Peran Bahasa Indonesia dalam Membangun Literasi Numerasi Sains Siswa di Era Globalisasi

Authors

  • Rara Amanda Universitas Negeri Medan
  • Ika Febriana Universitas Negeri Medan
  • Selfa Raya Hadi Kesuma Universitas Negeri Medan
  • Cindy Clara Siregar Universitas Negeri Medan
  • Roria Natal Simbolon Universitas Negeri Medan
  • Windry Sary Sihombing Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v7i1.6413

Keywords:

Bahasa Indonesia, literasi numerasi sains, era globalisasi, Problem-Based Learning, e-komik interaktif

Abstract

Artikel ini membahas peran bahasa Indonesia dalam membangun literasi numerasi sains siswa di era globalisasi. Bahasa Indonesia, sebagai bahasa pengantar utama dalam dunia pendidikan, memiliki peran sentral dalam mengembangkan kemampuan literasi, numerasi, dan sains. Melalui pendekatan seperti Problem-Based Learning (PBL), komik interaktif, dan pembelajaran kontekstual, bahasa Indonesia telah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep sains dan numerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan minat baca, pemahaman konsep, dan keterampilan berpikir kritis siswa. Namun, tantangan seperti rendahnya minat baca, kurangnya bahan ajar yang berkualitas, dan metode pembelajaran yang kurang interaktif masih menjadi kendala. Artikel ini menekankan pentingnya mengintegrasikan teknologi digital berbasis bahasa Indonesia dan pendekatan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan literasi numerasi sains siswa. Dengan demikian, bahasa Indonesia tidak hanya berperan sebagai bahasa pengantar, tetapi juga sebagai katalisator dalam membentuk generasi yang melek literasi, melek numerasi, dan siap menghadapi tantangan global.

References

Abidin, Y., Tita, M., Hana, Y. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Astawa, I. N. T. (2021). Bahasa Daerah dalam Kebhinekaan Bangsa Indonesia. Dharma Sastra: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Daerah, 1(2), 98-106.

Atmojo, W, R, I., Rukayah., Fadhil, P, A., Roy, A., Dwi, Y., Saputri. (2024) Pembelajaran Berdiferensi (Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). Surakarta : CV Pajang Putra Wijaya.

Filijinan, S, K., Supeno, Rusdianto, (2022). Pengembangan E-Komik Interaktif untuk Meningkatkan Literasi Siswa Siswi SMP pada Pembelajaran IPA : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 125-129.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116.

Hanifah, M., & Purbosari, P. P. (2022). Studi Literatur: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry (GI) terhadap Hasil Belajar Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Siswa Sekolah Menengah pada Materi Biologi: (Literature Study: The Effect Of Application Of Guided Inquiry (GI) Learning Models On Cognitive, Affective, And Psychomotor Learning Outcomes Of Middle School Students On Biology Materials). Biodik, 8(2), 38-46.

Hindriana, A. F., Abidin, Z., Setiawati, I., & Wibowo, J. (2024). Implementasi Asesmen Autentik Berbasis Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(02), 187-197.

Khakima, L. N., Marlina, L., & Zahra, S. F. A. (2021, December). Penerapan Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. In Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI (Vol. 1, pp. 775-792).

Komarudin, K., Muammar, M., & Wahid, F. S. (2023). Pengaruh Pengembangan Literasi Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(2), 403-418.

Lepiyanto, A. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 156-161.

Naxula. N. F, Sudibyo. E, 2022.Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Pembelajaran IPA : Jurnal pendidikan Sains, 10(3), 360-366.

Nurlaili, Ilhamdi. M. L, Astria. F. P, 2023. Analisis kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V SDN 1 Sukarara Pada Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor : Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1690-1698.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3 (1), 9–15.

Rakhmawati. I, Nugrahimi. Y, 2023.Penguatan Literasi dan Numerasi pada SDN 4 Bungur : Journal Of Human and Education , 3(2) 211-217

Rusniasa, N. M., Dantes, N., & Suarni, N. K. (2021). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV sd negeri i penatih. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 53-63.

Sari, M. L., Asmawati, L., & Atikah, C. (2021). Implementasi Metode Eksperimen Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Literasi Sains Anak Usia Dini. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 8(1).

Simbolon, J. (2023). Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Penerapan Literasi di Sekolah. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(01), 162-171.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Rara Amanda, Ika Febriana, Selfa Raya Hadi Kesuma, Cindy Clara Siregar, Roria Natal Simbolon, & Windry Sary Sihombing. (2025). Peran Bahasa Indonesia dalam Membangun Literasi Numerasi Sains Siswa di Era Globalisasi. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 7(1), 287–296. https://doi.org/10.29303/kopula.v7i1.6413

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.