Semiotik Pertunjukan dalam Pementasan Drama Malam Jahanam Karya Motinggo Boesje
DOI:
10.29303/kopula.v7i1.6169Published:
2025-03-09Issue:
Vol. 7 No. 1 (2025): MaretKeywords:
Tadeusz Kowzan, Interpretasi, AdeganArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Menyaksikan pertunjukan teater ibarat sebuah usaha untuk memecahkan ‘’teka-teki’ yang tampak di atas panggung. Sebagai sebuah seni pertunjukan, drama atau teater memuat sekumpulan tanda-tanda yang saling berkolerasi dalam menciptakan makna. Penelitian ini bermaksud mengkaji drama “Malam Jahanam” karya Motinggo Boesje yang mengisahkan tentang kehidupan sejumlah tokoh di sebuah desa. Pengumpulan data dilakukan dengan menyimak pertunjukan drama “Malam Jahanam” yang dipentaskan oleh Teater Sativa. Sumber data berasal dari unggahan pentas pada laman youtube Ruang Sativa. Pendekatan yang dipakai adalah semiotika pertunjukan. Dalam hal ini, analisis semiotik pertunjukan memperhatikan objek-objek teateral yang mencakup berbagai perlengkapan pementasan yang juga merupakan unsur tanda bermakna. Sudut pandang semiotik pertunjukan menekankan hubungan antar tanda serta cara berfungsinya dalam membentuk makna yang menyeluruh dalam karya pementasan drama. Pemaknaan tanda-tanda didasarkan pada sistem tanda yang ada dalam teater. Hasil temuan menunjukkan bahwa tanda-tanda dalam pertunjukan drama berisi kompleksitas antara diri aktor yang meliputi kata (bahasa), mimik, gestur, maupun gerak dan aspek-aspek panggung seperti pencahayaan, setting, musik, serta efek suara.References
Aston, E., & Savona, G. (1991). Theatre as Sign System: A Semiotics of Text and Performance. London: Routledge.
Budianta, M., Husen, I. S., Budiman, M., & Wahyudi, I. (2006). Membaca Sastra Pengantar Memahami Sastra untuk Perguruan Tinggi. Magelang: Indonesia Tera.
Contessa, E., & Huriyah, S. (2020). Perencanaan Pementasan Drama. Yogyakarta: Deepublish.
Fraser, N. (2002). Stage Lighting Explained. United Kingdom: The Crowood Press Ltd.
Khoirotunnisa, A., Fitriati, S., & Fitriani, D. (2024). Tindak Tutur Ilokusi dalam Pementasan Drama Berjudul Malam Jahanam oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Pringsewu. JURNAL BAHASA, SASTRA, DAN BUDAYA, 14(1), 2024. Diambil dari http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/index
Kholid M, D. (2016). Peranan Musik Pada Pertunjukan Teater. RITME Jurnal Seni dan Desain Serta Pembelajarannya, 2(1).
Kowzan, T. (1968). The Sign in the Theater. Diogenes, 16(61). https://doi.org/10.1177/039219216801606104
Latiff, A. (2006). Aplikasi Teori Semiotika dalam Seni Pertunjukan. Et nomusikologi, 2(1), 45–51.
Misnawati, Poerwadi, P., & Apritha. (2022). Kajian Semiotik Pertunjukan dalam Performa Drama “Balada Sakit Jiwa.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Mateandrau), 1(1).
Pamungkas, T. (2013). Tanda dalam Drama Malam Jahanam Karya Motinggo Boesje: Sebuah Pendekatan Semiotik. Sirok Bastra, 1(1), 71–83. https://doi.org/10.37671/sb.v1i1.7
Ridwan Hakim, M., Abidin, Z., & Oxcygentri, O. (2020). Representasi Perempuan di dalam Budaya Patriarki Jawa dalam Pementasan Teater. Jurnal SEMIOTIKA, 14(2). Diambil dari http://journal.ubm.ac.id/
Ruang Sativa. (2021). Teater Modern - Malam Jahanam (Teater Sativa). Indonesia: Ruang Sativa. Diambil dari https://www.youtube.com/watch?v=z-S6_5YgbrQ&t=236s
Sahid, N. (2013). Estetika Teater Gandrik Yogyakarta Era Orde Baru Kajian Sosiologi Seni. Yogyakarta: Badan Penerbit Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 23.
Sahid, N. (2016). Semiotika untuk Teater, Tari, Wayang Purwa, dan Film. Yogyakarta: Gigih Pustaka Mandiri.
Subroto, L. H., & Ningsih, W. L. (2022, Juni 14). Kesenian Ubrug, Teater Asal Banten. Diambil 16 November 2024, dari Kompas.com website: https://www.kompas.com/stori/read/2022/06/14/150000779/kesenian-ubrug-teater-asal-banten
Author Biography
Amelia Amanda Verawati, Universitas Isllam Majapahit
License
Copyright (c) 2025 Amelia Amanda Verawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).