Peran Pendidikan Moral Novel Dilan Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 Karya Pidi Baiq dalam Pembentukan Karakter Remaja

Authors

  • Dewi Astuti UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA
  • Keysha Elia Putri Febryanti UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA
  • Esti Ambarwati UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA
  • Titik Sudiatmi UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v7i1.6272

Keywords:

pendidikan moral, pembentukan karakter, media pendidikan

Abstract

Pendidikan moral dan pembentukan karakter merupakan dua hal fundamental yang perlu ditanamkan sejak dini dalam kehidupan seseorang. Pendidikan moral tidak hanya terbatas pada pembelajaran di ruang kelas, melainkan juga dapat diperoleh dari berbagai media, termasuk sastra. Oleh karena itu, artikel ini berupaya mengkaji bagaimana novel Dilan Dia Adalah Dilanku tahun 1990 berperan dalam menyampaikan nilai-nilai moral yang dapat membantu membentuk karakter positif pada pembacanya. Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan wawasan bagi pembaca tentang peran penting sastra sebagai media pendidikan moral yang efektif. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi untuk menggali makna dan peran pendidikan moral dalam novel Dilan Dia Adalah Dilanku tahun 1990 karya Pidi Baiq. Beberapa nilai moral utama yang dianalisis dalam novel ini meliputi cinta dan persahabatan, rasa hormat dan tanggung jawab, serta keberanian untuk menjadi diri sendiri. Novel Dilan Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 merupakan karya yang mengisahkan perjalanan cinta dan persahabatan melalui kisah sederhana yang sangat relevan bagi kehidupan remaja. Melalui cerita ini, pembaca diajak memahami berbagai nilai moral, seperti kehangatan dalam persahabatan, sikap hormat terhadap orang tua dan teman, tanggung jawab dalam menjalin hubungan, serta keberanian untuk menjadi diri sendiri. Dengan memetik pelajaran dari cerita ini, remaja dapat memperkaya pengalaman moral mereka dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih beretika, bertanggung jawab, serta siap menghadapi dinamika dalam pergaulan

References

Amalia, S., Jumadi, & Dewi, D. W. C. (2023). Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 1(4), 1–14. https://ejournal.warunayama.org/index.php/argopuro/article/view/1107

Charis Christiani, & R Permadi Mulajaya. (2024). Remaja, Masalah dan Penanggulangannya. Jurnal Suara Pengabdian 45, 3(1), 08–16. https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v3i1.1414

Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Journal Education and Development, 10(2), 315–318.

Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu, 14(2), 226–239. https://doi.org/10.21093/di.v14i2.15

Putri, T. J., Maryam, Y., & Firmansyah, D. (2018a). Analisis nilai moralitas pada tokoh utama dilan dalam novel Dilan (Dia Adalah Dilanku tahun 1990) karya Pidi Baiq. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(6), 929–936.

Putri, T. J., Maryam, Y., & Firmansyah, D. (2018b). Analisis nilai moralitas pada tokoh utama dilan dalam novel Dilan (Dia Adalah Dilanku tahun 1990) karya Pidi Baiq. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(6), 929–936.

Widayati, M., Sudiatmi, T., & Oktaviani, I. (n.d.). PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL DAUN YANG JATUH TAK PERNAH MEMBENCI ANGIN KARYA TERE LIYE KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA.

Wulandari, R. A. (2015). Sastra dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(2), 63–73.

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Dewi Astuti, Keysha Elia Putri Febryanti, Esti Ambarwati, & Titik Sudiatmi. (2025). Peran Pendidikan Moral Novel Dilan Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 Karya Pidi Baiq dalam Pembentukan Karakter Remaja. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 7(1), 172–179. https://doi.org/10.29303/kopula.v7i1.6272

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.