Main Article Content

Idayani Safitri
Mahsun Mahsun
Rahmat Hidayat

Abstract

Masalah yang diuji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk kesalahan penggunaan kalimat dalam teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Narmada. Penelitian ini bertujuan untukĀ  mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan kalimat dalam teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Narmada. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak yang dilanjutkan dengan teknik sadap dan teknik catat. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode padan intralingual. Penyajian data menggunakan metode informal. Hasil penelitian ini menemukan 52 kasus kesalahan kalimat pada teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Narmada yang meliputi: (1) 7 kalimat mengandung hipernim, 12 kalimat mengandung kesalahan konjungsi dengan rincian 5 kalimat menggunakan konjungsi koordinatif di awal kalimat, 6 kalimat menggunakan dua konjungsi subordinatif sekaligus, serta 1 kalimat menggunakan dua konjungsi antar kalimat, 7 kalimat menggunakan kata tidak baku, 3 kalimat menggunakan bentuk kata tidak tepat, 14 kalimat mengandung kemubaziran preposisi dan kata dengan rincian 2 kalimat mengandung kemubaziran preposisi serta 12 kalimat mengandung kemubaziran kata, 2 kalimat mengandung bahasa asing, 3 kalimat mengandung pleonasme, 2 kalimat dengan pengulangan subjek, 1 kalimat mengandung kesalahan dalam pemerincian, dan 1 kalimat memiliki subjek ganda.

Article Details

References
Alfian dan Fatonah, Khusnul. 2020. Analisis Kesalahan Penggunaan Kalimat Baku dan Kalimat Efektif dalam Karangan Argumentasi Siswa SMA Kelas XII PPLS di BKB Nurul Fikri Krangan, Bekasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Intiana, Siti Rohana Hariana. 2018. Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia. Mataram: FKIP Universitas Mataram
Iriany, R dan Tentriana Nuzul. 2021. Analisis Kesalahan Penyusunan Kalimat Efektif dalam Karangan Deskriptif pada Siswa Kelas XI SMA Jaya Negara Makasar. Edusampul: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa. Mataram: Rajawali Pers
Mahsun. 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks (Edisi Kedua). Jakarta: Rajawali Pers
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers
Marda, M. 2017. Analisis Kesalahan Penggunaan Kalimat Efektif dalam Makalah MahasiswaProgram Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Makasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Moelino, Anton M., dkk (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Pariwara, Intan. 2016. Bahasa Indonesia. Klaten: PT Intan Pariwara
Putrayasa, Ida Bagus. 2009. Jenis Kalimat dalam Bahasa Indonesia. Singaraja: PT Refika Aditama
Putrayasa, Ida Bagus. 2014. Kalimat Efektif (Diksi, Struktur, dan Logika) Edisi Revisi. Singaraja: PT Refika Aditama
Putrayasa, Ida Bagus. 2017. Sintaksis Memahami Kalimat Tunggal. Singaraja: PT Refika Aditama
Sari, Fitria Karmila. 2021. Analisis Kesalahan Kalimat Efektif pada Cerita Rakyat Siswa Kelas X Serta Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMKN 1 Mojoanyar. Universitas Islah Majapahit. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Sobandi. 2019. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suherli, dkk. 2016. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemdikbud
Utami, P. 2018. Analisis Kesalahan Keefektifan Kalimat pada Teks Biografi Karangan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 158 Jakarta. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Verhaar. 1996. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Wahyu, Riswan. 2019. Analisis Kesalahan Kalimat Efektif pada karya Tulis Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala. Universitas Tadulako. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Windiyani, Tustiyana. 2018. Analisis Kesalahan Kalimat dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Semeru 1 Bogor. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.