Main Article Content

Mardiarti Diniarti
Khairul Paridi
Burhanuddin Burhanuddin

Abstract

Toponimi memiliki peran penting sebagai alat penanda suatu identitas masyarakat tertentu karena terkait dengan kejadian, cerita, atau tokoh. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bentuk dan makna toponimi nama dusun Sasak di Desa Batu Mekar Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan prinsip dalam penelitian kualitatif. Pesan-pesan yang ingin disampaikan melalui maknanya berupa nilai-nilai yang mengatur hubungan antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam sekitar, dan hubungan manusia dengan tuhan yang di dalamnya berpegang kuat pada ajaran agama agar tericipta kerukunan dan kedamaian.

Article Details

References
Alwi, Hasan. 2014. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta Timur: PT Balai Pustaka
Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: PT RINEKA Cipta.
Fitri, Rahma. 2025. Kitab Super Lengkap EYD & Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Serambi Semesta Distribusi.
Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Musaddat, Syaiful. 2018. Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (BSI). Lombok: Arga Puji.
Marahayu, Nila Mega. 2019. “Optimalisasi Toponimi Kecamatan di Kabupaten Banyumas Guna Penguatan Identitas Budaya Masyarakat Banyumas.” Universitas Jenderal Soedirman.
Nungrahani, Ari. 2019. “Toponimi Kewilayahan di Kabubaten Tulungagung. Kajian Etnosemantik dan Budaya.” IKIP Budi Utomo Malang
Rais, Jacub dkk. 2008. Toponimi Indonesia. Jakarta: PT Pradnya Paramita.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Darma University Press.
Susilawati, Aning. 2020. “Toponimi Nama-Nama Desa di Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Kajian Antropolinguistik.” STKIP PGRI. Pacitan
Sihombing, Veronica Santy. 2018. “Toponimi Desa-Desa di Kamupaten Dairi. Kajian Atropolinguistik.” Universitas Sumatera Utara, Medan.
Segara Nuansa Bayu. 2017. “Kajian Nilai Pada Toponimi di Wilanyah Cirebon Sebagai Potensi Sumber Belajar Geografi”. Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon.
Saharudin. 2020. “Leksikon Etnomedisi dalam Pengobatan Tradisonal Sasak. Kajian Antropolinguistik.” Universitas Mataram.
Syahputra, Ardian. 2020. “ Toponimi Bahasa Sumbawa di Kecamatan Empang:Kajian Etnolinguistik.
Pertiwi L. Pandu. 2020. “Toponimi Nama-Nama Desa di Kabupaten ponogoro. Kajian Antropolinguistik”. Universitas Diponegoro.