STANDAR ISI, BAHASA, DAN PENYAJIAN BUKU TEMATIK TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN (2017) TEMA 2 “UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN” KELAS V KURIKULUM 2013

Penulis

Halimatussa’diah Halimatussa’diah , Sudirman Sudirman , Heri Setiawan

DOI:

10.29303/pendas.v2i1.99

Diterbitkan:

2021-06-04

Terbitan:

Vol 2 No 1 (2021): Juni 2021

Kata Kunci:

Standard content, language, presentation, Thematic books

Articles

Cara Mengutip

Halimatussa’diah, H., Sudirman, S., & Setiawan, H. (2021). STANDAR ISI, BAHASA, DAN PENYAJIAN BUKU TEMATIK TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN (2017) TEMA 2 “UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN” KELAS V KURIKULUM 2013. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 2(1), 35–41. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.99

Abstrak

Buku merupakan salah satu sumber belajar sekaligus bahan ajar yang penting dan banyak digunakan dalam pembelajaran. Penyajian materi dalam buku teks harus memenuhi standar yang sudah ditentukan. Saat ini banyak para penulis yang berlomba-lomba menerbitkan buku teks tanpa memperhatikan standar dalam penulisan dan penyajian buku teks. Tentunya hal ini dapat menjadi salah satu sumber masalah dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian standar isi, bahasa, dan penyajian pada buku tematik terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017) tema 2 kelas V kurikulum 2013. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang secara spesifik menggunakan penelitian jenis analisis isi. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumenter. Analisis data menggunakan analisis data model interaktif dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian buku tematik terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017) tema 2 kelas V kurikulum 2013 dilihat dari standar isi, bahasa dan penyajian didapatkan : (1) kesesuaian pada standar isi adalah sebesar 93,05% atau pada kategori sangat sesuai; (2) kesesuaian pada standar bahasa sebesar 93,32% atau pada kategori sangat sesuai; dan (3) kesesuaian pada standar penyajian sebesar 100% atau pada kategori sangat sesuai.

Referensi

Arikunto,S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
BSNP. 2017.Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar Menengah. Jakarta :Depdiknas..
Depdiknas. 2007. Pedoman Memilih Menyusun Bahan Ajar dan Teks Mata Pelajaran.Jakarta:BP.Mitra Usaha Indonesia.
Fraenkel,J.C, and Wallen, N.E. 2006. How to Design and Evaluate Research in Education. New York : Mc Graw Hill.inc.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud No.81A tentang Implementasi kurikulum. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Komariah, Aan, Satori, Djam’an. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta:PT Gramedia.

Biografi Penulis

Halimatussa’diah Halimatussa’diah, Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram

Sudirman Sudirman, PGSD FKIP Universitas Mataram

Heri Setiawan, PGSD FKIP Universitas Mataram

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama