PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN 2016/2017

Authors

Yuni Fardiah , Sapiin Sapiin , Siti Rohana Hariana

DOI:

10.29303/kopula.v1i1.2567

Published:

2019-03-28

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2019): Maret

Keywords:

peningkatan, kemampuan, peta konsep, menulis, laporan perjalana

Articles

Downloads

How to Cite

Fardiah, Y., Sapiin, S., & Hariana, S. . R. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN 2016/2017. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 1(1), 55–60. https://doi.org/10.29303/kopula.v1i1.2567

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis laporansiswa kelas VIIIA di SMP Negeri 12 Mataram karena guru tidak menemukan metodeyang sesuai untuk mengajar siswa dalam menulis laporan perjalanan, sedangkansiswa tidak tertarik dengan dunia tulis menulis. Penelitian ini bermaksud menjelaskanproses dan hasil peningkatan kemampuan menulis laporan perjalanan siswa kelasVIII.A SMP Negeri 12 Mataram Tahun Pembelajaran 2016/2017. Pemecahanmasalah dilakukan dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode peta konsep telah berhasilmeningkatkan kemampuan menulis laporan perjalanan siswa kelas VIII.A. Padasiklus I aktivitas pembelajaran guru mencapai 89% meningkat menjadi 100% padasiklus II. Pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 59% dan perolehan hasilbelajar rata-rata siswa mencapai 71 dengan ketuntasan belajar 61%. Pada siklus IIaktifitas belajar mengalami peningkatan menjadi 92% dan perolehan hasil belajarrata-rata siswa mencapai 85 dengan ketuntasan belajar 94%.

References

Slamet, St. Y. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta:
Universitas Sebelas Maret Press.
Subana, M dan Sunarti. 2009. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.
Bandung: CV Pustaka Setia.
Sujana, I Made. 2010. Workshop Penelitian Tindakan Kelas. Mataram : Arga Puji
Press.
Suparno, dan Mohammad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta :
Universitas Terbuka.
Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Suyadi. 2011. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : DIVA Press
Tarigan, H.G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa.
Yulianti, Ni Nengah. 2011. “Peningkatan Kemampuan Menulis Wacana Argumentasi
Dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 1 Batulayar
Tahun Ajaran 2010-2011”. Skripsi tidak diterbitkan. Mataram : FKIP Unram.

Author Biographies

Yuni Fardiah, a:1:{s:5:"en_US";s:19:"Universitas Mataram";}

Sapiin Sapiin, Universitas Mataram

Siti Rohana Hariana, Universitas Mataram

License

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).