Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi
DOI:
10.29303/kopula.v7i2.6806Published:
2025-05-24Issue:
Vol. 7 No. 2 (2025): OktoberKeywords:
efikasi diri, minat akademik, mahasiswa, surveiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran efikasi diri sebagai faktor utama yang memengaruhi minat akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Efikasi diri adalah keyakinan seseorang terhadap kemampuannya untuk dapat mengorganisasikan dan melakukan tindakan yang diperlukan guna mewujudkan tujuan tertentu. Minat akademik merupakan suatu kecenderungan yang ada dalam diri individu. Penelitian ini menggunakan metode survei, dimana data dikumpulkan melalui distribusi angket kepada mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa efikasi diri mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia tingkat tinggi dan minat akademiknya pun berada pada kategori yang sama. Dari hasil ini menunjukkan bahwa efikasi diri sangat berpengaruh terhadap minat akademik mahasiswa. Kata kunci: efikasi diri, minat akademik, mahasiswa, survei.References
Aje, A. U., Suryani, L., & Tute, K. J. (2019). Pengaruh Efikasi Diri dan Pendidiokan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Tahun Akademik 2018/2019 Universitas Flores Ende, NTT. JIM UPB Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 1–6. http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/jim
Amir, H. (2020). Korelasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri dan Manajemen Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Unversitas Bengkulu. Manajer Pendidikan, 10(4), 336–342.
Azkiyah, Z., Kartiko, A., & Mitra Zuana, M. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Dan Promosi Terhadap Minat Siswa Baru Di Madrasah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 290–303. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.538
Fatimah, S., Manuardi, A. R., & Meilani, R. (2021). Tingkat Efikasi Diri Performa Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Perspektif Dimensi Bandura. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 4(1), 25. https://doi.org/10.24235/prophetic.v4i1.8753
Mahmudi, M. H., & Suroso, S. (2014). Efikasi Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 183–194. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.382
Mawaddah, H. (2021). Analisis Efikasi Diri pada Mahasiswa Psikologi Unimal. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 2(2), 19. https://doi.org/10.29103/jpt.v2i2.3633
Musyarrofah, L. A. (2022). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Minat Belajar Peserta Didik Bina Insan Cendekia ( Bic ) Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. 1–123.
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101.
Rosali, E. S., Darmawan, D., & Ningsih, M. P. (2021). Kajian Efikasi Diri Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19. Journal of Geography Education Universitas Siliwangi (GEODUCATION), 2(2), 1–8.
Salim, F., & Fakhrurrozi, M. (2020). Academic Self-Efficacy and Resilience on Undergraduate Students. Jurnal Psikologi, 16 No 2, 175–187. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/article/view/9718/pdf
Saraswati, A., & Ratnaningsih, I. Z. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas Xi Smk N 11 Semarang. Jurnal EMPATI, 5(3), 430–434. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15364
Simbolon, N. (2013). Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar, 1(2), 14–19.
Utami, W. D., Rahma, S. B., & Anggraini, I. A. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23–28. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index%0ATerampil:
Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 386–391. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.667
Author Biographies
Viona Sepahira, Universitas Siliwangi
Eka Rahmawati, Universitas Siliwangi
License
Copyright (c) 2025 Viona Sepahira, Eka Rahmawati, Fawaz Taqi Nasrulloh, Iis Lisnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).