PAPAN PINTAR PROFESI: MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI SARANA PENGENALAN KONSEP KARIR PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Penulis

  • A. Hari Witono PGSD FKIP Universitas Mataram
  • I Ketut Widiada PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Mansur Hakim PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Heri Hadi Saputra PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Heri Setiawan PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v4i2.3439

Kata Kunci:

bimbingan konseling, papan pintar, konseling karir

Abstrak

tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan papan pintar berbasis papan flannel guna mengenalkan konsep karir dalam menunjang tugas guru SD melaksanakan bimbingan dan konseling. Jenis penelitian yang diguanakan yaitu penelitian pengembangan dengan model 4D (definie, design, develop, deseminate). Subjek coba yaitu ahli BK, ahli media, guru SD, dan 9 siswa dari kelas IV SD. Instrumen yang digunakan yaitu angket kelayakan ahli dan kepraktisan pengguna. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif untuk data kritik dan saran dari ahli dan pengguna, serta analisis kuantitatif untuk nilai dari ahli dan pengguna. Hasil uji ahli BK menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memperoleh nilai 79,5 (layak) dan penilaian ahli media dan praktisi memperoleh nilai  82,5 (layak). Hail uji lapangan diperoleh nilai 83 (praktis). Dari hasil uji ahli dan uji lapangan diperoleh kesimpulan bahwa media papan pintar yang dikembangkan layak dan praktis untuk digunakan dalam bimbingan konseling dan karir di sekolah dasar.

Referensi

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ermiana, I., Hari, A. H., & Khair, B. N. (2019, November). Pengembangan media berdasar komputer (CBI) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III di SDN 12 Ampenan. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PAGELARAN PENDIDIKAN DASAR NASIONAL (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 297-303).
Fitriani, E., Neviyarni, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2022). Problematika layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 174-180.
Hanani, Z. (2016). Pengembangan Kartu Karir sebagai Media Bimbingan Karir Siswa SD. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(9).
Herawati, A. A., Sholihah, A., Dharmayana, I. W., & Mishbahuddin, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Wawasan Dasar BK Berbasis Android Untuk Mahasiswa UNIB. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(1), 55-69.
Kurniawan, D. (2020). Media Pembelajaran Daring Gratis untuk Mendukung Layanan Belajar dalam Bimbingan dan Konseling Sekolah. PSISULA: Prosiding Berkala Psikologi, 2, 226-237.
Maulana, M. N., Witono, A. H., & Intiana, S. R. H. (2023). Pengaruh Media Bimbingan Papan Pintar Profesi Terhadap Kemampuan Pemahaman Karier Siswa Kelas IV SDN 1 Kekeri. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 630-636.
Permendikbud nomor 111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Rahmi, T. S., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2023). Problematika Layanan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 520-531.
Rohmah, U. (2018). Bimbingan Karir untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 262-282.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2018). Media Pendidikan : Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada press.
Setiawan, H., Saputra, H. H., Hakim, M., Ermiana, I., & Umar, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Gurita Kata Berbasis Karakter Pada Materi Menulis Puisi Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 7(1), 79-92.
Setiawan, H., & Sa’dijah, C. (2017). Pengembangan instrumen asesmen autentik kompetensi pada ranah keterampilan untuk pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 874-882.
Sudjana, N. & Rivai, A. (2015). Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo Offset.
Thiagarajan, Sivasailam., Sammel, Dorothy A., & Sammel, Melvyn I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Minnesota: Us Department of Health, Education, & Welfare National Institute Of Education. (Online), (https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf).
Witono, A. H., Widiade, I. K., & Khair, B. N. (2020). Partisipasi Guru Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di SD Kota Mataram NTB. Progres Pendidikan, 1(2), 52-62.
Witono, H., Karma, I. N., Hakim, M., & Setiawan, H. (2022). Pengembangan Modul Pemahaman Diri Sebagai Media Inovasi Bimbingan Berbasisi Karakter Siswa SD Di Era New Normal. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 7(1), 105-115.
Worzbyt, John C., O’Rourke, Kathleen., & Dandeneau, Claire. (2003). Elementary School Counseling: ACommitment to Caring and Community Building-2nd Edition. New York: Taylor & Francis Books, Inc.

Diterbitkan

2023-10-22

Cara Mengutip

Witono, A. H., Widiada, I. K., Hakim, M., Saputra, H. H., & Setiawan, H. (2023). PAPAN PINTAR PROFESI: MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI SARANA PENGENALAN KONSEP KARIR PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 4(2), 88–95. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i2.3439

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>