Pengaruh Penggunaan Aplikasi Padlet Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa-siswi Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan

Authors

Tresia Purba , Elza Leyli Lisnora Saragih , Rolan Manurung

DOI:

10.29303/kopula.v6i2.5424

Published:

2024-10-29

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Oktober

Keywords:

Aplikasi Padlet, Teks Eksplanasi, Kemampuan Menulis

Articles

Downloads

How to Cite

Purba, T., Lisnora Saragih, E. L., & Manurung, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Padlet Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa-siswi Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 6(2), 440–447. https://doi.org/10.29303/kopula.v6i2.5424

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Aplikasi Padlet Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa - Siswi Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan TP 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian One grup pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 21 orang dan yang menjadi sampel  dalam penelitian ini adalah  kelas VIII sebanyak 21 siswa yang ditentukan dengan teknik total sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk pretest dan posttest penggunaan Aplikasi Padlet, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 41,3 dengan simpangan baku 11,92 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 81,14 dengan simpangan baku 14,34. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, diperoleh thitung > ttabel (9.5 > 2.021), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha  diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Aplikasi Padlet Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa - Siswi Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan TP 2024/2025.

References

Azis, A. (2017). Menulis (Bahan Acuan Untuk Kuliah Menulis III). Makassar: FBS UNM.

Azzahra, S. F., Dewi, M. C., & Lestari, S. (2022). Pengaruh Aplikasi Padlet untuk Keterampilan Menulis terhadap Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar , Volume 3, 59-67.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Deni, M. (2020). Menjadi Penulis mulai Dari Sekarang. Semarang: PT. Sindar Press.

Depdiknas. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka.

Elza L.L. Saragih, S.S.,M.H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair And Share Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Oleh Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Pagaran Tahun Pembelajaran 2017/2018. Repository.Uhn.Ac.Id, 1.

Effendi, O. U. (2018). Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Erizal, A. G. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 23–31.

Ghozali, I. (2014). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP

Juliandi, A. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Medan : UMSU Pers.

Kemendikbud. (2014). Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, S. (2017). Impelementing Padlet Application To Improve Writing Ability In English Writing Skill For Non English Department Students. LET: Linguistics, Literature and English Teaching Journal, , 7(1), 58-64.

Mahsun. (2016). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulim 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Napitupulu, S. (2018). Pemahaman Genre Dalam Keterampilan Menulis Mahasiswa Bahasa Inggris FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan. Artikel Journal VISI, 18 93) 314-328 ISSN 0853-0203.

Noviani, S. U. (2015). Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi Secara Tertulis Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 19 Tegal. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nurdiyanti, E. & Suryanto, E. . (2019). Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogia, 13(2), 115–128.

Nurjamal, Daeng, Sumirat, W., & Darwis, R. (2021). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Priyatni, E. T. (2016). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Poerwandari, E. K. (2018). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian. Jakarta : Lembaga Pengembangan dan Pengukuran Psikologi, Fak. Psikologi UI.

Rohman, A., Rasna, I. W., & Darmayanti., I. A. (2019). Penerapan Media Video Breaking News Di Televisi Guna Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Mutiara Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2), 2614–474.

Rohmatika, A. (2020). Studi Penggunaan Aplikasi Padlet Pada Kelas Menulis. Jurnal Komunikasi & Bahasa, Volume 1, No.2, Desember 2020,. 149-164.

Sabarti, A., Arsjad, M. g., & Ridwan, S. H. (2019). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Salfera, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan

Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas VII. Jurnal Educatio., 3 (2), 32 – 43..

Santoso, R. B. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran digital padlet sebagai solusi pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan , Vol 1, No 5 Mei 2022, 478-485.

Sanuhung, F., Salsabila, U. h., Wahab, J. A., & Amalia, M. (2022). Pengunaan Aplikasi Padlet Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Teknologi Pendidikan (Studi Kasus Universitas Ahmad Dahlan). Jurnal Pendidikan Glasser, Volume : 6, Nomor : 1, 20-28.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D . Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, A. (2020). Evaluasi Program Budaya Membaca di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan,, 4(1), 48–58.

Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Sudjana. 2016. Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Sudjana. 1992. Metode Statistika. Bandung:Tarsito

Tarigan, H. G. (2015). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Tunggal, A. W. (2015). Teori dan Praktek Auditing. Jakarta: Harvarindo.

Wahyuni, S. (2019). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Jurnal Universitas Islam Malang, 16(2). 1-15.

Yamin, H. M. & Anshari, B. I. . (2018). Teknik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yulianti. (2019). Efektifitas Strategi QuIp (Quensitions Into Paragraph) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Imogiri DIY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Zainurrahman. (2018). Menulis: dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta. acerid.com/pendidikan/cara-membuat-padlet-di-laptop-untuk-pembelajaran, diakses 30 November 2023.

Author Biographies

Tresia Purba, Universitas HKBP Nommensen Medan

Elza Leyli Lisnora Saragih, Universitas HKBP Nommensen

Rolan Manurung, Universitas HKBP Nommensen

License

Copyright (c) 2024 Tresia Purba, Elza Leyli Lisnora Saragih, Rolan Manurung

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.