Analisis Penggunaan Bahasa Gaul Sebagai Variasi Sosial Oleh Mahasiswa PBSI FKIP UMK Dalam Pembelajaran Sosiolinguistik

Authors

Ika Nazwa Sabilla , Maulida Nur Dila Safitri , Ratna Sulistyawati , Virnando

DOI:

10.29303/kopula.v7i2.7004

Published:

2025-06-26

Issue:

Vol. 7 No. 2 (2025): Oktober

Keywords:

bahasa gaul, variasi sosial, sosiolinguistik, pembelajaran, mahasiswa PBSI

Articles

Downloads

How to Cite

Sabilla, I. N., Dila Safitri, M. N., Ratna Sulistyawati, & Virnando. (2025). Analisis Penggunaan Bahasa Gaul Sebagai Variasi Sosial Oleh Mahasiswa PBSI FKIP UMK Dalam Pembelajaran Sosiolinguistik . Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 7(2), 429–436. https://doi.org/10.29303/kopula.v7i2.7004

Abstract

Bahasa merupakan alat utama dalam komunikasi sosial yang senantiasa mengalami perkembangan seiring dengan dinamika kehidupan masyarakat. Salah satu bentuk perkembangan tersebut adalah munculnya bahasa gaul sebagai variasi sosial yang kerap digunakan oleh generasi muda, termasuk mahasiswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penggunaan bahasa gaul dalam interaksi dan proses pembelajaran Sosiolinguistik oleh mahasiswa PBSI FKIP UMK. Bahasa gaul tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi informal, tetapi juga menjadi bahan refleksi linguistik dalam kajian sosiolinguistik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk-bentuk penggunaan bahasa gaul sebagai variasi sosial serta memahami bagaimana fenomena ini dimanfaatkan dan dikaji dalam konteks pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa gaul digunakan mahasiswa baik dalam komunikasi sehari-hari maupun dalam diskusi kelas sebagai contoh nyata dari variasi sosial bahasa. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan bahasa gaul sebagai objek kajian dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep sosiolinguistik secara kontekstual dan aplikatif.

References

Budiana, N., & Setiyoko, D. T. (2020). Implementasi Kalimat Efektif Terhadap Penggunaan Bahasa Gaul. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 4(1), 61-70.

Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal tarbiyah, 24(2).

Goziyah, G., & Yusuf, M. (2019). Bahasa gaul (prokem) generasi milenial dalam media sosial. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 120-125).

Muliawati, H. (2017). Variasi Bahasa Gaul pada Mahasiswa Unswagati Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun 2016. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 42-53.

Namang, K. W., & Ma'u, N. (2025). Fenomena Penggunaan Bahasa Gaul di Kalangan Mahasiswa PBSI Semester 3. Jurnal Pustaka Cendekia Pendidikan, 2(3), 333-340.

Rahmadhani, P. R., & Syaputra, E. (2022). Penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa gaul di kalangan remaja. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 89-92.

Sari, Beta Puspa. 2015. “Dampak Penggunaan Bahasa Gaul di Kalangan Remaja Terhadap Bahasa Indonesia”. Dalam Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015.

Setiawan, A. (2015). Pengaruh penggunaan bahasa gaul terhadap kemampuan bahasa baku di kalangan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(2), 23-34.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tuto, Y., & Namang, K. W. (2024). Pengaruh Media Sosial terhadap Penggunaan Bahasa Gaul di Kalangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Maumere. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 3(2), 180-187.

Wibowo, Wahyu. 2003. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Author Biographies

Ika Nazwa Sabilla, Universitas Muria Kudus

Maulida Nur Dila Safitri, Universitas Muria Kudus

Ratna Sulistyawati, Universitas Muria Kudus

Virnando, Universitas Muria Kudus

License

Copyright (c) 2025 Ika Nazwa Sabilla, Maulida Nur Dila Safitri, Ratna Sulistyawati, Virnando

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.