ANALISIS KENDALA GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DARING DI SDN 48 CAKRANEGARA
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v3i2.1078Kata Kunci:
Kendala Guru, Perencanaan Pembelajaran, pembelajaran daringAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala guru dalam perencanaan pembelajaran daring, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah semua guru/ tenaga pendidik di SDN 48 Cakranegara berjumlah 16 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods jenis eksploratoris sekuensial. Sumber data yang akan digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh peneliti secara langsung melalui angket (kuesioner) dan wawancara. Sumber data sekunder diperoleh melalui hasil studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kendala yang dihadapi oleh guru di SDN 48 Cakranegara Kota Mataram dalam perencanaan pembelajaran daring dengan persentase hasil 76, 25% dan 77,50% yang menjadi nilai terendah. Bentuk kendala yang dihadapi oleh guru SDN 48 Cakranegara Kota Mataram dalam perencanaan pembelajaran daring adalah kurangnya Pengetahuan dan pemahaman guru terkait RPP daring dan kurangnya inisiatif dan kreativitas serta keaktifan guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang menarik secara mandiri. Sebagai cara belajar mengajar yang baru mulai di terapkan pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh, tentunya sebagai seorang guru atau tenaga pendidik diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan terkait pembelajaran daring dan menambah wawasan tentang teknologi dan internet, guna mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar, khususnya pembelajaran daring. Kata-kata Kunci: Kendala Guru, perencanaan Pembelajaran, Pembelajaran DaringReferensi
Ariesca, Y., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Berbasis Online Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat. Progres Pendidikan, 2(1), 20-25.
Astri, A., Harjono, A., Jaelani, A. K., & Karma, I. N. (2021). Analisis Kesulitan Guru Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 175-182.
Gularso, D. (2017). Analisis kesulitan dalam perencanaan pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 61-74.
Jannah, M., Dewi, N. K., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SDN 05 Ampenan. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 2(1), 42-50.
Kurnia, M., Zain, M. I., & Jaelani, A. K. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran di SDN 32 Cakranegara Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4).
Lailiyah, M., Umayaroh, S., & Kartini, H. (2021). Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(7), 525-534.
Nurfatimah, Affandi, L. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SDN 07 Sila Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 145–154.
Rasidi, M. A., & Setiawati, F. A. (2015). Faktor-faktor kesulitan guru pada pembelajaran tematik integratif di SD Kota Mataram. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 155-165.
Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Affandi, L. H., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2020). Analisis Kendala Guru Di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 169–183. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4704
Rigianti, Henry Aditia. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Elementary School. Vol 7. No 2.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru Dan Dosen.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wulantari, V., Ermiana, I., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis Kesulitan Guru Dalam Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Gugus 1 Kecamatan Gerung. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 2(1), 72-81.