Makna Pesan Ekologis Dalam Pentas Tuno Wujo

Authors

Zaini Zaini , Imelda Oliva Wissang , Sirilus Karolus K.Keban

DOI:

10.29303/kopula.v6i2.5484

Published:

2024-10-12

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Oktober

Keywords:

makna, pesan, ekologi, pentas

Articles

Downloads

How to Cite

Zaini, Z., Wissang, I. O., & K.Keban, S. K. (2024). Makna Pesan Ekologis Dalam Pentas Tuno Wujo. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 6(2), 293–304. https://doi.org/10.29303/kopula.v6i2.5484

Abstract

Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah makna pesan ekologis dalam pentas Tuno Wujo? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan makna pesan ekologis dalam pentas Tuno Wujo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini nara sumber, video pementasan, teks teater Tuno Wujo. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat makna pesan ekologis dalam pementasan Tuno Wujo, yakni ( 1) menjaga relasi dengan Tuhan melalui ketekunan dan setia, moral yang tinggi, berjuang dan bekerja keras selalu bersyukur atas setiap pemberian Tuhan dalam alam semesta ini, (2) menjaga relasi dengan sesama terbuka, saling mendengarkan, saling membantu, selalu semangat dan penuh harapan, seperti alam yang selalu memberi harapan, memberi tanda, mengingatkan manusia  dalam menata kehidupannya, (3) menjaga relasi dengan alam lingkungan dengan sikap berani, berjuang, dan berkorban, (4) menjaga relasi dengan diri dengan memiliki keterbukaan dan ketulusan, dan (5) menjaga relasi dengan adat budaya dengan penuh tanggung jawab, kerja keras, korban, cinta budaya. Kata kunci: makna, pesan, ekologi, pentas

References

Ahmad, I., (2022). “Nilai Religius dalam Antologi Geguritan Sesanti Tedhak Siti Karya Imam Budhi Santosa (Analisis Strata Norma Roman Ingarden)”. Skripsi: Universitas Sebelas Maret.

Anonim. . Sastra Sasak. (diakses melalui https://id.wikipedia.org/wiki/Sastra Sasak – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.htm diakses pada 06 Februari 2023).

Anonim. . Sastra. (diakses melalui https://id.wikipedia.org/Sastra – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.htm diakses pada 28 Mei 2023).

Arikunto, S., (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhary, R., (2010). Puisi-Puisi Tembang Sasak: Geguritan Kidungan Baödayǎ. Mataram: Caraka Darma Aksara.

Harun, Mohd. (2018). Pembelajaran Puisi Untuk Mahasiswa. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Hasjim, N., Edwar D., dkk, (1998). Sastra Daerah di Nusa Tenggara Barat: Analisis, Tema, Amanat, dan Nilai Budaya. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

KBBI. 2023. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Puisi. [Daring]. Tersedia di https://kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses 06 Juni 2023.

KBBI. 2023. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Durhaka. [Daring]. Tersedia di https://kbbi.kemdikbug.go.id. Diakses 30 Agustus 2023.

Kenanga, S.L., (2019). “Analisis Makna Lirik Lagu Sasak dalam Alam Daur: Perspektif Strata Norma Roman Ingarden.” Skripsi: Universitas Mataram.

Lestari, A.S., (2021). “Analisis Strata Norma Roman Ingarden Pada Lagu Bima dalam Album Pop Kenangan Karya Aan Saputra”. Skripsi: Universitas Mataram.

Ma’ruf, A.I., dan Farida N., (2017). Pengkajian Sastra: Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV Djiwa Amarta Press.

Moloeng, L.J., (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prabowo, D.P., Suyami, dkk. (2002). Geguritan Tradisional dalam Sastra Jawa. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Pradopo, R.D., (2014). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, R.D., (2018). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prasetya, V.A., (2022). “Lapis-Lapis Norma dan Nilai Moral Kumpulan Puisi Tahilalat Karya Joko Pinurbo: Analisis Strata Norma Roman Ingarden.” Skripsi: Universitas Sanata Dharma.

Rifaldi, M.W., (2019). “Ekspresi Cinta dalam Antologi Geguritan “Prabayekti” Karya Jefriyanto (Suatu Tinjauan Semiotika)”. Skripsi: Universitas Sebelas Maret.

Saprudin, A.R., (2017). “Analisis Lapis Norma Puisi Kepada Peminta-Minta Karya Chairil Anwar dan Hubungannya Dengan Pembelajaran Sastra di SMA”. Skripsi: Universitas Mataram.

Saputra, K., (2001). Puisi Jawa (Struktur dan Estetika). Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Sari, A.N., (2012). “Karakteristik Latar Novel Penulis Cilik Oryza Sativa Apriyani”, 1(1), 0-216. Diakses 06 Juni 2023, jurnal dari Universitas Negeri Surabaya.

Siswantoro. (2016). Metode Penelitian Sastra Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suharyadi. (2014). Pengantar Ilmu Sastra: Orientasi Penelitian Sastra. Lamongan: CV Pustaka Ilalang Group.

Suryaman, M., dan Wiyatmi. (2007). Puisi Indonesia. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Susilowati, I. (2023). “Personifikasi dalam Antologi Puisi Goresan Aksara Laskar Cendekia Karya Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia”. Skripsi: Universitas Mataram.

Wellek & Warren. (2016). Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Widayat, Afendy. 2011. Teori Sastra Jawa. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Author Biographies

Zaini Zaini, nstitut Keguruan dan Teknologi Larantuka

Imelda Oliva Wissang, Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka

Sirilus Karolus K.Keban, Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka

License

Copyright (c) 2024 Zaini Zaini, Imelda Oliva Wissang, Sirilus Karolus K.Keban

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.