Main Article Content

Tiara Putri Suciana
Saharudin Saharudin
Sukri Sukri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsian bentuk-bentuk kosakata bahasa gaul dalam novel Dignitate karya Hana Margaretha, mengetahui fungsi dari bentuk-bentuk bahasa gaul di dalamnya, dan berupaya mengetahui relevansi bentuk-bentuk kosakata bahasa gaul dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bentuk-bentuk kosakata bahasa gaul terdiri dari tiga belas kategori, namun dalam hasil penelitian ini ditemukan enam yaitu kategori adverbia, adjektiva, verba, fatis, pronominal, dan introgativa, (2) selanjutnya adalah fungsi dan konteks kosakata bahasa gaul yang ditemukan dalam penelitian ini, terdapat 5 kategori yaitu fungsi informatif, ekspresif, direktif, estetis, dan fatis, (3) relevansi bentuk-bentuk kosakata bahasa gaul dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XII dapat dihubungkan dengan kurikulum 2013 dengan kompetensi isi dan kebahasa novel

Article Details

References
Afriansyah, A.N., Mahsun, dan Burhanuddin. 2022. Ekspresi Makian Pada Akun Youtuber Gamers. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Alatas, A. (2006). Penggunaan Ragam Bahasa Gaul di kalangan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.
Alawasilah dan Chaerdar, A. 1993. Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.
Amaru. 2020. “Bentuk Variasi Bahasa Slang dalam Komunitas Red VelVet dan Reveluv Indonesia pada Status Facebook”. Skripsi. Universitas Brawijaya.
Anggraini, N.A., Mahyuni, dan Burhanuddin. 2022. Bentuk Dan Penggunaan Bahasa Tabu Pada Anak Di Lingkungan Bertais Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8 (3)
Arikunto, S. 1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arrozi, P., Burhanuddin, dan Saharudin. 2020. Leksikon Etnomedisin dalam Pengobatan Tradisional Sasak: Kajian Antropolinguistik. Mabasan, 14(1), 17-30
Burhan, N. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Cahyani, B. D. I., Burhanuddin, & Jafar, S. (2020). Bentuk dan Fungsi Bahasa Slang pada Keterangan Foto Akun Lambe Turah di Media Sosial Instagram: The Form and Function of The Slang in The Caption Photo of The Lambe Turah Account on Instagram Social Media. Jurnal Bastrindo, 1(2), 116-123.
Cahyani, B.D.I., S. Jafar, dan Burhanuddin. 2020. Bentuk dan Fungsi Bahasa Slang pada Keterangan Foto Akun Lambe Turah di Media Sosial Instagram. Jurnal Bastrindo, 1(2), 116-123.
Dwi, P. (2015). “Analisis Bahasa Gaul pada Novel Kambing Jantan Karya Raditya Dika”. Skripsi. Univeristas Muhammadiyah.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Haryati, S. (2016). “Penggunaan Variasi Bahasa Alay dalam Novel Marmut Merah Jambu Karya Raditia Dika dan Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP”. Skripsi. Universitas Mataram.
Idham, M. (2020). Karakteristik Leksikon Bahasa Gaul di Caption Akun Instagram @awreceh.id dan @kegoblogan.unfaedah. Skripsi. Universitas Hasanuddin.
Irawan, S., Sudika, I. N., & Hidayat, R. 2020. Karakteristik Bahasa Gaul Remaja sebagai Kreativitas Berbahasa Indonesia pada Komentar Status Inside Lombok di Instagram: Caracteristics of Teenage Slang as Indonesian Language Creativity on Status Comments Inside Lombok on Instagram. Jurnal Bastrindo, 1(2), 201-213.
Leech, G. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Terjemahan D. D. Oka. Jakarta: Universitas Indonesia.
Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa. Depok : PT Rajagrafindo Persada.
Majid, A. 2015. “Analisis Bahasa Gaul pada Novel Manusia Setengah Salom Karya Raditya Dika”. Skripsi. Universitas Muhammadiah Surakarta.
Muslich, M. 2010. Perencanaan Bahasa pada Era Globalisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nababan, P.W.J. (1993). Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Gramedia.
Nurhadi. (2016). Teknik Membaca. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nurhasanah, N. (2014). Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Bahasa Indonesia. Jurnal Forum Ilmiah Indonusa, 11(1).
Nurjihan, N. (2019). “Bentuk Bahasa Gaul Pada Status Komen di Sosial Media Twitter Periode 2018/2019”. Skripsi. Universitas Muhammadiah.
Parker, F. (1986). Hakikat dan Sejarah Lahirnya Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.
Pradopo, Rachmat D. (1987). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Prees.
Pringgawidagda, S. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Rahayu, Arum P. 2015. Menumbuhkan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar dalam Pendidikan dan Pengajaran. Jurnal Paradigma, 2 (1), 1-15.
Rahmawati, P & Sumarlam. 2016. Variasi Bahasa pada Tayangan Kick Andy dalam Episode Ngelmu Sampai Mati, Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra, 6 (2).
Ramadhoni, S. (2012). “Leksikon Bahasa Gaul dalam Novel My Stupid Boss Karya Chaos@Work:. Skripsi. Universitas Negri Yogyakarta.
Ratna, Nyoman K. 2010. Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu.
Restapa, Sari K. 2013. “Variasi Slang dalam Komunitas Pecinta Musik Pop Korea pada Jejaring Sosial Facebook”. Skripsi. Universitas Mataram.
Sarwono, Sarlito W. 2004. Psikologi Remaja. Jakarta: CV Rajawali.
Setyosari, P. 2010. Metode Penelitian Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Shoula, Maharani H. 2017. “Bentuk dan Pemakaian Slang pada Media Sosial Line (Akun Batavia Undip)”. Undergraduate thesis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Sudjiman, P. (1993). Bunga Rampai Stilistika. Jakarta: Grafiti.
Suhendar, Supinah P. & Aliah Y. 1997. Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Bandung: Pinor Jaya.
Sumardjo, J. 1984. Masyarakat dan Sastra Indonesia. Jakarta: Nur Cahaya.
Tarigan, Henry G. 1991. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa Bandung.
Uno, Hamzah B. 2009. Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta Bumi Aksara.
Yuliana, N., Burhanuddin, J. Mahyudi. 2022. Sistem Simbol Dalam Ritual Maulid Adat Bayan (Analisis Teori Victor Turner). KABILAH: Journal of Social Community 7 (1), 157-166.