Analisis Unsur Instrinsik Novel Geez & Ann #1 Karya Rintik Sendu dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Sastra Di SMA
DOI:
10.29303/kopula.v3i1.2691Published:
2021-03-30Issue:
Vol. 3 No. 1 (2021): MaretKeywords:
unsur instrinsik, aplikasi pembelajaran sastra di SMA, Geez & Ann #1Articles
Downloads
How to Cite
Sahara, M., Marii, M., & Hariana, S. . R. (2021). Analisis Unsur Instrinsik Novel Geez & Ann #1 Karya Rintik Sendu dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Sastra Di SMA. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 3(1), 33–40. https://doi.org/10.29303/kopula.v3i1.2691
Abstract
Penelitian ini membahas unsur instrinsik novel Geez & Ann #1 karya Rintik Sendu dan implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dan sumber data penelitian ini adalah berupa kalimat-kaliamat dan wacana yang mengandung unsur instrinsik dalam novel Geez & Ann #1 karya Rintik Sendu. Data diperoleh dengan metode studi Pustaka, metode baca, metode catat. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul kemudian diidentifikasi, diklasifikasi, dianalisis dan dideskripsikan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan unsur instrinsik berupa: (a) tema novel ini adalah tentang pertemanan, pertemuan, percintaan, dan perpisahan; (b)alur/plot novel ini terdapat alur yang membentuk ceritanya, yang berawal dengan eksposisi, komplikasi, dan resolusi; (c) tokoh dan penokohan dalam novel ini menggambarkan pengarang dengan gaya bahasa dan caranya sendiri; (d) latar/setting dalam novel ini mengenai latar suasana, tempat, waktu; (e) sudut pandang (point of view) dalam novel ini pengarang bercerita dengan menggambarkan teknik bercerita orang pertama atau bergaya aku; (f) amanat novel ini adalah ingin menyampaikan kepada pembaca bahwa terdapat banyak pelajaran yang bisa dipetik dari sebuah novel Geez & Ann #1; (g) gaya Bahasa yang terdapat dalam novel ini adalah gaya bahasa personifikasi, metafora, dan hiperbola. Implikasi novel Geez & Ann #1 dalam pembelajaran sastra di SMA yaitu hasil analisis yang telah dilakukan terkait dengan novel Geez & Ann #1 memiliki kaitan dengan pembelajaran sastra di SMA. Hal tersebut dapat dilihat dati RPP yang digunakanReferences
Aminudin. 2010. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, J. 2018. Reserch design Qualitativ, and Mixed Methodes Approaches. California: SAGE Publication Inc.
Dina. 2018. “Analisis Intrinsik dan Ekstrinsik Novel Tambelo (Meninti Hari Di Ottakwa Karya Redhite Kurniawan dan Relevansinya dengan Pembelajaran di SMAâ€. Skripsi S1. Mataram: Universitas Mataram.
Irwansyah, Putra. 2014. “Analisis Unsur Intrinsik dan Nilai Sosial Novel Nak, Maafkan Ibu Tak Mampu Menyekolahkanmu Karya Wiwid Prasetyo dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMAâ€. Skripsi S1. Mataram: Universitas Mataram.
Liye, Tere. 2016. Hujan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Laela. 2014. “Analisis Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Novel Pudarnya Pesona Cleopatra Karya Habiburahman El Shirazy serta Implikasinya Dengan Materi Pembelajaran Sastra di SMPâ€. Mataram: Universitas Mataram.
Mariani. 2017. “Analisis Struktural dan Nilai Pendidikan Moral dalam Novel Sebuah Penantian karya Septiana Khoirunnisa dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMPâ€. Skripsi S1. Mataram: Universitas Mataram.
Moeliono, Anton. (Penyunting penyelia). 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Cetakan Kedelapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University.
Sendu, Rintik. 2020. Geez&Ann #1. Jakarta: GagasMedia.
Sumarni. 2010. “Analisis Unsur Instrinsik Novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga Karya Mira W dan Manfaatnya Sebagai Bahn Ajar Sastra di SLTPâ€. Skripsi. Mataram: FKIP Universitas Mataram.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, J. 2018. Reserch design Qualitativ, and Mixed Methodes Approaches. California: SAGE Publication Inc.
Dina. 2018. “Analisis Intrinsik dan Ekstrinsik Novel Tambelo (Meninti Hari Di Ottakwa Karya Redhite Kurniawan dan Relevansinya dengan Pembelajaran di SMAâ€. Skripsi S1. Mataram: Universitas Mataram.
Irwansyah, Putra. 2014. “Analisis Unsur Intrinsik dan Nilai Sosial Novel Nak, Maafkan Ibu Tak Mampu Menyekolahkanmu Karya Wiwid Prasetyo dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMAâ€. Skripsi S1. Mataram: Universitas Mataram.
Liye, Tere. 2016. Hujan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Laela. 2014. “Analisis Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Novel Pudarnya Pesona Cleopatra Karya Habiburahman El Shirazy serta Implikasinya Dengan Materi Pembelajaran Sastra di SMPâ€. Mataram: Universitas Mataram.
Mariani. 2017. “Analisis Struktural dan Nilai Pendidikan Moral dalam Novel Sebuah Penantian karya Septiana Khoirunnisa dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMPâ€. Skripsi S1. Mataram: Universitas Mataram.
Moeliono, Anton. (Penyunting penyelia). 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Cetakan Kedelapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University.
Sendu, Rintik. 2020. Geez&Ann #1. Jakarta: GagasMedia.
Sumarni. 2010. “Analisis Unsur Instrinsik Novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga Karya Mira W dan Manfaatnya Sebagai Bahn Ajar Sastra di SLTPâ€. Skripsi. Mataram: FKIP Universitas Mataram.
Author Biography
Monika Sahara, a:1:{s:5:"en_US";s:19:"Universitas Mataram";}
License
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).