Peran Bahasa Indonesia dalam Membangun Literasi Numerasi Sains Siswa di Era Globalisasi

Authors

Rara Amanda , Ika Febriana , Selfa Raya Hadi Kesuma , Cindy Clara Siregar , Roria Natal Simbolon , Windry Sary Sihombing

DOI:

10.29303/kopula.v7i1.6413

Published:

2025-03-30

Issue:

Vol. 7 No. 1 (2025): Maret

Keywords:

Bahasa Indonesia, literasi numerasi sains, era globalisasi, Problem-Based Learning, e-komik interaktif

Articles

Downloads

How to Cite

Rara Amanda, Ika Febriana, Selfa Raya Hadi Kesuma, Cindy Clara Siregar, Roria Natal Simbolon, & Windry Sary Sihombing. (2025). Peran Bahasa Indonesia dalam Membangun Literasi Numerasi Sains Siswa di Era Globalisasi. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 7(1), 287–296. https://doi.org/10.29303/kopula.v7i1.6413

Abstract

Artikel ini membahas peran bahasa Indonesia dalam membangun literasi numerasi sains siswa di era globalisasi. Bahasa Indonesia, sebagai bahasa pengantar utama dalam dunia pendidikan, memiliki peran sentral dalam mengembangkan kemampuan literasi, numerasi, dan sains. Melalui pendekatan seperti Problem-Based Learning (PBL), komik interaktif, dan pembelajaran kontekstual, bahasa Indonesia telah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep sains dan numerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan minat baca, pemahaman konsep, dan keterampilan berpikir kritis siswa. Namun, tantangan seperti rendahnya minat baca, kurangnya bahan ajar yang berkualitas, dan metode pembelajaran yang kurang interaktif masih menjadi kendala. Artikel ini menekankan pentingnya mengintegrasikan teknologi digital berbasis bahasa Indonesia dan pendekatan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan literasi numerasi sains siswa. Dengan demikian, bahasa Indonesia tidak hanya berperan sebagai bahasa pengantar, tetapi juga sebagai katalisator dalam membentuk generasi yang melek literasi, melek numerasi, dan siap menghadapi tantangan global.

References

Abidin, Y., Tita, M., Hana, Y. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Astawa, I. N. T. (2021). Bahasa Daerah dalam Kebhinekaan Bangsa Indonesia. Dharma Sastra: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Daerah, 1(2), 98-106.

Atmojo, W, R, I., Rukayah., Fadhil, P, A., Roy, A., Dwi, Y., Saputri. (2024) Pembelajaran Berdiferensi (Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). Surakarta : CV Pajang Putra Wijaya.

Filijinan, S, K., Supeno, Rusdianto, (2022). Pengembangan E-Komik Interaktif untuk Meningkatkan Literasi Siswa Siswi SMP pada Pembelajaran IPA : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 125-129.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116.

Hanifah, M., & Purbosari, P. P. (2022). Studi Literatur: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry (GI) terhadap Hasil Belajar Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Siswa Sekolah Menengah pada Materi Biologi: (Literature Study: The Effect Of Application Of Guided Inquiry (GI) Learning Models On Cognitive, Affective, And Psychomotor Learning Outcomes Of Middle School Students On Biology Materials). Biodik, 8(2), 38-46.

Hindriana, A. F., Abidin, Z., Setiawati, I., & Wibowo, J. (2024). Implementasi Asesmen Autentik Berbasis Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(02), 187-197.

Khakima, L. N., Marlina, L., & Zahra, S. F. A. (2021, December). Penerapan Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. In Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI (Vol. 1, pp. 775-792).

Komarudin, K., Muammar, M., & Wahid, F. S. (2023). Pengaruh Pengembangan Literasi Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(2), 403-418.

Lepiyanto, A. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 156-161.

Naxula. N. F, Sudibyo. E, 2022.Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Pembelajaran IPA : Jurnal pendidikan Sains, 10(3), 360-366.

Nurlaili, Ilhamdi. M. L, Astria. F. P, 2023. Analisis kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V SDN 1 Sukarara Pada Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor : Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1690-1698.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3 (1), 9–15.

Rakhmawati. I, Nugrahimi. Y, 2023.Penguatan Literasi dan Numerasi pada SDN 4 Bungur : Journal Of Human and Education , 3(2) 211-217

Rusniasa, N. M., Dantes, N., & Suarni, N. K. (2021). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV sd negeri i penatih. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 53-63.

Sari, M. L., Asmawati, L., & Atikah, C. (2021). Implementasi Metode Eksperimen Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Literasi Sains Anak Usia Dini. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 8(1).

Simbolon, J. (2023). Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Penerapan Literasi di Sekolah. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(01), 162-171.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).

Author Biographies

Rara Amanda, Universitas Negeri Medan

Ika Febriana, Universitas Negeri Medan

Selfa Raya Hadi Kesuma, Universitas Negeri Medan

Cindy Clara Siregar, Universitas Negeri Medan

Roria Natal Simbolon, Universitas Negeri Medan

Windry Sary Sihombing, Universitas Negeri Medan

License

Copyright (c) 2025 Rara Amanda, Ika Febriana, Selfa Raya Hadi Kesuma, Cindy Clara Siregar, Roria Natal Simbolon, Windry Sary Sihombing

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.