Main Article Content

ayunang sari
Khairul Paridi
Nyoman Sudika

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berkaitan dengan bentuk, fungsi, dan makna lelakaq. Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, fungsi, dan makna lelakaq dalam buku Satak Seket Lelakaq Sasak. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk menyajikan hasil analisis data yaitu menggunakan metode penyajian informal. Hasil penelitian terhadap bentuk lelakaq berdasarkan suku kata ditemukan 8-12 suku kata. Sedangkan, bentuk lelakaq berdasarkan persajakan/ pengulangan bunyi aliterasi ditemukan pengulangan konsonan q, n, p, t, l, k, s, dan r. Sedangkan, pengulangan bunyi asonansi ditemukan pengulangan semua huruf vokal yaitu a, i, u, e, dan o. Fungsi lelakaq yang ditemukan dalam penelitian ini adalah fungsi lelakaq sebagai nasihat agama kepada masyarakat, sebagai nasihat pentingnya belajar kepada anak-anak, sebagai pedoman musyawarah dalam masyarakat, sebagai sindiran, untuk memperkuat perasaan solidaritas dalam masyarakat, sebagai pengenalan budaya kepada masyarakat, dan sebagai hiburan. Makna lelakaq yang ditemukan dalam penelitian ini adalah makna yang berhubungan dengan nasihat agama kepada masyarakat, nasihat tentang pentingnya belajar kepada anak-anak, sosial budaya, dan kisah cinta muda-mudi.

Article Details

References
Abdullah. 2018. Berbagai Metodologi dalam Penelitian Pendidikan dan Manajemen. Samata-Gowa: Gunadarma Ilmu.
Aziz, Jamil Abdul.2017. Kemandirian Belajar dalam Al-Quran dan Psikologi. Tesis. Program Studi Interdisciplinary Islamic Studies. UIN Sunan Kalijaga.
Emzir dan Rohman. 2016. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Fakihuddin, Lalu, Herman Wijaya, Titin Ernawati, Ramlah H.A Gani. 2021. “Struktur dan Ragam Diksi dalam Lelakaq Sasak.” Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusasteraan Indonesia.Vol. 5, 1, februari2021. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=Struktur%20dan%20Raga m%20Diksi%20dalam%20Lelakaq%20Sasak
Handayani, Novia Sariska. 2018. Bentuk, Fungsi, dan Makna Lelakaq Festival Bau Nyale Pada Mayarakat Sasak Di Desa Jerowaru dan Kaitannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mataram.
Kusumastuti, Adhi dan Ahmad Mustamil Khoiron. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Presindo (LPSP).
Mahliatussikah, Hanik. 2015. Pembelajaran Puisi; Teori dan Penerapannya dalam Kajian Puisi Arab. Malang: Universitas Negeri Malang.
Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.
Mujaddid, M. Sakfi. 2017. Analisis Struktur Kepribadian Tokoh Jamila dalam Naskah Drama Pelacur dan Sang Presiden Karya Ratna Sarumpaet: Perspektif Sigmund Freud. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mataram.
Najamuddin, N. 2018. “Fungsi Lelakaq Pada Masyarakat Sasak. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 17 (1), 51-64. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v17i1.477
Pudentia. 2015. Metodologi Kajian Sastra Lisan. Jakarta:Yayasan Obor Indonesia.
Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra; Perkenalan Awal terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sapiin. 2012. Tradisi Bayakat dalam Masyarakat Sasak. Mataram: Arga Puji Press.
Satriadi, Lalu. 2012. Fungsi Lelakaq pada Masyarakat Sasak di Desa Jerowaru Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Skripsi. Mataram:Universitas Muhammadiyah Mataram.
Shubhi, Muhammad. 2018. Belelakaq: Tradisi Berpantun Etnis Sasak. Mataram: Kantor Bahasa Nusa Tenggara Barat.
Sulkifli dan Marwati. 2016. “Kemampuan Menulis Puisi Siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Langgikima Kabupaten Konawe Utara”. Jurnal Bastra. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UHO. No.1 Vol. 1 Hal 1-22. file:///C:Users/User/Downloads/1058-3337-1PB%20(2).pdf.
Tjahyadi, Indra, Hosnol Wafa dan Moh Zamroni. 2019. Kajian Budaya Lokal. Lamongan: PAGAN PRESS.
Yaqin, Lalu Nurul, Karomi, dan Mawardi. 2018. “Lelakaq Sasak Di Lombok”. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 3 (2), 2018. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/STI/article/view/512
Zaim, M. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: Sukabina Press.