Main Article Content

Nurjanah Nurjanah
Muhammad Sukri
Burhanuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kata-kata baru bahasa Indonesia pada masa pandemi virus Corona (COVID-19). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dimana hasil analisisnya diuraikan dengan kata-kata melainkan bukan dalam bentuk angka. Secara metodologis penelitian ini menggunakan metode simak, sedangkan analisis data menggunakan metode padan intralingual. Data dalam penelitian ini bersumber dari fakta kebahasaan yang berkaitan dengan pandemi Covid-19. Hasil penelitian menemukan bahwa sebagian besar istilah kata-kata baru yang ada masih berupa bahasa asing, hampir semua istilah sudah dipadankan atau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, dan masih ada beberapa istilah atau kata-kata yang belum dimengerti secara luas oleh masyarakat

Article Details

References
Oktaviani Intan Poennyta Putri. 2019. “Proses Pembentukan Kata Dalam Kumpulan Cerpen Cinta Paling Rumit Karya Boy Candra”. Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana.
Purwanti Anisa. 2019. “Analisis Proses Pembentukan Kata Dalam Ragam Bahasa Youjigo”. Undergraduate thesis: Diponegoro University.
Puspitasari Dewi, Hardini dan Isriani. 2012. “Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, Implementasi)”. Yogyakarta: Familia (Group Relasi Inti Media).
Rahman. Abd. 2020. “Keberterimaan Istilah-Istilah Di Masa Pandemi Virus Corona (COVID-19)”. Kantor Bahasa Provinsi Kaliman Timur. Samarinda.
Ramla, Umi Hartati. 2017. “Pembentukan Kata Dalam Bahasa Cia-Cia Buton, Sulawesi Tenggara”. FKIP, Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.
Sukri, Muhammad, Ni Luh Sutjiati Bertha. 2009. “Bentuk Potensial Bahasa Indonesia: Kesenjangan antara Kaidah Pembentukan Kata dengan Produktivitas dan Kreativitas Penutur Suatu Bahasa”. E-Journal of Linguistics.
Syarifuddin Kartika Tiara, Abdul Hafid. 2018. “Pembentukan Kosa Kata Baru Sebagai Bentuk Coinage Dalam Media Sosial Instagram”. Program Studi Pend. Bahasa Indonesia. Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.