6i2.5424

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.