Analisis Kebutuhan Bermain Drama Pada Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Sumatera Utara

Authors

Santa Hoky Hutagalung Santa , Aprina Enzel Sihotang , Safinatul Hasanah Harahap , Abdurahman Adisaputera

DOI:

10.29303/kopula.v7i1.6424

Published:

2025-03-31

Issue:

Vol. 7 No. 1 (2025): Maret

Keywords:

Analisis Kebutuhan, Bermain Drama, Pendidikan Bahasa Indonesia, Mahasiswa, Perguruan Tinggi.

Articles

Downloads

How to Cite

Santa, S. H. H., Aprina Enzel Sihotang, Safinatul Hasanah Harahap, & Abdurahman Adisaputera. (2025). Analisis Kebutuhan Bermain Drama Pada Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Sumatera Utara. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 7(1), 297–301. https://doi.org/10.29303/kopula.v7i1.6424

Abstract

Drama merupakan salah satu bentuk sastra yang diajarkan sebagai bagian dari pembelajaran sastra. Permainan drama menjadi teknik yang efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi, ekspresi diri, serta pemahaman terhadap karya sastra. Selain itu, drama juga berperan dalam membentuk pola pikir dan karakter mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh pemeran drama dalam pertunjukan, berdasarkan perspektif mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, yang mengambil mata kuliah yang mencakup materi bermain drama. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan data dikumpulkan melalui wawancara dengan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan tersebut.

References

Arifin, Z. (2018). Pendekatan Pembelajaran Drama dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ginting, A. (2018). Kendala dalam Pembelajaran Drama di Perguruan Tinggi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Gozali, F. (2016). "Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Berakting Mahasiswa." Jurnal Pendidikan Seni, 19(1), 68-75.

Harahap, S. H., dkk. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Bermain Drama di Perguruan Tinggi Sumatera Utara. Medan: Pustaka Ilmu.

Haryanto, D. (2017). Metode Pembelajaran Drama di Perguruan Tinggi: Tantangan dan Solusinya. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta Press.

Marantika, D. (2013). Pembelajaran Drama dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Jakarta: Pustaka Akademik.

Sudaryanto, A. (2019). Metode Pembelajaran Interaktif dalam Pengajaran Drama. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarto, R. (2021). "Peran Sarana dan Prasarana dalam Pembelajaran Drama di Perguruan Tinggi." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 101-110.

Suryani, N., & Prasetyo, S. (2019). "Keterampilan Berakting Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Drama." Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 45-59.

Pramono, D. (2020). Pengembangan Kompetensi Dosen dalam Pengajaran Drama di Perguruan Tinggi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo, T. (2021). Pengembangan Teknik Bermain Drama bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa. Surabaya: Laksana.

Author Biographies

Santa Hoky Hutagalung Santa, Universitas Negeri Medan

Aprina Enzel Sihotang, Universitas Negeri Medan

Safinatul Hasanah Harahap, Universitas Negeri Medan

Abdurahman Adisaputera, Universitas Negeri Medan

License

Copyright (c) 2025 Santa Hoky Hutagalung Santa, Aprina Enzel Sihotang, Safinatul Hasanah Harahap, Abdurahman Adisaputera

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.