Main Article Content

Siti Umrah
Burhanuddin Burhanuddin
Khairul Paridi

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakan bentuk dan makna Bahasa Manggarai Dialek Biring Pada Masyarakat Kenari Desa Warloka Nus Tenggara Timur. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan bentuk dan makna kata berhomonim Bahasa Manggarai Dialek Biring Pada Masyarakat Kenari Desa Warloka Nusa Tenggara Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode teknik simak bebas libat cakap, teknik catat dan teknik rekam. Teori yang digunakan teori semantik. Berdasarkan hasil penelitian di temukan 13 kata Bahasa Manggarai dialek Biring dalam komunikasi sehari-hari diantaranya: runing/bunyi dan runimg/suruh, Leso/matahari dan leso/hari, rona/suami dan rona/laki-laki, cau/suka dan cau/pegang, tawa/tertawa dan tawa,turun, mendo/hamil dan mendo,berat, cai/siapa dan cai/sampai, lege/menuangkan dan lege/geser, asi/berhenti dan asi/jangan, hang/nasi dan hang/makan, manuk/ayam dan manuk/ingat, duang/tambah dan duang/punggung, dan titi/angkat dan titi/berangkat.

Article Details

References
Amin. M. 2021. “Analisis Variasi Pemakaian Bahasa Manggarai Pada Masyarakat Desa Golo Ndaring Kecamatan Sano Nggoang” Program S1. Mataram. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Aminuddin. 2003. Semantik Pengantar Studi Tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Aminudin. 1988. Semantik: Pengantar Studi tentang Makna. Bandung: Sinar Baru.
Chaer. Abdul. 1995. Pengantar Semantik Indonesia. Jakarta. Rineka Cipta.
Chaer. Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Djajasudarma, F.T.1993. Metode Linguistik, Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung : PT Eresco.
Intan. Veronika. 2021. “Homonim Bahasa Manggarai Dialek Lembor pada Masyarakat Poco Ruteng Kecamatan Lembor Kabupaten Manggarai Barat”. Program S1. Flores. Universitas Flores Ende.
Junaidin . 2015. “Relasi Makna Homonim Dalam Bahasa Bima di Kecamatan Sape Bima. Program S1. Mataram. Universitas Mataram.
Laksono. 2010. Homonim dalam Bahasa Indonesia. Universitas Negeri Semarang.
Luther . Marthen. 2021. “Homonim Bahasa Sabu Dialek Raijua Pada Masyarakat Namo Kelurahan Ladeunu Kecamatan Raijua Kabupaten Sabu Raijua”. Program S1. Flores: Universitas Flores Ende.
Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa (Tahapan strategi, metode dan tekniknya). Jakarta : PT Raja Grafindo persada.
Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya- Ed. Kedua,- cet. 9.- Depot : Rajawali Pers, 2017.
Nurrahman. Yeni. 2019. “Homonim Bahasa Mbojo Dialek Donggo di Desa O’o Kecamatan Dompu”. Program S1. Mataram. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
https://profilbaru.com/Bahasa_Manggarai