Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kritis Siswa-siswi Kelas VII SMP
DOI:
10.29303/kopula.v6i2.5423Published:
2024-10-28Issue:
Vol. 6 No. 2 (2024): OktoberKeywords:
Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital, Membaca Kritis, Kemampuan MembacaArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kritis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan T.A 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian two grup pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 192 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-3 sebanyak 32 siswa dan VII-4 sebanyak 32 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 50,87 dengan simpangan baku 11,63 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 72,8 dengan simpangan baku 15,89. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, diperoleh thitung > ttabel (4,8 > 2,041), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kritis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan TP 2024/2025.References
Arsyaf (2017)" Pengaruh Teks Cerpen dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa"
Benyamin S Bloom, Evelyn Siregar, & Hatini Nara" Pembelajaran Kognitif domain upaya pembelajaran bagi siswa.
Ginting, Gifta. 2023. “Upaya Meningkatakan Kompetensi Profesional Guru Bahasa Indonesia Dalam Menerapkan Model Problem Based Learning SMP Negeri 1 Sitellu Tali Urang Julu T . A .” 01 (1): 9–16.
Khiklamawati, (2021) "Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam literasi digital SMA Negeri 3 Bayumas.
Kuntarto, Eko. 2022. “Pengembangan Model Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Merdeka Belajar Untuk Masyarakat Pedesaan.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 7 (1): 34–42. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.12288.
Kurnianingsih, Indah, Rosini Rosini, and Nita Ismayati. 2017. “Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah Dan Guru Di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement) 3 (1): 61. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370.
Maulidia, Ella, Nanang Heryana, and Syambasril. 2018. “Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Vii Smp Negeri Di Kecamatan Pontianak Utara.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 7 (9): 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/28263/75676578318.
Marcel & Dvis (2012)" Pengaruh Media Pembelajaran terhadap kemampuan menulis teks cerpen.
Maria, Leonita, Efipanias Manihuruk. 2023. “Penerapan Audio-Visual Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Recount Teks Siswa Kelas XII IPS SMA” 01 (1): 9–16.
Mewangi, Adila Bunga, Arif Purnomo, and Asep Ginanjar. 2020. “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran Ips Pada Peserta Didik Kelas Ix Smp Islam Al Azhar 29 Semarang.” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN 5 (1): 40–46. https://doi.org/10.15294/harmony.v5i1.40318.
Niama Ulin, Aziz Andi, Junda Muhammad, Andi Asmawati Aziz, Muhammad Junda, Pendidikan Biologi, / Program, Pascasarjana / Universitas, Negeri Makassar, et al. 2022. “Pengaruh Keterampilan Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Biologi Berorientasi HOTS di MAN Se-Kota Makassar,” 148–56.
Nura, S R. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Radec Berbasis Literasi Digital Terhadap Kemampuan Membaca Kritis Dan Berpikir Kritis Siswa ….” http://repository.upi.edu/id/eprint/82929.
Nurrohmatul Amaliyah, Muhammad Faturrohman (2020)." Model Pembelajaran dan kerangka konseptual terhadap kemampuan mmebaca kritis siswa kelas VII SMP Negeri 3 bayumas.
Panggabean, Evi Diana. 2023. “Penerapan Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Menghitung Barisan Dan Deret Siswa Kelas XI SMA Santa Maria Medan Tahun Pelajaran” 01 (1): 1–7.
Putri, Syafira Raka, and Farid Ahmadi. 2023. “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Literasi Digital, Minat Baca Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Journal of Education Action Research 7 (3): 446–55. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66997.
Qemar Hamalik, 2019. " Model Pembelajaran dalam berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pemalang.
Ramadani, Putri Nur, Irfani Basri, and Emidar. 2013. “Hubungan Kemampuan Membaca Kritis Dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Pariaman.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 1 (No. 2): 521–27. https://media.neliti.com/media/publications/119653-ID-hubungan-kemampuan-membaca-kritis-dengan.pdf.
