Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Pada Siswa-Siswi Kelas IX SMP Negeri 2 Pangaribuan

Authors

Wita Friska , Harlen Simanjuntak , Martua Reynhat Sitanggang Gusar

Published:

2024-10-20

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Oktober

Keywords:

Problem Based Learning, Teks Diskusi, Kemampuan Menulis

Articles

Downloads

How to Cite

Friska, W., Simanjuntak, H., & Sitanggang Gusar, M. R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Pada Siswa-Siswi Kelas IX SMP Negeri 2 Pangaribuan. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 6(2), 372–383. Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/kopula/article/view/5389

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Pada Siswa-Siswi Kelas IX SMP Negeri 2 Pangaribuan Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian two grup pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 150 siswa-siswi yang didistribusikan menjadi 6 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster sampling dan yang menjadi sampel  dalam penelitian ini adalah  kelas IX-2 sebanyak 30 siswa dan IX-5 sebanyak 30 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 48,8 dengan simpangan baku 11,28 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 81,2 dengan simpangan baku 15,68. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, diperoleh thitung > ttabel (3,71 > 2,041), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha  diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen.

References

Almeida, Christine Sant’Anna de, Laura Stella Miccoli, Nisa Fitri Andhini, Solange Aranha, Luciana C. de Oliveira, Citar Este Artigo, Aprovado Autor Recebido Em, et al. 2016. “Kemampuan Menulis Teks Prosedur Oleh Siswa-Siswi Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Menggunakan Metode Reading Guide.” Revista Brasileira de Linguística Aplicada

Annisa, Dwi. 2022. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4 (1980): 1349–58.

Aristiani, Ani. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Menyusun Teks Diskusi Bermuatan Nilai-Nilai Cinta Damai Dan Antikekerasan Dengan Pendekatan Saintifik Bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP.” Skripsi.

“Diktad Perencanaan Pembelajaran Dr. Harlen Simanjuntak M,Pd.” 2022.

Diskusi, Teks. n.d. “Kemampuan Siswa Kelas... (Maslun Muna, Saifuddin Mahmud, & Muhammad Idham) 167,” 167–77.

Fadilah, Anisa Nur, Adisel Adisel, Fatrimia Santri Syafri, and Suryati Suryati. 2021. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD.” Journal of Elementary School (JOES) 4 (2): 152–59. https://doi.org/10.31539/joes.v4i2.2807.

Febrianti, Nova A Y U. 2017. “ENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS DISKUSI DENGAN MEDIA TEKA TEKI SILANG PADA SISWA KELAS VIII-A SMP SHALAHUDDIN.”

Harahap, Nurjannah, Eva Yanti Siregar, and Sinar Depi Harahap. 2020. “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematis Siswa.” Jurnal MathEdu 3 (1): 69–78. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1157.

Hasanah, Uswatun, Sarjono Sarjono, and Ahmad Hariyadi. 2021. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7 (1): 43. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.43-52.2021.

Huda, Miftahul. 2014. “Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran.” Eureka Media Aksara, 1–23.

Marini, Sera, Abdurahman, and Emidar. 2017. “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Diorama Terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas VIII MTs Negeri Muara Bungo.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 2 (September): 180–90.

Mirdad, Jamal, and M I Pd. 2020. “Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran )” 2 (1): 14–23.

Padang, fiki rona. 2020. “Pengaruih Media Tayangan TV Lawyers Club Terhadap Kemampuan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP Nasrani 5 Medan TP 2020/2021.”

Pengampu, Dosen, Kundharu Saddhono, and M Hum. n.d. “Paper Keterampilan Menulis Resensi.”

Sekolah, Kelas, Dasar Santo, and Thomas Medan. 2022. “Strategi Mengajar Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Kelas 5 Sekolah Dasar Santo Thomas Dr.Harlen Simanjuntak M.Pd”

Simanjuntak, buku yang meyenangkan harlen.n.d.pembelajaran yang menyenangkan Harlen Simanjuntak 2024.

Syamsidah, and Hamidah Suryani. 2018. “Buku Model Peoblem Based Learning (PBL).” Buku, 1–92.

Theodoridis, Theodoros, and Juergen Kraemer. n.d. “Lissa Lucia Br. Lubis ‘Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Brandan Barat Pada Tahun Pembelajaran 2019/2020’.”

Wati, Santi Herlina, and Anang Sudigdo. 2019. “Keterampilan Menulis Karangan Narasi Sejarah Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Proseding Seminar Nasional PGSD 1 (1): 274–82. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4760.

Yusuf, Suhirman, I. Wayan Suastra, and Moses Kopong Tokan. 2019. “MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN PEMEFOLEHAN BAHASA KEDUA/ASING Hanna.” International Journal of Innovation, Creativity and Change 5 (3): 1–26.

Zainal, Nur Fitriani. 2022. “Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Basicedu 6 (3): 3584–93. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2650.

Author Biographies

Wita Friska, Universitas HKBP Nommensen Medan

Harlen Simanjuntak, Universitas HKBP Nommensen

Martua Reynhat Sitanggang Gusar, Universitas HKBP Nommensen

License

Copyright (c) 2024 wita friska wita, Harlen Simanjuntak, Martua Reynhat Sitanggang Gusar

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.