Main Article Content

Etta Atteta
Nyoman Sudika
Burhan Burhan

Abstract

penggunaan tindak tutur direktif dalam film 5 CM karya Rizal Mantovani. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah dialog film 5 CM karya Rizal Mantovani yang mengandung tindak tutur direktif. Data diperoleh dengan metode dokumentasi, metode simak dengan teknik catat. Metode analisis data menggunakan metode padan intralingual dan ekstralingual. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan jenis tindak tutur direktif berupa tindak tutur direktif perintah, permintaan, ajakan, nasihat, kritikan, dan larangan. Kemudian ditemukan fungsi tindak tutur direktif dalam data berupa fungsi menginstruksikan, menawarkan, mendukung, mengingatkan, menyindir, dan mencegah. Adapun kencenderungan penggunaan tindak tutur direktif yang ditemukan berupa tindak tutur perintah, permintaan dan ajakan. Akan tetapi yang mendominasi adalah tindak tutur direktif perintah dengan persentase 24,5%.

Article Details

References
Agusmin, Sukri, dan Burhanuddin. 2022. “Tindak Tutur Kesantunan Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 3 Satap Jereweh”. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 6 (3).
Atmanegara, Sukri, dan Burhanuddin. 2022. “Variasi Bahasa Whatsapp Mahasiswa Magister Bahasa Indonsia Universitas Mataram 2021”. Jurnal Ilmiah Mandala Education 8 (2).
Badelah, Mahsun, dan Burhanuddin. 2019. “Tindak Tutur Kesantunan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sakra: Tinjauan Pragmatik”. Jurnal Lingua: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 16(2). 219-234.
Burhanuddin dan Sumarlam. 2015b. “Tindak Tutur Imperatif Khutbah Jumat dalam Tabloid Suara Muhammadiyah”. Jurnal Prosiding Prasasti II, halaman 464-469.
Burhanuddin dan Sumarlam. 2015. “Presiden Joko Widodo: Potret Tindak Tutur Penanganan Masalah Sosial-poliik Bangsa”. Adabiyyat: Jurnal Bahasa dan Sastra 14 (2), 167-190.
Chaer, Abdul, Leonie Agustina. (2014). Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Kridalaksana, Harimurti. 1982. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia.
Lestari, Sri Agustian, Sukri Sukri, dan Burhanuddin Burhanuddin. “Tindak Tutur Direktif Dalam Pidato Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Dalam Penanganan Penyebaran Virus Korona-19.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 7.3 (2021)
Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Rajawali Pers.
Prayitno, Harun Joko. 2011. Kesantunan Sosiopragmatik. Surakarta: Universitas Muhammadiah Perss.
Rahardi, Kunjana. 2005. Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Sari , Mahsun, dan Burhanuddin. 2022. “Tindak Tutur Imperatif Guru dalam Pembelajaran di SD Negeri Aik Kangkung Kecamatan Sekongkang”. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan 4 (2), 25-50
Widada. 1999. Wacana Direktif. Yogyakarta: Balai Pustaka.