Main Article Content

Elya Kartika Rinjani
Siti Rohana Hariana
Burhan Burhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis siswa, khususnya dalam memproduksi teks fantasi yaitu (1) Mendeskripsikan kemampuan memproduksi teks fantasi berdasarkan struktur (2) mendeskripsikan kemampuan memproduksi teks fantasi berdasarkan kaidah kebahasaan siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sakra. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif yaitu mendeskripsikan kemampuan memproduksi teks fantasi siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sakra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sakra memperoleh nilai rata-rata 62,7 berdasarkan struktur dan berdasarkan kaidah kebahasaan siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sakra memperoleh nilai rata-rata 62,5. Kemudian, hasil memproduksi teks fantasi berdasarkan keseluruhan jumlah siswa yang memperoleh nilai dengan kategori sangat mampu (A) yaitu 4 siswa dengan 1 siswa memperoleh nilai 100 dan 3 siswa  memperoleh nilai 87,5. Jumlah siswa yang memperoleh kategori mampu (B) yaitu 5 siswa dengan nilai perolehan 75. Jumlah siswa yang memperoleh kategori cukup mampu (C) yaitu 3 siswa dengan nilai perolehan 62,5. Jumlah siswa yang memperoleh dengan kategori kurang mampu (D) yaitu 2 siswa dengan nilai perolehan 50. Dan jumlah siswa yang memperoleh kategori kurang sekali (E) yaitu 7 siswa dengan 3 siswa memperoleh nilai 37,5 dan 4 siswa memperoleh nilai 25. Adapun nilai total keseluruhan siswa berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sakra adalah 1.237,5 dengan nilai rata-rata 58,9.

Article Details

References
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Atmanegara. 2021. Analisis Kemampuan Mengonstruksi Teks Prosedur Siswa Kelas VII MTS Negeri Lombok Timur. Mataram:Fkip Unram.
Azizin, Nisa. 2020. ”Pengembangan model bermain fantasi dalam pembelajaran menulis Fiksi Ilmiah siswa kelas XI SMA / Al Kayyizu Azizin Nisa’. Malang: Universitas Negeri Malang.
Dalman. 2014. Keterampilan membaca.Jakarta: PT Grafindo Persada.
Intiana, S.R.H.. 2018. “Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia”. Mataram: FKIP Unram
Khoirunnisa, Elis dkk. 2020. Super Complete SMP/MTs 7,8,9. Depok: Sahabat Pelajar Cerdas.
Kurniaman, dkk. 2012. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau. Jurnal Pendidikan, Volume 2 Nomor 1: 43-47.
Mahsun. 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Edisi Kedua. Depok: Rajawali Pers.
Marie,dkk. 2020. Teks Cerita Fantasi. Medan: Guepedia.
Naningsih. 2019. “Kemampuan Memproduksi Teks Cerita Fantasi Kelas VII B 14 Mataram”. Mataram: FKIP Unram.
Nurrahmah, dkk. 2021. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Penguasaan Kosa Kata Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi”. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 4-2.
Somadayo, S. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rosidi. 2018. “Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stand) Siswa Kelas VII A MTs Nurul Jannah NW Ampenan”. Mataram: FKIP Unram.
Sukri, dkk. 2022. Penyuluhan Kemampuan Piranti Kebahasaan Guru SMP/Mts dalam Pembelajaran Berbasis Teks. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat,5 (1).