Restuningsih, Made Anita, Dantes Nyoman, and Nyoman Sudiana. 2017. “Kemampuan Membaca Kritis Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Minat Membaca Pada Siswa Kelas V Sd Kristen Harapan Denpasar.” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 1 (1): 45–54. https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i1.2680.
Riana. 2021. “Kemampuan Membaca Kritis Di Tinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Minat Membaca Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Gunungsitoli.” Edumaspul - Jurnal Pendidikan 5 (2): 625–31.
Sanjaya, Agus, Abraham Tefbana, and Donna Mutiara Nainggolan. 2022. “Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa.” Jurnal Luxnos 8 (2): 268–78. https://doi.org/10.47304/jl.v8i2.265.
Sari, Sega Sagita. 2019. “Kemampuan Literasi Digital Kalangan Siswa SMP Dan SMA Di Daerah Pedesaan Kabupaten Blitar.” Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99.
Sariyem. 2016. “Kemampuan Berpikir Kritis Dan Minat Baca Dengan Kemampuan Membaca Kritis Siswa Kelas Tinggi.” Jurnal Pendidikan Dasar 7.
Siagian, Beslina Afriani, Hendro Yoni Ganda, Yurni Kristina Pakpahan, and Widia Oktavia Manurung. 2023. “Penguatan Profil Pelajar Pancasila Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Digital Di SMA N 1 Sei Bamban.” Journal of Social Responsibility by Higher Education Forum 3 (3): 242–46. https://doi.org/10.47065/jrespro.v3i3.3286.
Silaban, Winarto. 2023. “Penerapan Media Multimedia Terhadap Pemahaman Materi Pokok Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Pencernaan Makanan Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Silaen Tahun Pelajaran 2017/2018.” Jurnal Diferensiasi Pendidikan 01 (1): 17–26. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/diferensiasi/index.
Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.
Sugiyono (2016). Metode Kuantitatif ,Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alpaberta.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif , R&D. Bandung: CV Alfaberta.
Syah & Dermawan. (2019) Kemampuan Literasi Digital dalam era globalisasi.
Tangerang, Universitas Muhammadiyah, Asep Abdurrohman, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Nikmatullah Kusni, Universitas Muhammadiyah, Hasil Belajar, and Pendidikan Agama Islam. 2023. “Pengaruh Tingkat Literasi Digital Siswa” 19 (1): 67–80.
Taqwiem, Ahsani, Program Studi, and Pendidikan Bahasa. n.d. “Kemampuan Membaca Kritis Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 15 Banjarmasin The Ability Of Critical Reading Of Smp 15 Banjarmasin Students At Grade Eighth Target Atau Subjek Penelitian,” no. d.
Tumanggor, Evi Bunga Rosari, Pontas J. Sitorus, and Beslina Afriani Siagian. 2022. “Pengaruh Perubahan Pembelajaran Daring Ke Pembelajaran Luring Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Wesley Marindal II.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (1): 8280–88.
Widya, Nani, Romdanih, and Danti Pudjiati. 2020. “Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Melalui Strategi Membaca Dan Berpikir Kritis Secara Langsung.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 188–91.
Winkel, Asis Sefudin. (2025)." Pengertian Model Pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca kritis".
Yenny, 2021, Pengaruh pembelajaran dalam meningkatkan pembelajaran didalam mencapai tujuan pembelajaran.
Yulianti, N. 2023. “Penerapan Literasi Membaca Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 12 Setiabudi Pamulang.” Bachelor’s Thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Yusuf, Susilawati, & Marlianingsih. (2018). "Rendahnya Kemampuan membaca kritis terhadsap siswa.
Author Biographies
Jessika Caroline Harahap, Universitas HKBP Nommensen Medan
Beslina Afriani Siagian, Universitas HKBP Nommensen
Rolan Manurung, Universitas HKBP Nommensen
License
Copyright (c) 2024 Jessika Caroline Harahap, Beslina Afriani Siagian, Rolan Manurung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).