Kemampuan Siswa Kelas VII MTsN 2 Kota Bima dalam Memproduksi Teks Prosedur

Authors

  • Nur Hayatunnufus Universitas Mataram
  • Mahsun Univerisitas Mataram
  • Johan Mahyudi Univerisitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v5i2.3397

Keywords:

kemampuan, siswa, memproduksi teks prosedur.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kemampuan siswa kelas VII MTsN 2 Kota Bima dalam memproduksi teks prosedur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 yang sudah terpilih dari 8 kelas yang ada di MTsN 2 Kota Bima. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui beberapa tahap yaitu dengan membuat daftar skor mentah, membuat distribusi frekuensi dari skor mentah, membuat nilai kemampuan siswa, membuat klasifikasi kemampuan siswa berdasarkan predikat, dan membuat klasifikasi kemampuan siswa dengan kategori mampu dan tidak mampu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keseluruhan sampel memperoleh kategori mampu dengan nilai di atas 70 sejumlah 84,84%. Hasil penilaian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori sangat mampu dengan rentang nilai 90-100 diperoleh 14 orang (42,42%) dengan predikat A, siswa dengan kategori mampu dengan rentang nilai 80-89 diperoleh 14 orang (42,42%) dengan predikat B, dan siswa dengan kategori kurang mampu dengan rentang nilai kurang dari 70 diperoleh 5 orang (15,15%) dengan predikat D. Kata kunci: kemampuan, siswa, memproduksi teks prosedur.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Hayatunnufus, N. ., Mahsun, & Mahyudi, J. (2023). Kemampuan Siswa Kelas VII MTsN 2 Kota Bima dalam Memproduksi Teks Prosedur. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 5(2), 1–18. https://doi.org/10.29303/kopula.v5i2.3397

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.