Kemampuan Memproduksi Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 1 Sakra
DOI:
10.29303/kopula.v4i1.2719Published:
2022-03-17Issue:
Vol. 4 No. 1 (2022): MaretKeywords:
kemampuan, menulis, memproduksi, teks, teks fantasiArticles
Downloads
How to Cite
Kartika Rinjani, E., Rohana Hariana, S., & Burhan, B. (2022). Kemampuan Memproduksi Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 1 Sakra. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 4(1), 22–30. https://doi.org/10.29303/kopula.v4i1.2719
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis siswa, khususnya dalam memproduksi teks fantasi yaitu (1) Mendeskripsikan kemampuan memproduksi teks fantasi berdasarkan struktur (2) mendeskripsikan kemampuan memproduksi teks fantasi berdasarkan kaidah kebahasaan siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sakra. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif yaitu mendeskripsikan kemampuan memproduksi teks fantasi siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sakra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sakra memperoleh nilai rata-rata 62,7 berdasarkan struktur dan berdasarkan kaidah kebahasaan siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sakra memperoleh nilai rata-rata 62,5. Kemudian, hasil memproduksi teks fantasi berdasarkan keseluruhan jumlah siswa yang memperoleh nilai dengan kategori sangat mampu (A) yaitu 4 siswa dengan 1 siswa memperoleh nilai 100 dan 3 siswa memperoleh nilai 87,5. Jumlah siswa yang memperoleh kategori mampu (B) yaitu 5 siswa dengan nilai perolehan 75. Jumlah siswa yang memperoleh kategori cukup mampu (C) yaitu 3 siswa dengan nilai perolehan 62,5. Jumlah siswa yang memperoleh dengan kategori kurang mampu (D) yaitu 2 siswa dengan nilai perolehan 50. Dan jumlah siswa yang memperoleh kategori kurang sekali (E) yaitu 7 siswa dengan 3 siswa memperoleh nilai 37,5 dan 4 siswa memperoleh nilai 25. Adapun nilai total keseluruhan siswa berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sakra adalah 1.237,5 dengan nilai rata-rata 58,9.References
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Atmanegara. 2021. Analisis Kemampuan Mengonstruksi Teks Prosedur Siswa Kelas VII MTS Negeri Lombok Timur. Mataram:Fkip Unram.
Azizin, Nisa. 2020. â€Pengembangan model bermain fantasi dalam pembelajaran menulis Fiksi Ilmiah siswa kelas XI SMA / Al Kayyizu Azizin Nisa’. Malang: Universitas Negeri Malang.
Dalman. 2014. Keterampilan membaca.Jakarta: PT Grafindo Persada.
Intiana, S.R.H.. 2018. “Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesiaâ€. Mataram: FKIP Unram
Khoirunnisa, Elis dkk. 2020. Super Complete SMP/MTs 7,8,9. Depok: Sahabat Pelajar Cerdas.
Kurniaman, dkk. 2012. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau. Jurnal Pendidikan, Volume 2 Nomor 1: 43-47.
Mahsun. 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Edisi Kedua. Depok: Rajawali Pers.
Marie,dkk. 2020. Teks Cerita Fantasi. Medan: Guepedia.
Naningsih. 2019. “Kemampuan Memproduksi Teks Cerita Fantasi Kelas VII B 14 Mataramâ€. Mataram: FKIP Unram.
Nurrahmah, dkk. 2021. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Penguasaan Kosa Kata Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasiâ€. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 4-2.
Somadayo, S. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rosidi. 2018. “Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stand) Siswa Kelas VII A MTs Nurul Jannah NW Ampenanâ€. Mataram: FKIP Unram.
Sukri, dkk. 2022. Penyuluhan Kemampuan Piranti Kebahasaan Guru SMP/Mts dalam Pembelajaran Berbasis Teks. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat,5 (1).
Atmanegara. 2021. Analisis Kemampuan Mengonstruksi Teks Prosedur Siswa Kelas VII MTS Negeri Lombok Timur. Mataram:Fkip Unram.
Azizin, Nisa. 2020. â€Pengembangan model bermain fantasi dalam pembelajaran menulis Fiksi Ilmiah siswa kelas XI SMA / Al Kayyizu Azizin Nisa’. Malang: Universitas Negeri Malang.
Dalman. 2014. Keterampilan membaca.Jakarta: PT Grafindo Persada.
Intiana, S.R.H.. 2018. “Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesiaâ€. Mataram: FKIP Unram
Khoirunnisa, Elis dkk. 2020. Super Complete SMP/MTs 7,8,9. Depok: Sahabat Pelajar Cerdas.
Kurniaman, dkk. 2012. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau. Jurnal Pendidikan, Volume 2 Nomor 1: 43-47.
Mahsun. 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Edisi Kedua. Depok: Rajawali Pers.
Marie,dkk. 2020. Teks Cerita Fantasi. Medan: Guepedia.
Naningsih. 2019. “Kemampuan Memproduksi Teks Cerita Fantasi Kelas VII B 14 Mataramâ€. Mataram: FKIP Unram.
Nurrahmah, dkk. 2021. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Penguasaan Kosa Kata Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasiâ€. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 4-2.
Somadayo, S. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rosidi. 2018. “Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stand) Siswa Kelas VII A MTs Nurul Jannah NW Ampenanâ€. Mataram: FKIP Unram.
Sukri, dkk. 2022. Penyuluhan Kemampuan Piranti Kebahasaan Guru SMP/Mts dalam Pembelajaran Berbasis Teks. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat,5 (1).
Author Biographies
Elya Kartika Rinjani, a:1:{s:5:"en_US";s:19:"UNIVERSITAS MATARAM";}
Siti Rohana Hariana, UNIVERSITAS MATARAM
Burhan Burhan, UNIVERSITAS MATARAM
License
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).