Struktur dan Konjungsi Teks Editorial dalam Surat Kabar Lombok Post dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar di SMA Kelas XII
DOI:
10.29303/kopula.v4i2.2726Published:
2022-10-20Issue:
Vol. 4 No. 2 (2022): OktoberKeywords:
teks editorial, struktur, konjungsiArticles
Downloads
How to Cite
Ramdani, G. A., Sukri, sukri, & Burhan, B. (2022). Struktur dan Konjungsi Teks Editorial dalam Surat Kabar Lombok Post dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar di SMA Kelas XII. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 4(2), 42–54. https://doi.org/10.29303/kopula.v4i2.2726
Abstract
Masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu struktur dan konjungsi teks editorial tajuk rencana pada surat kabar Lombok Post Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Menurut Bogdan dan Taylor (dalam Basrowi dan Suwandi, 2008:1) berpendapat bahwa penelitian kualitatif adalah salah satu prosedur penelitian yang menganalisis data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati. Hasil penelitian, ditemukan adanya struktur dan penggunaan konjungsi pada teks editorial edisi desember 2021. Pada surat kabar edisi desember 2021 ditemukan bahwa terdapat struktur pengenalan isu, argumentasi, dan pernyataan ulang pendapat. Adapun penggunaan konjungsi pada surat kabar Lombok Post edisi desember 2021 terdapat penggunaan konjungsi intrakalimat sebanyak 101 hasil analisis pada 10 kolom opini surat kabar Lombok post, penggunaan konjungsi antar kalimat sebanyak 33 dari hasil analisis 10 tajuk rencana, dan penggunaan konjungsi antar paragraf sebanyak 33 dari hasil analisis analisis 10 tajuk rencana surat kabar Lombok post edisi desember 2021. Berdasarkan pada silabus bahasa Indonesia KD 3.6 menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial dan kompetensi dasar 4.6 merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan dan tulisan. Maka, teks editorial surat kabar Lombok post sesuai menjadi acuan dan diimplimentasikan menjadi bahan ajar pada Sekolah Menengah Atas kelas XIIReferences
Alviolita, N. W., & Wahyudi, A. B. (2019). Teks Editorial sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Siswa SMA Kelas XII. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Astuti, D. P. J. (2018). Analisis Teks Retorika Tajuk Rencana Pada Surat Kabar Kompas Edisi Januari 2017. Wacana: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 16(1), 70-86.
Bayu Rahmat, A. (2019). Analisis Tajuk Rencana Dalam Surat Kabar Kompas. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Dewi, F. S., & Wahyudi, A. B. (2018). Analisis Struktur dan Modalitas Teks Editorial pada Surat Kabar Kompas serta Implementasinya sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia SMA Kelas XII.
Haris, R. A. (2020). Analisis Kaidah Kebahasaan Teks Editorial Pada Tajuk Rencana di Surat Kabar Pikiran Rakyat Edisi Maret 2020 Sebagai Alternatif Bahan Ajara Bahasa Indonesia di Kelas XII SMA.
Kemendikbud. (2018). Buku Siswa Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Khansa, A. F. (2019). Teks Editorial Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas XII di SMAN 12 Bandung. Metatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 47-70.
Kosasih, & Kurniawan, E. (2019). 22 Jenis Teks dan Strategi Pembelajarannya di SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.
Melia, M. (2018). Analisis Penggunaan Konjungsi Bahasa Indonesia Pada Editorial Surat Kabar Tribun Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(2), 281-293.
Muchtar, K., Bahrudin, B., & Khoyin, M. (2020). Analisis Tajuk Rencana Mengenai Covid 19 pada Harian Umum Pikiran Rakyat.
Ningsih, T., Nuryanti, M., & Mutaqin, D. (2019). Analisis Kebahasaan Teks Editorial Pada Harian Pikiran Rakyat Edisi 2017 Sebagai Pengembangan Materi Ajar Teks Editorial Sma Kelas XII. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 4(1), 7-12.
Putri, M. A. (2020). Analisis Kesantunan Berbahasa pada Tajuk Rencana Harian Suara Merdeka dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII SMA.
