PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN 1 TERONG TAWAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Ni Ketut Santi Rahayu PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Syaiful Musaddat FKIP Universitas Mataram
  • Heri Setiawan PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Husniati Husniati FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v3i2.1065

Keywords:

Round table learning model, picture series media, writing skills, narrative essay

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran round table berbantuan media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 1 Terong Tawah Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasi Eksperimen). Desain penelitian ini menggunakan Repeated Treatment. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Terong Tawah. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling, samplenya adalah kelas IVB SDN 1 Terong Tawah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes tulis menulis karangan narasi, dan dokumentasi. Data hasil menulis karangan narasi berupa pretest, posttest 1, posttest 2, dan posttest 3. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus anova repated measure untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran round table berbantuan media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa. Berdasarkan hasil uji anova repated measure diperoleh angka signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran round table berbantuan media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 1 Terong Tawah Tahun Pelajaran 2020/2021.

References

Adintya, Dwinita Ragi. (2014). “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Model Round Table dengan Media Flashcard pada Siswa Kelas V SDN Mangunsariâ€. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. UNNES.

Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Dewi, Arista Mariana. (2016). “Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Kelas IV SD Negeri Pranan 01 Tahun Ajaran 2015/2016â€. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Istiqomah. (2011). Peningkatan Keterampilan menulis Karangan Narasi Melalui Model Round Table dengan Media Buku Zig-Zag pada Siswa Kelas IVA SDN Pudakpayung 01. Skripsi.

Maulida, Kurnia Tri. (2018). “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI AT Thoriyyah Kecamatan Pedurungan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018â€. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. UIN Walisongo Semarang.

Mussadat, Syaiful. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Sekolah Dasar. Mataram: Arga Puji Press.

Nasution, Wan Nurul Atikah. (2017). Analisis Permasalahan Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. Jurnal Dialog.http://jurnal.una.ac.id/index.php/jd/issue/view/63. Diakases pada tanggal 28 Oktober 2020.

Rahmawati, F., Gunayasa, I. B. K., & Affandi, L. H. (2020). Pengaruh Model Induktif Kata Bergambar Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas III SDN Di Gugus IV Labuapi Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(1), 35-43.

Renza, M. A., Affandi, L. H., & Setiawan, H. (2022). Pengembangan Media Gambar Berseri Pada Materi Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 445-451.

Riduwan. (2014). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Pasal 31 Ayat 1 tentang Pendidikan dan Kebudayaan. 1945. Jakarta Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia.

Vernanda, Dian Wahyuni. (2018). “Penerapan Model Cooperative Learning Round Table Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Kelas IV B SDN 2 Selong Tahun Pelajaran 2016/2017â€. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mataram.

Yaumi, Muhammad. (2016). Pendidikan Karakter, Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group

Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikanâ€. Prenada Media

Zuriah, Nurul. (2015). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti. Jakarta: PT Bumi Aksara

Downloads

Published

22-12-2022

How to Cite

Rahayu, N. K. S. ., Musaddat, S., Setiawan, H., & Husniati, H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN 1 TERONG TAWAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 3(2), 96–104. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i2.1065

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>