Analisis Kebutuhan Bermain Drama Pada Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Sumatera Utara

Authors

  • Santa Hoky Hutagalung Universitas Negeri Medan
  • Aprina Enzel Sihotang Universitas Negeri Medan
  • Safinatul Hasanah Harahap Universitas Negeri Medan
  • Abdurahman Adisaputera Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v7i1.6424

Keywords:

Analisis Kebutuhan, Bermain Drama, Pendidikan Bahasa Indonesia, Mahasiswa, Perguruan Tinggi.

Abstract

Drama merupakan salah satu bentuk sastra yang diajarkan sebagai bagian dari pembelajaran sastra. Permainan drama menjadi teknik yang efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi, ekspresi diri, serta pemahaman terhadap karya sastra. Selain itu, drama juga berperan dalam membentuk pola pikir dan karakter mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh pemeran drama dalam pertunjukan, berdasarkan perspektif mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, yang mengambil mata kuliah yang mencakup materi bermain drama. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan data dikumpulkan melalui wawancara dengan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan tersebut.

References

Arifin, Z. (2018). Pendekatan Pembelajaran Drama dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ginting, A. (2018). Kendala dalam Pembelajaran Drama di Perguruan Tinggi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Gozali, F. (2016). "Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Berakting Mahasiswa." Jurnal Pendidikan Seni, 19(1), 68-75.

Harahap, S. H., dkk. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Bermain Drama di Perguruan Tinggi Sumatera Utara. Medan: Pustaka Ilmu.

Haryanto, D. (2017). Metode Pembelajaran Drama di Perguruan Tinggi: Tantangan dan Solusinya. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta Press.

Marantika, D. (2013). Pembelajaran Drama dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Jakarta: Pustaka Akademik.

Sudaryanto, A. (2019). Metode Pembelajaran Interaktif dalam Pengajaran Drama. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarto, R. (2021). "Peran Sarana dan Prasarana dalam Pembelajaran Drama di Perguruan Tinggi." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 101-110.

Suryani, N., & Prasetyo, S. (2019). "Keterampilan Berakting Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Drama." Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 45-59.

Pramono, D. (2020). Pengembangan Kompetensi Dosen dalam Pengajaran Drama di Perguruan Tinggi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo, T. (2021). Pengembangan Teknik Bermain Drama bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa. Surabaya: Laksana.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Hutagalung, S. H., Aprina Enzel Sihotang, Safinatul Hasanah Harahap, & Abdurahman Adisaputera. (2025). Analisis Kebutuhan Bermain Drama Pada Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Sumatera Utara. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 7(1), 297–301. https://doi.org/10.29303/kopula.v7i1.6424

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.