Rahayu, P., & Wahyudi, A. B. (2018). Analisis Konjungsi Pada Tajuk Rencana Surat Kabar Solopos Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA.
Rahmawati, A. L. (2016). Analisis Kebahasaan dan Pengembangan Teks Tajuk Rencana SebagaiBahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.
Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Puskubuk, Balitbang, Kemdikbud.
Mahsun. 2020. Pembelajaran Bahsa Indonesia Berbasis Teks. Depok: Rajawali Pers.
Nurfidah, N., Mahsun, M., & Burhanuddin, B. (2020). Pemahaman Guru Bahasa Indonesia SMA, SMK Dan MA Di Kota Mataram Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3).
Monte, D., 2021. “Pengertian Teks Editorial Menurut Para Ahli & Tujuan Teks Editorialâ€, https://artikelsiana.com/pengertian-teks-editorial-menurut-para-ahli-tujuan-teks-editorial.
Astuti, D. P. J. (2018). Analisis Teks Retorika Tajuk Rencana Pada Surat Kabar Kompas Edisi Januari 2017. Wacana: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 16(1), 70-86.
Bayu Rahmat, A. (2019). Analisis Tajuk Rencana Dalam Surat Kabar Kompas. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Dewi, F. S., & Wahyudi, A. B. (2018). Analisis Struktur dan Modalitas Teks Editorial pada Surat Kabar Kompas serta Implementasinya sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia SMA Kelas XII.
Haris, R. A. (2020). Analisis Kaidah Kebahasaan Teks Editorial Pada Tajuk Rencana di Surat Kabar Pikiran Rakyat Edisi Maret 2020 Sebagai Alternatif Bahan Ajara Bahasa Indonesia di Kelas XII SMA.
Kemendikbud. (2018). Buku Siswa Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Khansa, A. F. (2019). Teks Editorial Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas XII di SMAN 12 Bandung. Metatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 47-70.
Kosasih, & Kurniawan, E. (2019). 22 Jenis Teks dan Strategi Pembelajarannya di SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.
Melia, M. (2018). Analisis Penggunaan Konjungsi Bahasa Indonesia Pada Editorial Surat Kabar Tribun Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(2), 281-293.
Muchtar, K., Bahrudin, B., & Khoyin, M. (2020). Analisis Tajuk Rencana Mengenai Covid 19 pada Harian Umum Pikiran Rakyat.
Ningsih, T., Nuryanti, M., & Mutaqin, D. (2019). Analisis Kebahasaan Teks Editorial Pada Harian Pikiran Rakyat Edisi 2017 Sebagai Pengembangan Materi Ajar Teks Editorial Sma Kelas XII. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 4(1), 7-12.
Putri, M. A. (2020). Analisis Kesantunan Berbahasa pada Tajuk Rencana Harian Suara Merdeka dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII SMA.
Rahayu, P., & Wahyudi, A. B. (2018). Analisis Konjungsi Pada Tajuk Rencana Surat Kabar Solopos Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA.
Rahmawati, A. L. (2016). Analisis Kebahasaan dan Pengembangan Teks Tajuk Rencana SebagaiBahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.
Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Puskubuk, Balitbang, Kemdikbud.
Mahsun. 2020. Pembelajaran Bahsa Indonesia Berbasis Teks. Depok: Rajawali Pers.
Nurfidah, N., Mahsun, M., & Burhanuddin, B. (2020). Pemahaman Guru Bahasa Indonesia SMA, SMK Dan MA Di Kota Mataram Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3).
Monte, D., 2021. “Pengertian Teks Editorial Menurut Para Ahli & Tujuan Teks Editorialâ€, https://artikelsiana.com/pengertian-teks-editorial-menurut-para-ahli-tujuan-teks-editorial.
Author Biographies
Ghiat Aditiya Ramdani, a:1:{s:5:"en_US";s:19:"UNIVERSITAS MATARAM";}
sukri Sukri, UNIVERSITAS MATARAM
Burhan Burhan, UNIVERSITAS MATARAM
License
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).