Bentuk, Makna, dan Fungsi Bahasa Gaul Remaja Desa Mekar Jaya Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi
DOI:
10.29303/kopula.v7i2.7443Published:
2025-07-30Issue:
Vol. 7 No. 2 (2025): OktoberKeywords:
bahasa gaul, bentuk bahasa gaul, makna bahasa gaul, fungsi bahasa gaul, remajaArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini membahas bentuk, makna, dan fungsi bahasa gaul yang digunakan oleh remaja di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada maraknya penggunaan bahasa gaul sebagai bentuk ekspresi identitas, solidaritas, dan kreativitas linguistik remaja di tengah pesatnya arus globalisasi dan media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiolinguistik dengan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi langsung dan dokumentasi terhadap percakapan remaja berusia 12–21 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bahasa gaul terdiri atas singkatan, pemenggalan, kontraksi, akronim, dan bentuk campuran yang menunjukkan modifikasi kreatif. Secara semantik, terjadi berbagai perubahan makna seperti perluasan, penyempitan, pergeseran, penguatan/pelemahan, dan asosiasi makna. Fungsi bahasa gaul yang ditemukan mencakup fungsi emotif, referensial, fatik, dan konatif. Temuan ini mengungkap bahwa bahasa gaul tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai refleksi dinamika sosial, budaya populer, dan strategi komunikasi kelompok remaja dalam membentuk identitas sosial mereka. Bahasa gaul menjadi media penting dalam interaksi sosial antar remaja sekaligus penanda eksistensi generasi muda di era digital.References
Akhyaruddin. (2022). Morfologi Bahasa Indonesia (Edisi II). Jambi: Komunitas Gemulun Indonesia.
Budiman, A. (2006). Teori Semiotika dalam Sastra Kontemporer. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Chaer L., A. ; A. (2004). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal (2nd ed.). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ervina A. R.; Hermawan H., E. ; N. (2022). Bentuk dan Makna Bahasa Gaul pada Grup Whatsapp Mahasiswa PBSI TA 2018 STKIP Rokania. Journal of Literature Rokania, 1(2), 21–29.
Hymes, D. (1974). Foundations in Sociolinguistics: An Ethnographic Approach. Philadelphia: University of Pennsylvania Press.
Luthfi, A. (2018). Kreativitas dalam bahasa gaul remaja: Studi kasus di kota-kota besar. Jurnal Linguistik, 21(2), 113–129.
Purba, A. (2024). Metodologi Penelitian Bahasa. Penerbit KBM Indonesia.
Rahardi, R. (2001). Bahasa dan Budaya: Kajian Interdisipliner. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Rosalina, N. M. R. C. (2021). Variasi bahasa gaul remaja dalam komunikasi di Desa Gorowong Timur, Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 134–145.
Steinberg, L., & Morris, A. S. (2001). Adolescent Development. Annual Review of Psychology, 52, 83–110.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitating, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ullmann, S. (1972). Semantics: An Introduction to the Science of Meaning. Oxford: Blackwell.
Author Biographies
Citra Adea Darna, Universitas jambi
Akhyaruddin, Universitas Jambi
Hilman Yusra, Universitas Jambi
License
Copyright (c) 2025 Citra Adea Darna, Akhyaruddin, Hilman Yusra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).