PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING METHOD) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SDN 1 KAWO TAHUN AJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v3i2.475Kata Kunci:
Metode Tutor Sebaya, Keterampilan Menulis, PuisiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Tutur Sebaya (Peer Teaching Method) Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Kelas IV Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Control Group Design. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian ini berjumlah 38 orang siswa. Pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional dan pada kelas eksperimen menggunakan Tutor Sebaya (Peer Teaching Method). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes keterampilan menulis puisi dengan menggunakan rubrik dan lembar observasi. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan rumus uji-t yakni uji Polled Varians pada taraf segnifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 61 dan rata-rata pretest kelas kontrol 55,1. Setelah dilakukan tindakan padakedua kelas, maka diperoleh rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 74,4, dan kelas kontrol sebesar 62,7. Hasil thitunguji hipotesis kelas eksperimen dan kelas kontrol 0,015 sedangkan diperoleh ttabel dengan menggunakan rumus interpolasi sebesar -2,662. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil thitung ≥ ttabel pada taraf segnefikan 5%. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karna itu dapat disimpulkan penggunaan metode Tutor Sebaya (Peer Teaching Method) berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN 1 Kawo Tahun Ajaran 2020/2021.Referensi
Aqib, Zaenal. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif.Bandung: PT. Sarana Tutorial Nuraini Sejahtera.
Daryanto. (2013). Strategi dan Tahapan Mengajar Bakal Keterampilan Dasar Bagi Guru. Bandung: CV. Yrama Widya.
Erwanto, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Menggunakan Model Tutorial Teman Sebaya. Lentera Pedagogi, 1(2), 117-123.
Halimatussakdiah, H., & Adawiyyah, F. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Melalui Penerapan Metode Tutor Sebaya Di Kelas V SD. JS (JURNAL SEKOLAH), 2(4), 281-286.
Halimatussakdiah, H., & Lestari, L. D. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Dengan Metode Tutor Sebaya Berbantu Media Audiovisual Di Kelas VI SD. JGK (Jurnal Guru Kita), 3(2), 219-226.
Hafizah, Evie. (2013). “Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar Kota Pontianak.†Pontianak Universitas Tanjungpura.
Jannah, R. ., Gunayasa, I. B. K. ., & Tahir, M. (2022). Analisis Kesulitan Menulis Teks Puisi Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Dasan Baru Tahun Ajaran 2020/2021. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 121–126.
Mukhlis, A. (2016). Pembelajaran Tutor Sebaya: Solusi Praktis dalam rangka menyongsong pembelajaran sastra yang menyenangkan bagi siswa SMP. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(2), 68-72.
Mulyadi. (2018). Diagnostik Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Nuha litera.
Nurjamal, Daeng.dkk.(2013). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.
Setiawan, H., Aji, S. M. W., & Aziz, A. (2019). Puisi Berbasis Hasil Karya Gambar: Upaya Penguatan Literasi Siswa SD Kelas Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 50-60.
Sumiharja, Daeng, dkk. (1997). Petunjuk Praktis Menulis.Jakarta: Depdikbud.
Widiada, I. K. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Baca-Tulis Berbasis Sekolah Di SDN 02 dan 04 Lombok Barat. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 1(1), 53-60. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.55
Zainudin. (2015). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bagi Siswa Kelas IV SDN1 Dongko Dengan Metode Praktek. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 4 (9).