BENTUK KESULITAN BELAJAR MENULIS SWA KELAS II SEKOLAH DASAR

STUDI PADA SISWA DI SDN 1 PUYUNG, KAB. LOMBOK TENGAH

Penulis

  • Husnun Niswati PGSD FKIP Universitas Mataram
  • A. Hari Witono PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Heri Setiawan PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v6i1.2713

Kata Kunci:

kesulitan belajar, menulis, sekolah dasar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan belajar menulis permulaan siswa kelas II di SD Negeri 1 Puyung dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar menulis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Menurut hasil penelitian, kesulitan menulis  di kelas II adalah sebagai berikut. Penggunaan huruf besar dan huruf kecil masih tercampur, ukuran dan bentuk huruf dalam tulisannya tidak proposional dan tidak konsisten, sulit memegang pensil dengan  mantap. Dan berikut adalah faktor-faktor penyebab kesulitan belajar saat mulai menulis: Faktor dari diri siswa seperti perkembangan yang lebih lambat dibandingkan dengan teman seusianya, IQ, perkembangan motorik, serta perkembangan kognitif yang mungkin mengalami gangguan. Faktor eksternal yang mungkin menyebabkan yaitu kurangnya dukungan dan budaya menulis dari keluarga sebagai sekolah pertama siswa.

Referensi

Amalia, D., & Napitupulu, S. (2022). Pengembangan media puzzle gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas iv sd 101899 lubuk pakam. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 120-130.

Fatimah, S., & Mashar, R. (2023). Peran guru dalam pembelajaran berdiferensiasi di taman kanak-kanak aba al-furqon nitikan yogyakarta. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1-10.

Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan keragaman dan keunikan siswa sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67-73.

Mussadat, Syaiful. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Sekolah Dasar. Mataram: Arga Puji Press.

Qadaria, L., Rambe, K. B., Khairiah, W., Pulungan, R. M. I., & Zahratunnisa, E. (2023). Analisis faktor penyebab rendahnya keterampilan menulis belajar siswa SD kelas IV. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 97-106.

Ramadhani, R. L., & Karneli, Y. (2020). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Penanganan Kasus Kesulitan Menulis pada Siswa. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(3), 104-108.

Setiawan, H., Aji, S. M. W., & Aziz, A. (2020b). Tiga Tantangan Guru Masa Depan Sekolah Dasar Inklusif. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(2), 241-251.

Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Affandi, L. H., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2020a). Analisis Kendala Guru Di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sylvia, N. I., & Hariani, S. (2015). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap keterampilan menulis narasi siswa sekolah dasar. Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya, 3(02), 1197-1205.

Widiastuti, N. P. K., Putrayasa, I. B., & Adnyana, K. S. (2022). Instrumen Penilaian Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 5(1), 50-56.

Witono, A. H., Widiada, I. K., Hakim, M., Saputra, H. H., & Wijaya, T. A. (2024). SOSIALISASI URGENSI PELIBATAN ORANG TUA DALAM PENANGANAN SISWA BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pepadu, 5(4), 642-651.

Witono, H., Hakim, M., Karma, I. N., & Setiawan, H. (2022). Penyuluhan dan Pelatihan Penggunaan Intrumen Diagnosa Kesulitan Belajar Siswa Bagi Guru SDN 2 Tamansari Lombok Barat. Jurnal Abdimas PHB Vol, 5(2).

Witri, D., Saputra, H. H., Rahmatih, A. N., & Witono, A. H. (2022). Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II di SD Negeri 1 Wanasaba Daya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2181-2189.

Zamroni, A. D. K., Zakiah, L., Amelia, C. R., Shaliha, H. A., & Jaya, I. (2024). Analisis pengaruh implementasi pendidikan multikultural terhadap sikap toleransi keberagaman siswa sekolah dasar inklusi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1112-1119.

Zulela, M. S., Siregar, Y., Elfrida, Y., Rachmadtullah, R., & Warhdani, P. A. (2017). Keterampilan menulis narasi melalui pendekatan konstruktivisme di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 8(2), 112-123.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-04

Cara Mengutip

Niswati, H., Witono, A. H., & Setiawan, H. (2025). BENTUK KESULITAN BELAJAR MENULIS SWA KELAS II SEKOLAH DASAR: STUDI PADA SISWA DI SDN 1 PUYUNG, KAB. LOMBOK TENGAH. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 6(1), 40–45. https://doi.org/10.29303/pendas.v6i1.2713

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama